Cara Menghitung Jumlah Kemunculan Huruf Tertentu dalam Kalimat di Excel

oleh | 17 Mar 2024 | Belajar Excel, Excel Elementary, Excel Intermediate, Tips Excel | 0 Komentar

Dalam penggunaan Excel sehari-hari, seringkali kita perlu menghitung jumlah kemunculan huruf tertentu dalam satu kata atau kalimat atau juga nama. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan formula array Excel yang cukup sederhana. Dalam artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah untuk menghitung jumlah huruf tertentu dalam satu kata atau kalimat atau juga nama menggunakan formula array Excel.

Langkah 1: Persiapkan Data untuk Menghitung Jumlah Kemunculan Huruf

Langkah pertama adalah menyiapkan data yang akan kita gunakan untuk menghitung jumlah kemunculan huruf tertentu. Misalnya, kita akan menghitung jumlah huruf “o” dalam sebuah nama-nama Presiden Republik Indonesia. Tapi biar datanya sedikit lebih banyak, kita sertakan juga nama-nama calon presiden Republik Indonesia pada pemilu 2024 ini ya. Dan berikut adalah contoh tabel menghitung jumlah kemunculan huruf tertentu:

Contoh tabel untuk menghitung jumlah kemunculan huruf tertentu dari sebuah kalimat

Langkah 2: Gunakan Fungsi MID

Pertama-tama, kita akan menggunakan fungsi MID untuk mengambil satu karakter pada posisi tertentu dari kata yang akan kita analisis. Fungsi MID yang kita gunakan adalah:

=MID(kata; nomor_posisi; 1)

Dalam kasus kita, rumusnya menjadi:

=MID("soekarno"; ROW($1:$8); 1)

Nama “Soekarno” memiliki 8 karakter, jadi kita menggunakan ROW($1:$8) untuk membuat array angka dari 1 hingga 8, yang akan kita gunakan sebagai nomor posisi untuk mengambil karakter satu per satu.

Langkah 3: Bandingkan dengan Huruf yang Dicari

Setelah kita mendapatkan satu karakter dari kata, langkah selanjutnya adalah membandingkannya dengan huruf yang ingin kita hitung jumlahnya. Kita gunakan fungsi IF untuk melakukan perbandingan, yang menghasilkan TRUE jika karakter yang diambil adalah huruf yang dicari, dan FALSE jika bukan.

Baca Juga  Membandingkan Fungsi INDEX MATCH dan VLOOKUP Excel

Maka rumusnya menjadi:

=IF(MID("soekarno"; ROW($1:$8); 1)="o"; 1; 0)

Dalam rumus ini, kita mengganti “o” dengan huruf yang ingin kita hitung jumlahnya.

Langkah 4: Konversi Hasil ke Bilangan Bulat

Agar dapat menjumlahkan hasil perbandingan (TRUE/FALSE), kita perlu mengonversi hasil tersebut ke bilangan bulat (1 untuk TRUE dan 0 untuk FALSE). Hal ini dilakukan dengan menggandakan operator “-” sebanyak dua kali di depan fungsi IF, seperti ini:

=--(IF(MID("soekarno", ROW($1:$8), 1)="o"; 1; 0))

Langkah 5: Jumlahkan Hasil

Langkah terakhir adalah menjumlahkan semua hasil perbandingan yang telah dikonversi ke bilangan bulat. Kita gunakan fungsi SUM untuk melakukan ini:

=SUM(--(IF(MID("soekarno", ROW($1:$8), 1)="o"; 1; 0)))

Rumus ini akan menghitung jumlah huruf “o” dalam kata “soekarno” dan mengembalikan nilai 2, karena terdapat dua huruf “o” dalam kata tersebut. Dan karena nama tersebut sudah tertulis dalam tabel, maka nama “soekarno” bisa kita rujukkan langsung ke selnya yang dalam hal ini adalah sel B2.

Dan karena tidak semua nama dalam tabel berjumlah 8 karakter, maka untuk ROW referensinya bisa kita ganti menjadi ROW($1:$25). Berikut adalah rumus jadinya:

=SUM(--(IF(MID(B2;ROW($1:$25);1)="O";1;0)))

Dan karena ini formula array maka akhiri penulisan rumusnya dengan menekan Ctrl + Shift dan Enter. Untuk memastikan formula arraynya berjalan maka akan ada simbol kurung kurawal “{}” yang mengapit rumusnya. Jika sudah, copy dan paste formula array tersebut ke sel di bawahnya. Dan berikut adalah hasilnya:

Hasil dari rumus menghitung jumlah kemunculan huruf tertentu dari sebuah kalimat

Langkah 6: Menyederhanakan Rumusnya

Jika dirasa formula array di atas terlalu panjang dan berat, maka kita bisa juga menyederhanakan rumusnya dengan membuang fungsi IF tersebut. Dan hasilnya menjadi berikut:

=SUM(--((MID(B2;ROW($1:$25);1))="O"))

Dan ketika diaplikasikan ke dalam tabel maka hasilnya sebagai berikut:

Baca Juga  Cara Menghitung Deadline Pekerjaan Freelencer dengan Rumus Excel
rumus Excel untuk menghitung jumlah kemunculan huruf tertentu dari sebuah kalimat

Kesimpulan

Dengan menggunakan langkah-langkah di atas dan rumus array Excel, kita dapat dengan mudah menghitung jumlah kemunculan huruf tertentu dalam satu kata atau kalimat. Rumus ini dapat diterapkan pada kata atau kalimat apa pun, sehingga memudahkan analisis data teks dalam aplikasi Excel.

Terakhir, bagi yang membutuhkan file contoh Cara Menghitung Jumlah Kemunculan Huruf Tertentu dalam Kalimat di Excel ini, file Excel bisa diunduh melalui tautan di bawah ini:

Atau juga jika ingin mempelajari langkah demi langkah Cara Menghitung Jumlah Kemunculan Huruf Tertentu dalam Kalimat di Excel secara visual, bisa kunjungi Youtube Channel Depot Excel untuk video dengan judul: Cara menghitung Jumlah Huruf O pada Nama Presiden dan Calon Presiden Indonesia dengan Rumus Excel. Di sana Anda akan melihat bagaimana rumusnya bekerja. Semoga bermanfaat!

0 Komentar

Trackbacks/Pingbacks

  1. Cara Gampang Mengambil Kata dari Teks Bercampur Angka dengan Macro VBA - Depot Excel - […] contoh, ketika kita memiliki data yang bercampur antara angka dan huruf dan ingin membuang angka-angkanya untuk hanya menyisakan huruf…
  2. 3 Cara Hitung Kata di Excel dari Menggunakan Rumus Sederhana Hingga Formula Array - Depot Excel - […] “;””))+1 adalah cara yang efisien dan akurat untuk menghitung jumlah kata dalam sebuah sel teks di Excel. Dengan mengikuti…

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Join Our Newsletter