Panduan Lengkap: Cara Membuat Pie Chart di Excel

oleh | 6 Nov 2023 | Belajar Excel, Excel Beginner, Tips Excel | 0 Komentar

Cara membuat Pie chart di Excel, atau yang juga dikenal sebagai diagram lingkaran, adalah alat yang hebat untuk memvisualisasikan data dalam bentuk grafik bulat yang membagi data menjadi sektor-sektor. Diagram ini membantu dengan jelas menggambarkan proporsi relatif dari setiap bagian terhadap keseluruhan, membuatnya ideal untuk menyoroti perbandingan atau persentase dari elemen yang berbeda dalam satu kumpulan data. Secara umum, penggunaan pie chart dapat memberikan pemahaman yang cepat dan mudah tentang distribusi data secara visual.

Excel adalah salah satu perangkat lunak yang paling umum digunakan untuk membuat pie chart. Dengan fitur-fitur grafiknya yang lengkap dan mudah digunakan, Excel memungkinkan pengguna untuk membuat grafik pie dengan cepat dan efisien. Artikel ini akan membimbing Anda langkah demi langkah dalam membuat pie chart yang informatif menggunakan Excel. Dari persiapan data hingga penyesuaian tampilan grafik, Anda akan diajak melalui proses yang terstruktur untuk menciptakan visualisasi data yang jelas dan efektif.

Langkah pertama dalam cara membuat pie chart di Excel adalah menyiapkan data yang akan diplot. Setelah data siap, langkah selanjutnya adalah memilih jenis grafik yang diinginkan, yaitu pie chart, dan menyesuaikan tata letak serta elemen-elemen grafik lainnya. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan label, judul grafik, dan tata letak lainnya untuk memperjelas pesan yang ingin disampaikan melalui pie chart. Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat mengoptimalkan penggunaan Excel sebagai alat untuk memvisualisasikan data secara efektif melalui pie chart yang informatif dan menarik.

Langkah 1: Persiapkan Cara Membuat Pie Chart di Excel

Langkah pertama adalah memastikan bahwa data yang akan Anda gunakan untuk pie chart telah diatur dengan benar. Data ini dapat berupa angka atau persentase yang mewakili perbandingan dari berbagai kategori atau bagian yang ingin Anda tampilkan dalam pie chart. Pastikan data ini tersusun dalam format yang mudah dimengerti, seperti dalam sebuah tabel Excel.

Baca Juga  Contoh dan Penjelasan Rumus IF, IF AND dan IF OR di Microsoft Excel

Misalnya, kita akan membuat pie chart yang menunjukkan perbandingan pengeluaran bulanan untuk makanan, transportasi, hiburan, dan lainnya. Data kita akan terlihat seperti ini:

tabel data cara membuat pie chart di Excel

Langkah 2: Pilih Data yang Akan Dijadikan Pie Chart

Setelah data Anda tersedia, langkah berikutnya cara membuat pie chart di Excel ini adalah pilih data yang akan Anda gunakan untuk pie chart. Misalnya, Anda akan memilih tabel yang berisi kategori Pengeluaran dan Nominalnya.

Langkah 3: Buat Pie Chart

  1. Blok data yang ingin Anda jadikan pie chart.
  2. Buka tab “Insert” di pita Excel.
  3. Pilih “Pie Chart” dari berbagai jenis grafik yang tersedia.
  4. Dalam submenu, Anda akan memiliki beberapa opsi pie chart yang berbeda, seperti pie chart 2D atau 3D. Pilih yang sesuai dengan preferensi Anda.

Berikut adalah contoh sederhana hasil langkah di atas:

cara membuat pie chart di Excel
hasil cara membuat pie chart di Excel

Langkah 4: Menyesuaikan Pie Chart

Setelah Anda membuat pie chart, Anda dapat melakukan beberapa penyesuaian untuk membuatnya lebih informatif dan menarik. Beberapa penyesuaian yang dapat Anda lakukan termasuk:

  • Memberi judul pada pie chart: Klik pada pie chart, lalu tambahkan judul yang sesuai dengan data yang Anda tampilkan.
  • Menambahkan label data: Anda dapat menambahkan label untuk setiap sektor pie chart untuk mengidentifikasi kategorinya.
  • Merubah warna: Anda dapat mengubah warna sektor-sektor pie chart agar sesuai dengan preferensi Anda. Klik pada sektor yang ingin Anda ubah, lalu atur warna di “Format Data Point.”
  • Explode sektor: Jika Anda ingin menyoroti sektor tertentu, Anda dapat mengekspor sektor tersebut untuk membuatnya terlihat lebih besar.

Berikut tampilan pie chart sederhana setelah dilakukan beberapa penyesuaian:

Langkah 5: Menyajikan Pie Chart Anda

Setelah Anda selesai membuat dan menyesuaikan pie chart, saatnya menyajikannya dalam dokumen atau laporan Anda. Anda dapat dengan mudah menyalin pie chart ke dokumen Word atau PowerPoint Anda dengan mengklik kanan dan memilih “Copy” dari menu.

Baca Juga  Cara Cepat Merekap Data Penjualan dengan Kriteria Mendatar dan Menurun di Excel

Kesimpulan

Cara membuat pie chart di Excel adalah cara yang efektif untuk memvisualisasikan data dalam bentuk grafik yang mudah dimengerti. Dengan beberapa langkah sederhana, Anda dapat membuat grafik yang informatif dan menarik. Pastikan untuk menyesuaikan warna, label, dan gaya grafik sesuai dengan preferensi Anda agar pie chart Anda menjadi lebih menarik. Semoga panduan ini membantu Anda dalam membuat grafik pie chart yang efektif dan informatif di Excel!

Terakhir, jika ingin mempelajari langkah demi langkah tentang Microsoft Excel secara visual, bisa kunjungi Youtube Channel Depot Excel. Di sana Anda akan melihat bagaimana rumus-rumus Excel dan juga tips Excel lainnya bekerja. Semoga bermanfaat!

0 Komentar

Trackbacks/Pingbacks

  1. Cara Merekap Data Penjualan Bulanan E-Commerce dengan Excel - […] Sebagai contoh, berikut adalah hasilnya ketika data-data tersebut divisualkan menggunakan pie chart: […]

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Join Our Newsletter