Cara Menjumlah Data dengan Kriteria Tertentu Menggunakan SUMPRODUCT

oleh | 2 Feb 2024 | Belajar Excel, Excel Elementary, Excel Intermediate, Tips Excel | 0 Komentar

Dalam ekosistem Microsoft Excel, kita sering menghadapi tugas yang melibatkan analisis data yang terdistribusi di berbagai tabel. Salah satu permasalahan umum yang dihadapi pengguna adalah bagaimana menyusun rumus untuk menjumlah data dengan kriteria tertentu yang bersumber dari tabel yang berbeda.

Rumus Excel yang Digunakan untuk menjumlah dengan Kriteria

Dalam konteks ini, dua fungsi utama yang sering digunakan adalah SUMPRODUCT dan LOOKUP. SUMPRODUCT, sebagai fungsi pengali dan penjumlahan, memberikan kemampuan untuk menggabungkan dan menjumlahkan elemen-elemen array dengan berbagai kriteria. Sementara itu, LOOKUP digunakan untuk mencocokkan nilai dari satu rentang data dengan nilai di rentang lain, menciptakan hubungan referensial yang memungkinkan kita untuk mengambil data yang spesifik.

Kombinasi SUMPRODUCT dan LOOKUP membuka pintu untuk analisis data yang lebih canggih, memungkinkan pengguna Excel untuk secara efisien melakukan kalkulasi yang kompleks dan menjawab pertanyaan analitis dengan lebih mendalam. Dengan memahami keduanya, pengguna dapat mengoptimalkan penggunaan Excel dalam mengatasi tantangan analisis data yang kompleks dan melibatkan sejumlah besar tabel referensi.

Merangkai Rumus untuk Menjumlah Data dengan Kriteria Tertentu

Bayangkan kita mengelola data penjualan yang terorganisir dalam beberapa kolom, termasuk kolom jumlah penjualan, produk, dan referensi kategori produk yang terdapat dalam tabel terpisah. Dalam situasi ini, kita dihadapkan pada tugas konkret, yaitu harus menjumlah data dengan kriteria tertentu yang dalam hal ini adalah menghitung jumlah penjualan hanya untuk produk dengan kategori tertentu yang sesuai dengan nilai yang tercantum di dalam tabel referensi. Sebagai contoh, kita mungkin memiliki kolom kategori produk di tabel referensi yang berisi informasi kategori seperti “Elektronik,” “Pakaian,” dan sebagainya. Tugas kita adalah menjumlah dengan kriteria dari semua penjualan yang terkait hanya dengan produk-produk dalam kategori tertentu ini.

Baca Juga  Cara Membuat Mesin Pencarian di Excel Menggunakan VBA Macro Sederhana

Berikut adalah contoh tabelnya:

Contoh dataset untuk menjumlah dengan kriteria dari tabel berbeda

Struktur Rumus yang Akan Digunakan

Untuk menyelesaikan kasus ini, kita dapat menggunakan rumus Excel yang sesuai, seperti =SUMPRODUCT($Jumlah_Penjualan;$Produk;--(LOOKUP($Produk;$Tabel_Referensi[Produk])=$Kategori_Tertentu)). Dalam rumus ini, $Jumlah_Penjualan adalah kolom jumlah penjualan, $Produk adalah kolom produk dari data penjualan, dan $Tabel_Referensi[Produk] adalah kolom referensi produk dari tabel referensi. Selain itu, $Kategori_Tertentu mewakili kategori yang ingin kita tinjau.

Dengan menggunakan rumus ini, kita dapat dengan mudah menghasilkan total penjualan yang terkait dengan produk dalam kategori yang diinginkan, membantu kita mendapatkan wawasan yang lebih mendalam tentang performa penjualan produk berdasarkan kriteria tertentu. Ini memberikan pengguna Excel alat yang efisien untuk menganalisis data penjualan dengan lebih spesifik dan membuat keputusan yang lebih terinformasi.

Rumus yang digunakan, yaitu =SUMPRODUCT($G$3:$G$23;--(LOOKUP($F$3:$F$23;$B$3:$C$11)=I3)), bekerja sebagai alat analitis yang kuat dalam mengidentifikasi dan menjumlahkan penjualan untuk produk dengan kategori spesifik. Proses ini melibatkan pencocokan nilai produk dari kolom produk ($F$3:$F$23) dengan nilai kategori dari tabel referensi ($B$3:$C$11) menggunakan fungsi LOOKUP. Dengan menambahkan elemen SUMPRODUCT, kita menghasilkan jumlah total penjualan untuk produk dengan kategori yang sesuai dengan nilai di sel I3.

Dengan menggunakan rumus ini, kita dapat dengan cepat dan efisien menyusun laporan penjualan yang terfokus pada kategori produk tertentu. Ini memberikan kekuatan analisis yang tinggi dalam membantu pengguna Excel untuk mengeksplorasi dan memahami dinamika penjualan mereka dengan lebih detail, memberikan pandangan yang lebih tajam terhadap kinerja produk berdasarkan kategori yang telah ditentukan. Dengan pendekatan ini, Excel tidak hanya menjadi alat penghitungan sederhana, tetapi juga menjadi alat analisis data yang kuat yang dapat membantu pengguna dalam membuat keputusan yang lebih informasional dan strategis.

Berikut adalah pengaplikasiannya dalam tabel contoh di atas terkait dengan menjumlah data dengan kriteria tertentu. Di sel J3 ketik rumus di atas:

=SUMPRODUCT($G$3:$G$23;--(LOOKUP($F$3:$F$23;$B$3:$C$11)=I3))

Copy dan paste rumus tersebut ke sel di bawahnya, atau bisa juga dengan cara click and drag. Arahkan kursor ke pojok sel J3 hingga muncul tanda plus kemudian klik dan drag hingg a ke sel J5. Berikut adalah hasilnya:

Baca Juga  Penjelasan dan Penggunaan Rumus Countif Excel
hasil dari menjumlah data dengan kriteria tertentu

Penjelasan Rumus

Rumus Excel yang kita gunakan untuk menjumlah data dengan kriteria tertentu adalah kombinasi dari fungsi SUMPRODUCT dan LOOKUP untuk menjumlahkan nilai berdasarkan kriteria tertentu. Mari kita bahas secara detail bagaimana rumus ini bekerja:

=SUMPRODUCT($G$3:$G$23;--(LOOKUP($F$3:$F$23;$B$3:$C$11)=I3))

1. SUMPRODUCT:

  • Fungsi SUMPRODUCT digunakan untuk mengalikan masing-masing elemen dalam satu atau lebih array dan kemudian menjumlahkan hasilnya.
  • Dalam kasus ini, SUMPRODUCT akan mengalikan elemen-elemen dalam array $G$3:$G$23 dan array yang dihasilkan oleh ekspresi berikutnya.

2. $G$3:$G$23:

  • Ini adalah array pertama yang berisi nilai yang akan dikalikan dan dijumlahkan oleh fungsi SUMPRODUCT.

3. –(LOOKUP($F$3:$F$23;$B$3:$C$11)=I3):

  • Ini adalah ekspresi yang menghasilkan array kedua untuk dikalikan oleh SUMPRODUCT.
  • Fungsi LOOKUP digunakan untuk mencari nilai dalam range $B$3:$C$11 yang sesuai dengan nilai dalam range $F$3:$F$23.
  • Ekspresi (LOOKUP($F$3:$F$23;$B$3:$C$11)=I3) akan menghasilkan array boolean yang berisi TRUE di setiap baris di mana nilai dalam kolom F sama dengan nilai di sel I3 dan FALSE untuk baris lainnya.
  • Operasi -- digunakan untuk mengonversi nilai boolean TRUE/FALSE menjadi nilai 1/0. Sehingga, kita mendapatkan array numerik yang berisi 1 di tempat yang sesuai dan 0 di tempat lainnya.

4. I3:

  • Ini adalah nilai yang ingin Anda cari dalam range $B$3:$C$11.

5. SUMPRODUCT($G$3:$G$23;–(LOOKUP($F$3:$F$23;$B$3:$C$11)=I3)):

  • Fungsi SUMPRODUCT mengalikan masing-masing elemen dalam array $G$3:$G$23 dengan elemen yang sesuai dalam array numerik yang dihasilkan oleh ekspresi (LOOKUP($F$3:$F$23;$B$3:$C$11)=I3).
  • Setelah itu, ia menjumlahkan hasilnya, memberikan total akhir.

Jadi, rumus ini digunakan untuk menghitung jumlah nilai dalam kolom G yang sesuai dengan kriteria bahwa nilai dalam kolom F cocok dengan nilai yang ada di sel I3.

Penutup

Sebagai penutup, kita dapat menyimpulkan bahwa pemanfaatan rumus SUMPRODUCT yang dikombinasikan dengan LOOKUP dalam Microsoft Excel untuk menjumlah data dengan kriteria tertentu memberikan solusi yang efektif dan efisien dalam menangani tugas kompleks seperti menjumlahkan data berdasarkan kriteria tertentu dari tabel yang berbeda.

Baca Juga  Cara Menghitung Standar Deviasi di Excel dan 3 Contoh Rumus yang Bisa Digunakan

Kombinasi ini memberikan kekuatan analisis yang luar biasa, memungkinkan pengguna untuk menjelajahi dan memahami data dengan lebih mendalam, terutama ketika terlibat dalam dataset yang melibatkan berbagai tabel referensi.

Dengan pemahaman yang baik tentang konsep dan penerapan rumus menjumlah dengan kriteria ini, pengguna Excel dapat mengoptimalkan kemampuan perangkat lunak ini dalam melakukan analisis data yang canggih dan memberikan pandangan yang lebih kaya tentang informasi yang terkandung dalam dataset mereka.

Dengan demikian, SUMPRODUCT dan LOOKUP menjadi alat yang tak tergantikan untuk para profesional dan analis data yang berurusan dengan kompleksitas data di dunia Microsoft Excel yang dalam contoh di atas untuk menjumlah dengan kriteria dari tabel berbeda.

Download

Terakhir, jika Anda ingin mengakses contoh file Excel Cara Menjumlah Data dengan Kriteria Tertentu Menggunakan SUMPRODUCT yang telah dijelaskan di atas, Anda dapat dengan mudah mengunduhnya melalui tautan berikut. Ini memberi Anda akses langsung ke file yang dapat Anda gunakan sebagai referensi atau latihan untuk lebih memahami penerapan rumus dan konsep yang telah dibahas dalam artikel ini. Tautan tersebut menyediakan akses instan ke materi yang dapat memperkaya pemahaman Anda tentang cara mengoptimalkan penggunaan rumus SUMPRODUCT dan LOOKUP dalam penanganan data di Microsoft Excel.

0 Komentar

Trackbacks/Pingbacks

  1. Cara Menjumlahkan di Excel dengan Kriteria di Kolom Ganjil dan Genap dengan SUMPRODUCT - Depot Excel - […] fungsi yang memungkinkan kita melakukan ini dengan efisien. Dalam konteks ini, kita akan fokus pada rumus SUMPRODUCT yang memungkinkan…
  2. Belajar Rumus SUMPRODUCT Excel - Depot Excel - […] mengoperasikan SUMPRODUCT, Anda dapat memanfaatkannya untuk menghitung berbagai hal, seperti total penjualan berdasarkan kategori produk, nilai rata-rata dari data…

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Join Our Newsletter