3 Cara Hitung Kata di Excel dengan Rumus Sederhana Hingga Formula Array

oleh | 23 Apr 2024 | Belajar Excel, Excel Advanced, Excel Beginner, Excel Elementary, Tips Excel | 0 Komentar

Dalam pengolahan data dan analisis teks, seringkali kita perlu melakukan hitung kata di Excel dalam sebuah sel. Ada banyak cara untuk menghitung jumlah kata di Excel, mulai dari menggunakan rumus sederhana hingga yang sedikit rumit dengan array formula. Dan satu lagi, Excel juga menyediakan rumus untuk menghitung kata tertentu dalam sebuah sel.

Dalam artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah detail tentang cara menghitung kata di Excel menggunakan beberapa rumus hitung kata di Excel, baik untuk menghitung jumlah keseluruhan kata di Excel ataupun juga hanya untuk menghitung kata tertentu saja.

Langkah-langkah Hitung Kata di Excel dengan Rumus Sederhana

Langkah 1: Persiapkan Data Teks

Langkah pertama adalah memastikan bahwa data teks yang ingin dihitung jumlah katanya sudah disiapkan dalam sel Excel yang sesuai. Misalnya, jika teks yang ingin dihitung terdapat dalam sel B3, pastikan bahwa sel B3 berisi teks atau kalimat yang ingin Anda hitung jumlah katanya.

Berikut adalah contoh tabel untuk hitung kata di Excel menggunakan rumus sederhana:

tabel hitung kata di Excel

Langkah 2: Gunakan Rumus Excel Sederhana

Rumus sederhana yang akan kita gunakan untuk hitung kata di Excel ini menggunakan fungsi LEN dan SUBSTITUTE yang bekerja dengan cara cerdas dalam menghitung jumlah kata dalam sebuah teks. Pertama, rumus LEN digunakan untuk menghitung panjang total karakter dalam teks. Kemudian, rumus SUBSTITUTE berperan dalam mengurangi panjang teks setelah menghapus semua spasi.

Langkah terakhir, dengan menambahkan 1, rumus ini memastikan kata pertama juga terhitung. Kombinasi keduanya memberikan solusi efisien untuk menghitung jumlah kata dengan tepat dan akurat. Berikut adalah contoh rumus hitung kata Excel yang bisa dimasukkan ke sel C3:

=LEN(B3)-LEN(SUBSTITUTE(B3;" ";""))+1

Rumus =LEN(B3)-LEN(SUBSTITUTE(B3;" ";""))+1 bekerja dengan cara menghitung panjang total karakter dalam teks (dinyatakan dengan =LEN(A1)), mengurangi panjang teks setelah menghapus semua spasi (dinyatakan dengan LEN(SUBSTITUTE(B3;" ";"")), dan menambahkan 1 untuk menghitung kata pertama.

Baca Juga  Cara Mudah Mengambil Kata yang Tercetak Tebal di Microsoft Excel dengan VBA

Dan berikut adalah hasilnya:

hasil hitung kata di Excel

Mari kita pecah rumus hitung kata Excel ini untuk lebih memahami langkah-langkahnya:

  • =LEN(B3): Menghitung panjang total karakter dalam sel B3.
  • SUBSTITUTE(B3;" ";""): Mengganti semua spasi (” “) dalam teks di sel B3 dengan string kosong (“”), sehingga menghapus semua spasi dari teks.
  • =LEN(SUBSTITUTE(B3;" ";"")): Menghitung panjang teks setelah semua spasi dihapus.
  • =LEN(A1)-LEN(SUBSTITUTE(B3;" ";"")): Menghitung perbedaan panjang antara teks asli dan teks setelah semua spasi dihapus.
  • +1: Menambahkan 1 karena kata pertama tidak diawali spasi.

Jadi, kalau rumus di atas dibaca dengan bahasa matematika maka hasilnya sebagai berikut:

=LEN(UNTUKMU YANG DUDUK SAMBIL DISKUSI)-LEN(UNTUKMUYANGDUDUKSAMBILDISKUSI)+1
= (33-29)+1
= 5

Jadi, dalam contoh ini, jumlah kata dalam teks adalah 5.

Kesimpulan

Menggunakan rumus =LEN(A1)-LEN(SUBSTITUTE(A1;” “;””))+1 adalah cara yang efisien dan akurat untuk menghitung jumlah kata dalam sebuah sel teks di Excel. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan, Anda dapat dengan mudah mengaplikasikan rumus ini dalam pekerjaan spreadsheet Anda untuk melakukan analisis teks yang lebih mendalam.

Hitung Jumlah Kata di Excel Menggunakan Formula Array

Menghitung jumlah kata dalam sebuah sel teks di Excel bisa menjadi tugas yang menantang, terutama ketika ingin memperhitungkan kata-kata unik. Salah satu cara yang efisien untuk melakukan hitung kata di Excel adalah dengan menggunakan formula array yang kuat.

Langkah-langkah Menggunakan Formula Array

  1. Persiapkan Data: Pastikan data teks yang ingin Anda hitung jumlah katanya sudah ada dalam sel yang sesuai, misalnya, dalam sel B3.
  2. Masukkan Formula: Masukkan formula array di sel tempat Anda ingin menampilkan hasil perhitungan jumlah kata.
  3. Tekan Ctrl+Shift+Enter: Setelah memasukkan formula array, jangan lupa untuk menekan tombol Ctrl+Shift+Enter untuk mengonfirmasi penggunaan formula array.

Formula array yang digunakan di sel C3 adalah sebagai berikut:

=SUM(IF(LEN(TRIM(MID(SUBSTITUTE(B3;" ";REPT(" ";LEN(B3)));(ROW(INDIRECT("1:"&LEN(B3)-LEN(SUBSTITUTE(B3;" ";""))+1))-1)*LEN(B3)+1;LEN(B3))))>0;1;0))

Karena ini array formula maka tulis rumus di atas dengan menekan Ctrl + Shift dan Enter. Jika benar maka akan ada tanda kurung kurawal yang mengapit rumusnya. Copy dan paste rumus tersebut ke sel yang ada di bawahnya. Dan berikut hasilnya:

Cara Kerja Formula Array untuk Menghitung Kata

Mari kita pecah bagian-bagian formula rumus hitung kata di Excel ini untuk lebih memahaminya:

  1. SUBSTITUTE(B3;" ";REPT(" ";LEN(B3))): Menggantikan spasi di sel B3 dengan spasi yang berulang sebanyak panjang teks di sel B3.
  2. MID(...;(ROW(INDIRECT("1:"&LEN(B3)-LEN(SUBSTITUTE(B3;" ";""))+1))-1)*LEN(B3)+1;LEN(B3)): Mengambil potongan teks dari hasil substitusi spasi yang sudah diulang.
  3. TRIM(...): Membersihkan spasi yang berlebihan dari teks yang diambil.
  4. LEN(...)>0: Memastikan hanya teks dengan panjang lebih dari 0 yang akan diproses.
  5. IF(LEN(...)>0;1;0): Memberikan nilai 1 jika panjang teks yang sudah dibersihkan lebih dari 0, dan 0 jika tidak.
  6. SUM(IF(...)): Menghitung jumlah kata yang telah dihitung dengan nilai 1.
Baca Juga  Cara Analisis Data Penjualan dengan Formula Excel Sederhana

Kesimpulan

Menggunakan formula array di Excel memungkinkan kita untuk menghitung jumlah kata dengan cara yang efisien dan akurat. Dengan memahami cara kerja formula array ini, Anda dapat dengan mudah mengaplikasikannya dalam analisis teks atau data lainnya di Excel.

Dengan demikian, semoga artikel ini memberikan wawasan yang berguna dalam menghitung jumlah kata menggunakan formula array di Excel. Jika Anda memiliki pertanyaan atau ingin berbagi pengalaman seputar penggunaan formula array, jangan ragu untuk berkomunikasi melalui komentar di bawah!

Menghitung Jumlah Kata Tertentu di Excel

Selain menggunakan formula array, Anda juga dapat menghitung jumlah kata tertentu dalam teks di Excel dengan menggunakan fungsi MID, LEN, dan SUBSTITUTE. Metode ini berguna ketika Anda ingin menghitung kemunculan kata-kata spesifik dalam teks.

Langkah-langkah Menggunakan Rumus

  1. Persiapkan Data: Pastikan data teks yang ingin Anda hitung jumlah kata “kata”-nya sudah ada dalam sel yang sesuai, misalnya, dalam sel B3 untuk kalimatnya dan C3 untuk kata yang akan dihitung.
  2. Masukkan Rumus: Masukkan rumus di sel tempat Anda ingin menampilkan hasil perhitungan, misalnya di sel D3.
  3. Teks yang Diinginkan: Ganti “kata” dalam rumus dengan sel di mana kata yang ingin Anda hitung kemunculannya dalam teks. Dan berikut rumus Excel untuk menghitung kata tertentu tesebut:
=(LEN(B3)-LEN(SUBSTITUTE(B3;C3;"")))/LEN(C3)

Copy dan paste rumus tersebut ke sel yang ada di bawahnya. Dan berikut adalah hasilnya:

Cara Kerja Rumus untuk Menghitung Kata Tertentu

Mari kita jelaskan bagaimana rumus hitung kata di Excel ini bekerja:

  1. SUBSTITUTE(B3;C3;""): Ini menggantikan setiap kemunculan kata “UNTUKMU” dalam sel B3 dengan string kosong (“”).
  2. LEN(...): Ini menghitung panjang teks asli dan teks setelah kata “UNTUKMU” dihilangkan.
  3. (LEN(B3)-LEN(...)): Ini menghitung selisih panjang teks asli dan teks yang sudah dihilangkan kata “kata”.
  4. /LEN(C3): Ini membagi selisih panjang dengan panjang kata “UNTUKMU”, sehingga mendapatkan jumlah kemunculan kata “kata” dalam teks.
Baca Juga  3 Cara Menghilangkan Kata di Excel dengan Rumus Sederhana yang Gampang

Kesimpulan

Metode ini memungkinkan kita untuk dengan mudah menghitung kemunculan kata-kata tertentu dalam teks di Excel. Dengan memahami cara kerja rumus ini, Anda dapat mengaplikasikannya dalam analisis teks yang lebih spesifik sesuai kebutuhan Anda.

Penutup

Dalam pengolahan data dan analisis teks di Excel, kebutuhan untuk menghitung jumlah kata adalah hal yang umum. Dalam artikel ini, kita telah membahas berbagai metode untuk melakukan perhitungan tersebut dengan efisien dan akurat.

Metode pertama menggunakan rumus sederhana dengan fungsi LEN dan SUBSTITUTE, yang efektif menghitung jumlah kata dalam sebuah teks tanpa memperhitungkan kata-kata spesifik. Rumus ini bekerja dengan cerdas dalam mengurangi panjang teks setelah menghapus spasi, serta menambahkan 1 untuk memperhitungkan kata pertama.

Metode kedua menggunakan formula array yang kuat, terutama ketika Anda perlu menghitung kata-kata unik atau melakukan analisis teks yang lebih mendalam. Formula array memungkinkan penghitungan yang lebih kompleks dan akurat, meskipun sedikit lebih rumit dalam penggunaannya.

Terakhir, kita juga membahas cara menghitung jumlah kata tertentu dalam teks menggunakan fungsi MID, LEN, dan SUBSTITUTE. Metode ini berguna untuk analisis yang lebih spesifik terhadap kemunculan kata-kata tertentu dalam teks.

Dengan memahami berbagai metode ini, Anda dapat memilih teknik yang paling sesuai dengan kebutuhan analisis Anda. Kunci utamanya adalah efisiensi dan akurasi dalam menghitung jumlah kata di Excel, sehingga hasil analisis Anda dapat menjadi lebih informatif dan relevan.

Semoga artikel tentang cara menghitung kata di Excel ini memberikan wawasan yang berguna dan membantu meningkatkan kemampuan Anda dalam mengelola data dan analisis teks di Excel. Jika Anda memiliki pertanyaan atau ingin berbagi pengalaman seputar topik ini, jangan ragu untuk berkomunikasi melalui kolom komentar di bawah!

Pranala Luar

File Excel 3 Cara Hitung Kata di Excel dari Menggunakan Rumus Sederhana Hingga Formula Array ini bisa Anda download jika memang memerlukannya dengan cara klik tautan di bawah ini:

Atau juga jika ingin mempelajari langkah demi langkahnya secara visual, bisa kunjungi Youtube Channel Depot Excel dengan judul video: Cara Mudah Menghitung Jumlah Kata dari Sebuah Kalimat dengan Rumus Excel Sederhana. Di sana Anda akan melihat bagaimana rumusnya bekerja. Semoga bermanfaat!

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Join Our Newsletter