Cara Rekap Data Penjualan Bulanan E-Commerce dengan Rumus Excel

oleh | 6 Des 2023 | Belajar Excel, Excel Elementary, Excel Intermediate, Tips Excel | 0 Komentar

Dalam dunia yang semakin terhubung secara digital, pemilik bisnis online atau e-commerce seringkali dihadapkan pada pencarian cara rekap data penjualan bulanan untuk keperluan menyelesaikan tugas merekap data penjualan yang dapat membantu dalam pengambilan keputusan strategis.

Artikel ini akan membahas cara cara rekap data penjualan bulanan menggunakan Microsoft Excel, dengan fokus pada penjualan di online shop atau e-commerce.

cara Rekap Data Penjualan Bulanan

Sebelum kita melangkah ke cara rekap data penjualan bulanan, pastikan Anda memiliki data penjualan harian yang terorganisir dengan baik. Buat tabel dengan kolom-kolom seperti Tanggal Penjualan, Nama Barang, Jumlah Omset, dan Flatform E-Commerce. Data yang akurat dan lengkap adalah kunci keberhasilan langkah selanjutnya. Dan berikut adalah contohnya:

tabel cara rekap data penjualan bulanan

Untuk kolom “Bulan Transaksi” di range F4:F7 meski yang tertampil hanya bulan dan tahunnya saja, penulisan tanggalnya tetap menggunakan “01/01/2023” tapi disetting untuk hanya tampil bulan dan tahunnya saja.

Cara settingnya adalah: blok range F4:F7 > klik kanan > Format Cells.. >dan setting formatnya sebagai berikut:

format_tanggal_excel

Merekap Jumlah Volume Transaksi

Untuk merekap jumlah transaksi di range G4:G7, masukkan fungsi SUMPRODUCT di sel G4 sebagai berikut:

=SUMPRODUCT(--($B$4:$B$20>=F4);--($B$4:$B$20<DATE(YEAR(F4);MONTH(F4)+1;1)))

Copy dan paste rumus tersebut ke sel di bawahnya. Dan berikut adalah hasilnya:

rekap_jumlah_volume_transaksi

Untuk memunculkan kata “transaksi” caranya blok range G4:G7 kemudian klik kanan > Format Cells.. > dan setting formatnya sebagai berikut:

format_transaksi

Penjelasan Rumus

Mari kita bahas bagaimana rumus cara rekap data penjualan bulanan ini bekerja dan bagaimana kaitannya dengan rekap transaksi.

  1. $B$4:$B$20>=F4: Bagian ini menggunakan operator perbandingan untuk memeriksa apakah nilai dalam sel B4 hingga B20 (mengacu pada kolom tanggal transaksi) lebih besar atau sama dengan nilai di sel F4 (mengacu pada tanggal awal bulan yang di tentukan).
  2. --($B$4:$B$20<DATE(YEAR(F4);MONTH(F4)+1;1)): Bagian ini juga menggunakan operator perbandingan untuk memeriksa apakah nilai dalam sel B4 hingga B20 kurang dari tanggal awal bulan berikutnya. Fungsi DATE(YEAR(F4);MONTH(F4)+1;1) digunakan untuk mendapatkan tanggal awal bulan berikutnya dari nilai di sel F4.
  3. --: Operator double minus (--) digunakan untuk mengonversi hasil perbandingan menjadi nilai biner (0 atau 1). Ini diperlukan karena SUMPRODUCT mengharapkan array biner sebagai argumen.
  4. SUMPRODUCT: Ini adalah fungsi yang mengalikan elemen-elemen yang sesuai dari dua atau lebih array, dan kemudian menjumlahkan hasilnya. Dalam konteks ini, SUMPRODUCT mengalikan array hasil perbandingan dari kedua kondisi (tanggal di antara F4 dan awal bulan berikutnya) dan kemudian menjumlahkan hasilnya.
Baca Juga  Cara Menjumlah Omset di Bulan Berjalan dengan Rumus Excel Sederhana

Secara keseluruhan, rumus cara rekap data penjualan bulanan ini digunakan untuk menghitung jumlah transaksi yang terjadi dalam bulan tertentu (ditentukan oleh nilai di sel F4). Rumus ini sangat berguna dalam konteks rekapitulasi transaksi bulanan karena memberikan fleksibilitas untuk menyesuaikan periode waktu yang diinginkan.

Perlu diingat bahwa rumus ini akan memberikan hasil yang akurat jika data tanggal transaksi terletak di kolom B dan format tanggal yang digunakan sesuai dengan aturan Excel. Jika Anda ingin menggunakannya untuk rekap transaksi, pastikan untuk menyesuaikan rentang sel dan sel target sesuai dengan struktur data Anda.

Merekap Omset Transaksi

Untuk merekap omset transaksi berdasarkan tanggal transaksi harian selama bulan tertentu (dalam hal ini Januari), gunakan fungsi SUMPRODUCT Sebagai contoh:

=SUMPRODUCT(--($B$4:$B$20>=F4);--($B$4:$B$20<DATE(YEAR(F4);MONTH(F4)+1;1));$C$4:$C$20)

Di sini, B4:B20 adalah tanggal transaksi yang nilainya lebih besar atau sama dengan tanggal yang ada di sel F4 dan seterusnya. Copy dan paste rumus tersebut ke sel dibawahnya. Dan berikut adalah hasilnya:

rekap_jumlah_omset_bulanan

Penjelasan Rumus

Mari kita bahas bagaimana rumus ini bekerja dan bagaimana kaitannya dengan rekap omset bulanan.

  1. $B$4:$B$20>=F4: Bagian ini menggunakan operator perbandingan untuk memeriksa apakah nilai dalam sel B4 hingga B20 (mengacu pada kolom tanggal transaksi) lebih besar atau sama dengan nilai di sel F4 (mengacu pada tanggal awal bulan yang ditentukan).
  2. --($B$4:$B$20<DATE(YEAR(F4);MONTH(F4)+1;1)): Bagian ini juga menggunakan operator perbandingan untuk memeriksa apakah nilai dalam sel B4 hingga B20 kurang dari tanggal awal bulan berikutnya. Fungsi DATE(YEAR(F4);MONTH(F4)+1;1) digunakan untuk mendapatkan tanggal awal bulan berikutnya dari nilai di sel F4.
  3. --: Operator double minus (--) digunakan untuk mengonversi hasil perbandingan menjadi nilai biner (0 atau 1). Ini diperlukan karena SUMPRODUCT mengharapkan array biner sebagai argumen.
  4. $C$4:$C$20: Bagian ini mengacu pada kolom nilai penjualan (omset) dalam rentang yang sama, yaitu dari C4 hingga C20.
  5. SUMPRODUCT: Ini adalah fungsi yang mengalikan elemen-elemen yang sesuai dari dua atau lebih array, dan kemudian menjumlahkan hasilnya. Dalam konteks ini, SUMPRODUCT mengalikan array hasil perbandingan dari kedua kondisi (tanggal di antara F4 dan awal bulan berikutnya) dengan nilai omset yang sesuai, dan kemudian menjumlahkan hasilnya.
Baca Juga  Cara Membuat Mesin Pencarian di Excel Menggunakan VBA Macro Sederhana

Secara keseluruhan, rumus ini digunakan untuk menghitung omset bulanan dengan memperhitungkan hanya transaksi yang terjadi dalam bulan tertentu (ditentukan oleh nilai di sel F4). Rumus ini sangat berguna dalam konteks rekapitulasi omset bulanan karena memberikan fleksibilitas untuk menyesuaikan periode waktu yang diinginkan.

Pastikan untuk menyesuaikan rentang sel dan sel target sesuai dengan struktur data Anda agar hasilnya akurat sesuai dengan kebutuhan rekapitulasi omset bulanan.

Visualkan Hasil dengan Diagram

Agar hasilnya lebih enak dilihat dan juga lebih gampang dibaca, visualkan data tersebut menggunakan diagram, entah itu menggunakan column chart, line chart, pie chart atau lainnya.

Sebagai contoh, berikut adalah hasilnya ketika data-data tersebut divisualkan menggunakan pie chart:

hasil cara rekap data penjualan bulanan excel

Membuat Laporan Keuangan

Akhirnya, gunakan data rekap penjualan untuk membuat laporan keuangan yang informatif. Tambahkan grafik atau diagram batang untuk memvisualisasikan performa penjualan bulanan dengan lebih jelas.

Kesimpulan

Dengan mengikuti langkah-langkah cara rekap data penjualan bulanan di atas, Anda dapat meningkatkan efisiensi dalam merekap data penjualan bulanan untuk bisnis online Anda. Modifikasi rumus sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda untuk menghasilkan rekap penjualan barang, rekap keuangan Excel, dan laporan keuangan yang memberikan wawasan yang berharga. Semoga tutorial ini membantu Anda dalam mengelola bisnis online Anda dengan lebih baik dan meningkatkan keberhasilan usaha Anda!

Download

Dan bagi yang membutuhkan file contoh Cara Rekap Data Penjualan Bulanan E-Commerce dengan Rumus Excel di atas, file Excel ini bisa didownload melalui tautan di bawah ini:

0 Komentar

Trackbacks/Pingbacks

  1. Panduan Lengkap Merekap Omset Penjualan dari Tiap Cabang dengan Microsoft Excel - Depot Excel - […] kita perlu mengambil data produk yang terjual untuk cabang tertentu yang dalam hal ini kita contohkan untuk cabang Jakarta.…
  2. Cara Menjumlah Omset di Bulan Berjalan dengan Rumus Excel Sederhana - Depot Excel - […] yang sangat penting dalam perhitungan data bulan berjalan yang dalam hal ini akan kita gunakan untuk menjumlah omset di…
  3. Cara Analisis Data Penjualan dengan Formula Excel Sederhana - Depot Excel - […] satu data dasar yang perlu Anda analisis adalah total penjualan. Anda dapat menggunakan rumus SUM() untuk menghitung jumlah total…

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Join Our Newsletter