Cara Menjumlahkan di Excel dengan Kriteria di Sel Ganjil dan Genap dengan SUMPRODUCT

oleh | 19 Jan 2024 | Belajar Excel, Excel Elementary, Excel Intermediate, Tips Excel | 0 Komentar

Microsoft Excel, sebagai salah satu alat spreadsheet terkemuka, telah memudahkan banyak orang dalam mengelola dan menganalisis data. Dalam proses pengolahan data, seringkali kita dihadapkan pada tugas untuk menjumlahkan data berdasarkan kriteria tertentu. Lantas bagaimana cara menjumlahkan di Excel dengan kriteria tertentu? Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan cara menjumlahkan di Excel dengan kategori atau kriteria data di kolom ganjil dan genap menggunakan rumus SUMPRODUCT.

Cara Menjumlahkan di Excel

Saat bekerja dengan data yang besar dan beragam, seringkali kita ingin fokus pada subset tertentu, seperti hanya data pada baris ganjil atau genap. Excel menyediakan berbagai rumus dan fungsi yang memungkinkan kita melakukan ini dengan efisien. Dalam konteks ini, kita akan fokus pada rumus SUMPRODUCT yang memungkinkan kita melakukan penjumlahan data berdasarkan kriteria baris ganjil dan genap.

Sebelum kita melangkah ke menjumlah sel ganjil di Excel dan juga sebaliknya, menjumlah sel genap di Excel, kita selesaikan dulu di kolom status ini. Di sini kita akan buat keterangan untuk nama-nama cust. ini kapan melakukan first order dan setelah berapa hari melakukan reapeat order.

Rumus Excel yang bisa digunakan untuk keperluan ini adalah di sel E3 kita ketik:

=IF(C2<>C3;"First Order";B3-B2&" Hari")

Copy dan paste rumus tersebut ke sel di bawahnya. Dan berikut adalah hasilnya:

tabel awal cara menjumlahkan di Excel dengan sel genap dan sel ganjil sebagai kriteria.

Penjelasan Rumus

Rumus Excel yang diberikan adalah rumus IF yang digunakan untuk melakukan pengujian logika dan memberikan hasil yang berbeda tergantung pada apakah kondisi yang ditentukan benar atau salah. Berikut adalah penjelasan langkah demi langkah untuk rumus tersebut:

=IF(C2<>C3;"First Order";B3-B2&" Hari")
  1. IF: Ini adalah fungsi logika “IF” dalam Excel, yang digunakan untuk mengevaluasi kondisi tertentu dan memberikan hasil yang berbeda tergantung pada apakah kondisi tersebut benar atau salah.
  2. C2<>C3: Ini adalah kondisi yang diuji. Dalam konteks ini, rumus ini memeriksa apakah nilai di sel C2 tidak sama dengan nilai di sel C3.
  3. "First Order": Bagian ini adalah nilai yang akan dikembalikan jika kondisi yang diuji (C2<>C3) benar. Jadi, jika nilai di sel C2 tidak sama dengan nilai di sel C3, maka rumus akan mengembalikan teks “First Order”.
  4. B3-B2 & " Hari": Ini adalah bagian rumus yang akan dijalankan jika kondisi yang diuji (C2<>C3) salah. Dalam hal ini, rumus akan menghitung selisih antara nilai di sel B3 dan B2, kemudian menambahkan teks ” Hari” di belakangnya. Hasilnya adalah jumlah hari antara B3 dan B2, disertai dengan teks ” Hari”.
Baca Juga  Mengoptimalkan Penggunaan 4 Rumus Perkalian di Excel

Jadi, secara keseluruhan, rumus ini digunakan untuk memberikan hasil berbeda berdasarkan kondisi apakah nilai di sel C2 sama dengan nilai di sel C3. Jika ya, maka hasilnya adalah “First Order”. Jika tidak, maka hasilnya adalah selisih dalam hari antara B3 dan B2, disertai dengan teks ” Hari”.

Rumus SUMPRODUCT untuk Menjumlah Sel Ganjil di Excel

Rumus pertama yang akan kita bahas digunakan untuk menjumlahkan data di kolom ganjil. Rumus ini menggabungkan fungsi SUMPRODUCT dengan MOD dan ROW untuk mengidentifikasi dan menjumlahkan hanya nilai-nilai pada baris ganjil.

=SUMPRODUCT(D3:D14;MOD(ROW(D3:D14);2))

Rumus ini memanfaatkan sifat baris ganjil yang memiliki sisa pembagian 1 saat dibagi 2. Dengan cara ini, kita dapat menghasilkan total hanya dari nilai-nilai pada baris ganjil dalam rentang yang ditentukan. Berikut adalah hasilnya:

cara menjumlah sel ganjil di Excel

Penjelasan Rumus

Rumus untuk menjumlah di sel ganjil di Excel ini adalah kombinasi antara fungsi SUMPRODUCT, MOD, dan ROW. Mari kita jelaskan setiap komponennya secara terperinci:

=SUMPRODUCT(D3:D14; MOD(ROW(D3:D14); 2))
  1. D3:D14: Ini adalah rentang data di kolom D yang akan dijumlahkan. Rumus ini akan menjumlahkan nilai-nilai dalam rentang ini.
  2. ROW(D3:D14): Fungsi ROW mengembalikan nomor baris dari rentang yang diberikan. Dalam konteks ini, ROW(D3:D14) menghasilkan array yang berisi nomor baris dari baris ke-3 hingga ke-14.
  3. MOD(ROW(D3:D14), 2): Fungsi MOD digunakan untuk menghitung sisa dari pembagian. Dalam rumus ini, kita menghitung sisa dari pembagian nomor baris oleh 2. Ini menghasilkan array yang berisi nilai 0 untuk baris genap dan nilai 1 untuk baris ganjil.
  4. SUMPRODUCT(D3:D14, MOD(ROW(D3:D14), 2)): Fungsi SUMPRODUCT digunakan untuk mengalikan elemen-elemen yang sesuai dari dua atau lebih array, dan kemudian menjumlahkan hasilnya. Dalam konteks ini, SUMPRODUCT mengalikan nilai-nilai di kolom D dengan hasil dari perhitungan MOD, dan kemudian menjumlahkannya.
Baca Juga  Cara Menjumlah Data dengan Kriteria Tertentu Menggunakan SUMPRODUCT

Jadi, secara keseluruhan, rumus ini menghasilkan jumlah dari nilai-nilai dalam kolom D yang berada pada baris ganjil (baris dengan sisa pembagian 1 saat dibagi 2). Rumus ini berguna untuk melakukan penjumlahan hanya pada baris tertentu berdasarkan kriteria tertentu, dalam hal ini, baris ganjil.

Rumus SUMPRODUCT untuk Menjumlah Sel Genap di Excel

Rumus kedua yang akan kita bahas mengenai penjumlahan data di kolom genap. Rumus ini menggunakan konsep serupa, tetapi dengan memfokuskan pada baris genap.

=SUMPRODUCT(D3:D14;--(MOD(ROW(D3:D14);2)=0))

Dalam rumus ini, nilai yang ingin dijumlahkan dipilih berdasarkan kriteria baris genap, yaitu baris dengan sisa pembagian 0 saat dibagi 2. Fungsi — digunakan untuk mengubah nilai TRUE/FALSE menjadi 1/0, sehingga hasil perkalian dan penjumlahan dapat dilakukan secara tepat. Berikut adalah hasilnya:

cara menjumlah sel genap di Excel

Penjelasan Rumus

Rumus untuk menjumlah di sel ganjil di Excel ini adalah menggunakan fungsi SUMPRODUCT bersama dengan fungsi MOD, ROW, dan operator logika. Mari kita jelaskan setiap bagian dari rumus tersebut:

=SUMPRODUCT(D3:D14; --(MOD(ROW(D3:D14); 2) = 0))
  1. D3:D14: Ini adalah rentang data di kolom D yang akan dijumlahkan. Rumus ini akan menjumlahkan nilai-nilai dalam rentang ini.
  2. ROW(D3:D14): Fungsi ROW mengembalikan nomor baris dari rentang yang diberikan. Dalam konteks ini, ROW(D3:D14) menghasilkan array yang berisi nomor baris dari baris ke-3 hingga ke-14.
  3. MOD(ROW(D3:D14), 2): Fungsi MOD digunakan untuk menghitung sisa dari pembagian. Dalam rumus ini, kita menghitung sisa dari pembagian nomor baris oleh 2. Ini menghasilkan array yang berisi nilai 0 untuk baris genap dan nilai 1 untuk baris ganjil.
  4. (MOD(ROW(D3:D14), 2) = 0): Ini adalah ekspresi logika yang menghasilkan array yang berisi TRUE untuk baris genap (sisa pembagian = 0) dan FALSE untuk baris ganjil.
  5. --(MOD(ROW(D3:D14), 2) = 0): Operator double negation (--) digunakan untuk mengonversi nilai logika TRUE dan FALSE menjadi angka 1 dan 0. Sehingga, sekarang kita memiliki array yang berisi 1 untuk baris genap dan 0 untuk baris ganjil.
  6. SUMPRODUCT(D3:D14, --(MOD(ROW(D3:D14), 2) = 0)): Fungsi SUMPRODUCT mengalikan elemen-elemen yang sesuai dari dua atau lebih array, dan kemudian menjumlahkan hasilnya. Dalam hal ini, SUMPRODUCT mengalikan nilai-nilai di kolom D dengan hasil dari ekspresi logika, dan kemudian menjumlahkannya. Akibatnya, rumus ini menghasilkan jumlah dari nilai-nilai dalam kolom D yang berada pada baris genap.
Baca Juga  Cara Membuat Kalender di Excel yang Bisa digunakan Selamanya Menggunakan Rumus Sederhana

Jadi, secara keseluruhan, rumus ini digunakan untuk menjumlahkan nilai-nilai dalam kolom D yang terletak pada baris genap.

Kesimpulan

Dengan memahami dan mengaplikasikan rumus SUMPRODUCT sebagai cara menjumlahkan di Excel dengan kategori atau kriteria data di kolom ganjil dan genap menggunakan rumus SUMPRODUCT. yang telah dijelaskan, kita dapat meningkatkan efisiensi dalam proses penjumlahan data di Excel. Kemampuan untuk fokus pada subset tertentu, seperti kolom ganjil atau genap, memberikan kontrol lebih besar dalam menganalisis data. Mari kita eksplorasi lebih lanjut tentang bagaimana Excel dapat menjadi alat yang lebih kuat dengan pemanfaatan rumus-rumus canggih ini.

Terakhir, bagi yang membutuhkan file Excel untuk contoh dalam artikel ini bisa diunduh melalui tautan di bawah ini:

Terakhir, jika ingin mempelajari langkah demi langkah tentang Microsoft Excel secara visual, bisa kunjungi Youtube Channel Depot Excel. Di sana Anda akan melihat bagaimana rumus-rumus Excel dan juga tips Excel lainnya bekerja. Semoga bermanfaat!

0 Komentar

Trackbacks/Pingbacks

  1. Cara Membandingkan antara Dua Tabel Menggunakan Formula Excel - […] Rumus SUMPRODUCT di sini adalah rumus yang cukup kompleks tetapi sangat berguna untuk analisis data yang mendalam. Mari kita…

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Join Our Newsletter