Cara Gampang Mengambil Kata dari Teks Bercampur Angka dengan Macro VBA

oleh | 13 Nov 2023 | Belajar Excel, Excel Advanced, Excel Intermediate | 0 Komentar

Microsoft Excel memberikan fleksibilitas yang luar biasa dalam pengelolaan data, tetapi ketika kata dan angka bercampur dalam satu sel, tugas tersebut mungkin menjadi rumit. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara mengambil kata dari teks bercampur angka tersebut dengan menggunakan VBA Macro, membuka pintu bagi solusi otomatis yang efisien.

Mengapa VBA Macro?

Visual Basic for Applications (VBA) adalah bahasa pemrograman yang terintegrasi dalam Excel, memungkinkan pengguna untuk membuat skrip atau macro kustom. Dalam kasus pengambilan kata dari teks yang bercampur angka, VBA Macro menjadi pilihan yang kuat karena memungkinkan otomatisasi proses tersebut.

Sebagai contoh, ketika kita memiliki data yang bercampur antara angka dan huruf dan ingin membuang angka-angkanya untuk hanya menyisakan huruf alfabet saja seperti pada tabel di bawah ini:

tabel Mengambil Kata dari Teks Bercampur Angka

Langkah Pertama Mengambil Kata dari Teks Bercampur Angka

Untuk memulai, buka Excel dan tekan ALT + F11 untuk membuka Editor VBA. Di sana, pilih “Insert” dan kemudian “Module” untuk membuat modul baru di mana kita akan menulis skrip VBA.

Kode VBA Untuk Ekstraksi Kata dari Teks

Berikut adalah contoh skrip VBA yang dapat Anda gunakan untuk mengekstrak kata dari teks yang bercampur dengan angka:

Function EkstrakKata(teks As String) As String
    Dim i As Integer
    Dim karakter As String

    For i = 1 To Len(teks)
        karakter = Mid(teks, i, 1)
        If Not IsNumeric(karakter) Then
            EkstrakKata = EkstrakKata & karakter
        End If
    Next i
End Function
Penjelasan Kode / Skrip

Kode atau skrip VBA Macro ini fungsinya adalah untuk mengambil kata dari teks bercampur angka dan selainnya yang disebut EkstrakKata. Mari kita jelaskan secara rinci setiap bagian dari kode tersebut:

Baca Juga  Cara Membuat Mesin Pencarian di Excel Menggunakan VBA Macro Sederhana

1. Fungsi VBA dan Parameter

Function EkstrakKata(teks As String) As String
  • Function EkstrakKata(teks As String) As String: Dimulai dengan kata kunci Function yang menunjukkan bahwa kita akan mendefinisikan suatu fungsi. Nama fungsi ini adalah EkstrakKata. Di dalam kurung kurawal, kita mendeklarasikan parameter teks dengan tipe data String, yang berarti fungsi ini akan menerima input berupa teks atau string.

2. Pendeklarasian Variabel Lokal

    Dim i As Integer
    Dim karakter As String
  • Dim i As Integer: Mendeklarasikan variabel i sebagai tipe data Integer. Variabel ini akan digunakan sebagai indeks atau posisi karakter dalam string.
  • Dim karakter As String: Mendeklarasikan variabel karakter sebagai tipe data String. Variabel ini akan digunakan untuk menyimpan karakter pada setiap iterasi dalam loop.

3. Perulangan (For…Next)

    For i = 1 To Len(teks)
        karakter = Mid(teks, i, 1)
  • For i = 1 To Len(teks): Inisialisasi perulangan For. Nilai i akan mulai dari 1 dan terus bertambah hingga mencapai panjang teks yang diberikan (Len(teks)).
  • karakter = Mid(teks, i, 1): Menggunakan fungsi Mid untuk mengambil satu karakter pada posisi i dari teks. Nilai ini kemudian disimpan dalam variabel karakter.

4. Pengujian Kondisi (If…Then)

        If Not IsNumeric(karakter) Then
            EkstrakKata = EkstrakKata & karakter
        End If
  • If Not IsNumeric(karakter) Then: Memulai suatu blok kondisional. Pernyataan ini akan dievaluasi sebagai True jika karakter yang diambil bukan merupakan angka.
  • EkstrakKata = EkstrakKata & karakter: Jika kondisi terpenuhi, karakter akan ditambahkan ke dalam hasil akhir (EkstrakKata). Ini dilakukan dengan menggunakan operator konkatenasi (&), yang digunakan untuk menggabungkan string.

5. Penutup Perulangan dan Fungsi

    Next i
End Function
  • Next i: Menutup blok perulangan For. Iterasi akan terus dilakukan hingga nilai i mencapai panjang teks.
  • End Function: Menutup fungsi. Fungsi ini akan mengembalikan hasil akhir yang berupa string yang hanya berisi karakter bukan angka.
Baca Juga  Cara Cepat Menggabungkan Data Tanggal Bulan dan Tahun Sekaligus

Jadi, intinya fungsi ini bekerja dengan iterasi melalui setiap karakter dalam teks yang diberikan. Jika karakter tersebut bukan angka, maka karakter tersebut akan ditambahkan ke dalam string hasil akhir. Sebagai hasilnya, fungsi ini mengembalikan string yang hanya berisi karakter alfabet.

Fungsi ini, saat dipanggil dengan suatu teks, akan mengembalikan hanya karakter alfabet dari teks tersebut.

Menggunakan Fungsi di Excel

Setelah Anda menulis dan menyimpan skrip VBA, kembali ke Excel. Di sel di mana Anda ingin mengambil kata dari teks bercampur angka, masukkan rumus berikut:

=TRIM(EkstrakKata(A1))

Sel “A1” ini merujuk pada sel yang berisi teks yang ingin Anda olah. Rumus ini akan secara otomatis memanggil fungsi VBA dan menghasilkan teks yang hanya mengandung karakter alfabet.

Sementara fungsi TRIM sendiri gunanya adalah untuk menghilangkan jumlah spasi berlebih di tempat-tempat yang tidak semestinya. Dan hasil akhirnya adalah sebagai berikut:

hasil Mengambil Kata dari Teks Bercampur Angka

Keuntungan Penggunaan VBA Macro

  • Otomatisasi: VBA Macro memungkinkan Anda mengotomatiskan tugas-tugas repetitif, meningkatkan efisiensi dan menghemat waktu.
  • Kustomisasi: Dengan VBA, Anda memiliki kontrol penuh atas cara data diproses, memungkinkan kustomisasi sesuai kebutuhan spesifik Anda.
  • Reproduksi: Setelah Anda membuat skrip, Anda dapat dengan mudah menggunakannya berulang kali untuk data yang berbeda tanpa menulis ulang rumus.

Penutup

Dengan menggunakan VBA Macro, Anda dapat mengatasi hambatan dalam mengambil kata dari teks bercampur angka. Percayalah pada kekuatan otomatisasi untuk membawa efisiensi dan keakuratan dalam pekerjaan sehari-hari Anda. Dengan langkah-langkah sederhana ini, Anda dapat meningkatkan produktivitas dan membuat tugas yang kompleks menjadi lebih mudah diatasi. Selamat mencoba!

Tapi bagi Anda yang membutuhkan file contoh mengambil kata dari teks bercampur angka ini tanpa harus repot menulis ulang skrip macro-nya, file bisa didownload melalui tautan di bawah ini:

Baca Juga  Cara Menghitung Payback Period di Excel dengan Rumus Excel Sederhana

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Join Our Newsletter