Cara Menghitung Hari Efektif Kerja di Excel dengan Rumus Sedehana

oleh | 26 Apr 2023 | Belajar Excel, Excel Best Practices, Excel Elementary | 0 Komentar

Untuk menghitung hari efektif kerja di Excel dalam sebulan menggunakan, Anda dapat menggunakan fungsi NETWORKDAYS dan atau NETWORKDAYS.INTL. kedua fungsi ini menghitung jumlah hari kerja antara dua tanggal tertentu dan mengecualikan hari libur mingguan juga hari-hari libur nasional. Yang membedakan rumus keduanya adalah NETWORKDAYS hari libur mingguannya diset otomatis dua kali yaitu Sabtu dan Minggu sementara untuk NETWORKDAYS.INTL hari libur mingguan bisa diset manual sesuai kebutuhan seperti misalnya hanya libur di hari Minggu, Sabtu dan Minggu atau bahkan hari Jum’at sesuai aturan yang berlaku di tempat kerja.

Menghitung Hari Efektif Kerja di Excel dengan NETWORKDAYS

Sintaks dari rumus NETWORKDAYS ini adalah: =NETWORKDAYS(start_date; end_date; [holidays]). Dimana start_date adalah untuk awal hari kerja di bulan tersebut. Sementara end_date adalah untuk akhir hari kerja di bulan tersebut. Dan yang terakhir [holidays] untuk hari libur nasional atau hari libur diluar libur Sabtu dan Minggu. Agar mudah dipahami, berikut adalah cara menggunakan fungsi NETWORKDAYS untuk menghitung hari efektif kerja di Excel:

  • Buka aplikasi Microsoft Excel dan buatlah sebuah spreadsheet.
  • Buatlah tiga kolom untuk tanggal mulai, tanggal selesai dan yang terakhir untuk jumlah hari kerja efektif. Misalnya, sebagai contoh di kolom B untuk Tanggal Mulai, kolom C untuk Tanggal Selesai dan kolom D untuk Hari Efektif Kerja.
  • Masukkan tanggal mulai pada sel B4 sampai B7 dan tanggal selesai pada sel C4 sampai C7.
  • Buat lagi satu tabel untuk data hari libur nasional. Dan ketika semua tabel dibuat maka penampakkannya akan seperti pada gambar di bawah:
Baca Juga  Cara Membandingkan Dua Tabel Data Menggunakan Formula Array Excel
tabel menghitung hari efektif kerja di excel
  • Dan yang terakhir, masukkan rumus untuk menghitung Hari Efektif kerjanya di sel D4 sebagai berikut:
=NETWORKDAYS(B4;C4;$B$11:$B$23)

Penjelasan Rumus

  • start_date : dalam hal ini diisi dengan B4 sebagai tanggal awal kerja yang akan dihitung;
  • end_date : dalam hal ini diisi dengan C4 sebagai tanggal akhir kerja yang akan dihitung;
  • [holidays] : diisi dengan range $B$11:$B$23 dimana data hari libur nasional diletakkan. Dan kenapa diapit simbol dollar disini adalah agar range tersebut bernilai absolute yang artinya jika range tersebut di-copy ke sel berbeda maka range tersebut tidak akan bergeser.

Dan jika semua rumus untuk menghitung hari efektif kerja di Excel ditulis dengan benar maka hasil perhitungannya akan muncul pada kolom tersebut seperti pada gambar di bawah ini:

contoh menghitung hari efektif kerja di excel

Disamping menggunakan tabel terpisah untuk data hari libur nasional, kita juga bisa meletakkan tanggal libur tersebut langsung dirumusnya dengan array (kurung kurawal) seperti pada contoh di bawah:

=NETWORKDAYS(B4;C4;{"1/1/2023";"22/1/2023";"23/1/2023"})

Tentu kalau data yang dikalkulasi terlalu banyak (misalnya setahun penuh) maka cara kedua ini akan lebih merepotkan karena kita harus menuliskan tanggal liburnya secara manual tergantung hari libur di bulan yang dikalkulasi.

Menghitung Hari Efektif Kerja di Excel dengan NETWORKDAYS.INTL

Pada dasarnya penggunaan rumus NETWORKDAYS.INTL ini hampir sama saja dengan NETWORKDAYS, hanya saja pada NETWORKDAYS.INTL untuk hari libur mingguan kita bisa pilih dan tidak harus Sabtu dan Minggu.

Sintaks dari rumus NETWORKDAYS.INTL ini adalah: =NETWORKDAYS.INTL(start_date; end_date; [weekend]; [holidays]). Dimana start_date adalah untuk awal hari kerja di bulan tersebut. end_date adalah untuk akhir hari kerja di bulan tersebut. Sementara [weekend] adalah hari libur mingguan yang bisa kita pilih sesuai daftar yang ada. Dan yang terakhir [holidays] untuk hari libur nasional atau hari libur diluar hari libur mingguan. Agar mudah dipahami, berikut adalah cara menggunakan fungsi NETWORKDAYS.INTL untuk menghitung hari efektif kerja di Excel:

Baca Juga  Cara Menghitung Standar Deviasi di Excel dan 3 Contoh Rumus yang Bisa Digunakan

Untuk lebih cepat, kita gunakan tabel yang sudah kita buat tadi seperti pada gambar di bawah:

Jika sudah maka di sel D4 kita masukkan rumus:

=NETWORKDAYS.INTL(B4;C4;11;$B$11:$B$23)

Penjelasan Rumus

  • start_date : dalam hal ini diisi dengan B4 sebagai tanggal awal kerja yang akan dihitung;
  • end_date : dalam hal ini diisi dengan C4 sebagai tanggal akhir kerja yang akan dihitung;
  • [weekend] : untuk contoh kita pilih angka 11 dengan asumsi bahwa di kantor kita libur mingguannya hanya satu hari yaitu di hari Minggu saja;
  • [holidays] : diisi dengan range $B$11:$B$23 dimana data hari libur nasional diletakkan. Dan kenapa diapit simbol dollar disini adalah agar range tersebut bernilai absolute yang artinya jika range tersebut di-copy ke sel berbeda maka range tersebut tidak akan bergeser.

Dan jika semua rumus ditulis dengan benar maka hasil perhitungannya akan muncul pada kolom tersebut seperti pada gambar di bawah ini:

Dengan menggunakan fungsi NETWORKDAYS dan NETWORKDAYS.INTL, Anda dapat dengan mudah menghitung jumlah hari efektif kerja dalam sebulan atau periode waktu lainnya.

Penutup

Bagi teman-teman yang masih bingung dengan penjelasan di atas, bisa langsung download file contohnya saja dan pelajari pelan-pelan. Link download file Cara Menghitung Hari Efektif Kerja di Excel dengan Rumus Sedehana bisa klik button di bawah ini:

Terakhir, jika ingin mempelajari langkah demi langkah tentang Microsoft Excel secara visual, bisa kunjungi Youtube Channel Depot Excel dengan judul: Cara Menghitung Hari Efektif Kerja di Excel. Di sana Anda akan melihat bagaimana rumus-rumus Excel dan juga tips Excel lainnya bekerja. Semoga bermanfaat!

0 Komentar

Trackbacks/Pingbacks

  1. Cara Menghitung Deadline Pekerjaan Freelencer dengan Excel - […] Dalam lingkungan kerja yang dinamis, mengelola waktu dan mengatur deadline pekerjaan adalah keterampilan yang sangat penting. Namun, perhitungan deadline…
  2. Cara Menghitung Gaji Harian Karyawan Berdasarkan Jabatannya dengan Rumus Excel - Depot Excel - […] menghitung jumlah hari efektif kerja, kita menggunakan fungsi NETWORKDAYS.INTL. Fungsi ini menghitung jumlah hari kerja antara dua […]

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Join Our Newsletter