Contoh dan Penjelasan Fungsi COUNT Excel dan Variannya

oleh | 13 Mei 2023 | Belajar Excel, Excel Beginner | 0 Komentar

Di dalam Microsoft Excel, terdapat beberapa rumus untuk menghitung jumlah data yang memenuhi suatu kriteria yang diantaranya adalah varian fungsi COUNT. Penjelasan fungsi COUNT Excel beserta variannya yakni COUNT, COUNTA, COUNTIF, COUNTIFS dan COUNTBLANK akan kita bahas di sini. Tapi dikesempatan kali ini kita hanya akan membahas empat fungsi saja dan mengabaikan sementara untuk fungsi COUNTBLANK.

Dan berikut adalah contoh dan penjelasan dari fungsi COUNT, COUNTA, COUNTIF, dan COUNTIFS di Excel:

Penjelasan Fungsi COUNT Excel

Penjelasan fungsi COUNT Excel secara singkat adalah sebagai berikut: Fungsi atau rumus COUNT digunakan untuk menghitung jumlah sel yang berisi nilai numerik pada sebuah rentang data atau array.

Fungsi atau rumus COUNT dapat digunakan dalam berbagai macam analisis data, seperti menghitung jumlah data yang valid dalam sebuah range, menghitung total nilai dalam range tertentu, atau menghitung jumlah siswa yang lulus dalam sebuah kelas.

Sintaks dan Penjelasan Fungsi COUNT Excel

Sintaks dari fungsi atau rumus COUNT di Excel adalah sebagai berikut:

=COUNT(value1; [value2]; ….)

Keterangan:

  • value1 : adalah argumen wajib pertama yang akan dihitung jumlahnya.
  • [value2] : adalah argumen opsional kedua hingga ke-255 yang akan dihitung jumlahnya.
  • ….. : adalah argumen opsional berikutnya hingga ke-255 yang akan dihitung jumlahnya.

Argumen dalam fungsi COUNT dapat berupa nilai angka, nilai yang dikembalikan dari formula, atau nilai dalam sel. Fungsi ini akan mengembalikan jumlah sel yang berisi nilai angka atau nilai dalam argumen.

Penjelasan fungsi COUNT Excel ini adalah bahwa fungsi ini tidak akan menghitung sel yang kosong atau sel yang berisi teks. Untuk menghitung jumlah sel yang tidak kosong pada sebuah rentang data atau array, kita dapat menggunakan rumus COUNTA.

Contoh Penggunaan Fungsi COUNT

Contoh penggunaan rumus atau fungsi COUNT adalah sebagai berikut:

Penjelasan fungsi COUNT Excel

Pada tabel di atas, untuk pertanyaan nomor 1 yaitu “berapa banyak jumlah siswa yang nilainya sudah tuntas?”. Untuk menjawab pertanyaan ini kita bisa menggunakan rumus atau fungsi COUNT. Di sel I14 kita bisa mengisinya dengan rumus COUNT sebagai berikut:

=COUNT(E4:E18)

Penjelasan fungsi COUNT Excel di atas akan menghitung jumlah sel pada rentang E4 hingga E18 yang berisi nilai angka yang dalam hal ini adalah nilai “100%”. Dan jika diinput dengan benar, Rumus atau fungsi COUNT di atas akan menghasilkan nilai 9, karena hanya ada 9 sel pada rentang tersebut yang berisi nilai angka (100%). Dan hasilnya adalah seperti pada gambar berikut:

Baca Juga  Cara Verifikasi Data Bansos dengan Excel agar Penerima Dana Bansos Tepat Sasaran
contoh fungsi COUNT Excel

Dalam rumus atau fungsi COUNT, E4 hingga E18 adalah kisaran sel atau range yang ingin dihitung jumlahnya. Nilai yang dihitung oleh COUNT dapat berupa bilangan bulat, bilangan desimal, atau format angka lainnya.

Penjelasan Fungsi COUNTA Excel

Rumus atau fungsi COUNTA Excel adalah salah satu fungsi di Microsoft Excel yang digunakan untuk menghitung jumlah sel yang tidak kosong pada sebuah rentang data atau array.

Rumus atau fungsi COUNTA sangat berguna dalam pengolahan data karena dengan rumus ini kita dapat menghitung secara otomatis jumlah data yang ada dalam rentang yang diinginkan, termasuk sel yang berisi teks atau formula.

Sintaks dan Penjelasan Fungsi COUNTA

Sintaks dari fungsi atau rumus COUNTA di Excel adalah sebagai berikut:

=COUNTA(value1; [value2]; ….)

Keterangan:

  • value1 : adalah argumen wajib pertama yang akan dihitung jumlahnya.
  • [value2] : adalah argumen opsional kedua hingga ke-255 yang akan dihitung jumlahnya.
  • …. : adalah argumen opsional berikutnya hingga ke-255 yang akan dihitung jumlahnya.

Argumen dalam fungsi atau rumus COUNTA bisa berupa nilai teks, nilai angka, nilai tanggal, nilai error, atau nilai yang dikembalikan dari formula. Fungsi ini akan mengembalikan jumlah sel yang berisi nilai apapun, termasuk nilai kosong atau tanda kutip kosong.

Contoh Penggunaan Fungsi COUNTA

Contoh penggunaan rumus atau fungsi COUNTA adalah sebagai berikut:

contoh tabel rumus counta excel

Masih menggunakan contoh tabel di atas. Untuk menjawab menggunakan fungsi atau rumus COUNTA adalah pada pertanyaan nomor 4 yakni: “Berapa jumlah siswa keseluruhan?” Dan untukmenjawab pertanyaan tersebut, di sel H18 kita bisa mengetikkan rumus atau fungsi COUNTA sebagai berikut:

=COUNTA(E4:E18)

Rumus atau fungsi COUNTA di atas akan menghitung jumlah sel yang tidak kosong pada rentang E4 hingga E18. Dan jika diisi dengan benar di sel H18 itu akan menghasilkan nilai 15, karena ada 15 sel pada rentang tersebut yang tidak kosong. Dan berikut adalah penampakan dari hasil perhitungan rumus atau fungsi COUNTA:

contoh rumus counta excel

Dalam rumus atau fungsi COUNTA, E4 hingga E18 adalah kisaran sel atau range yang ingin dihitung jumlahnya. Nilai yang dihitung oleh COUNTA dapat berupa bilangan bulat, bilangan desimal, teks, atau formula.

Pernjelasan Fungsi COUNTIF

Rumus atau fungsi COUNTIF digunakan untuk menghitung jumlah sel yang memenuhi suatu kriteria tertentu pada sebuah rentang data atau array.

Fungsi COUNTIF sangat berguna dalam analisis data ketika ingin menghitung jumlah data yang sesuai dengan kriteria tertentu, seperti menghitung jumlah produk yang terjual lebih dari 100 unit, menghitung jumlah siswa yang lulus dengan nilai di atas 70, atau menghitung jumlah karyawan yang bekerja di departemen tertentu.

Sintaks dan Penjelasan Fungsi COUNTIF

Sintaks dari fungsi COUNTIF di Excel adalah sebagai berikut:

=COUNTIF(range; criteria)

Keterangan:

  • range adalah rentang sel yang ingin dihitung jumlahnya.
  • criteria adalah kriteria yang ingin dicocokkan dengan sel di dalam rentang yang ditentukan. Kriteria bisa berupa angka, teks, atau ekspresi yang mengembalikan nilai.
Baca Juga  Cara Cepat Mengetahui Jenis Kelamin dari NIK dengan Rumus Excel

Fungsi COUNTIF akan menghitung jumlah sel dalam rentang yang memenuhi kriteria tertentu. Fungsi ini biasanya digunakan untuk menghitung berapa kali sebuah nilai atau teks muncul dalam rentang sel.

Contoh Penggunaan Fungsi COUNTIF

Contoh penggunaan rumus atau fungsi COUNTIF adalah sebagai berikut:

contoh tabel rumus countif excel

Masih menggunakan contoh tabel yang sama, untuk mengaplikasikan penggunaan rumus atau fungsi COUNTIF adalah untuk menjawab pertanyaan nomor 2 yakni “Berapa banyak jumlah siswa yang nilainya belum tuntas?”. Dan untuk menjawab pertanyaan tersebut di sel I15 kita ketik rumus COUNTIF yaitu sebagai berikut:

=COUNTIF(E4:E18;H15)

Rumus di atas akan menghitung jumlah sel yang bernilai atau berisi kalimat “Belum Tuntas” pada rentang E4 hingga E18. Sementara untuk H15 adalah kriteria atau kondisi yang ingin dihitung yakni “Belum Tuntas”.

Jika diinput dengan benar, rumus atau fungsi dari =COUNTIF(E4:E18;H15) di atas akan menghasilkan nilai 6, karena hanya ada enam sel pada rentang tersebut yang bernilai “Belum Tuntas”. Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini:

contoh rumus countif excel

Dalam rumus COUNTIF, kita dapat menggunakan operator perbandingan (misalnya >, <, >=, <=, atau =) atau operator logika (misalnya AND atau OR) untuk membangun kondisi yang lebih kompleks.

Penjelasan Fungsi COUNTIFS

Rumus COUNTIFS digunakan untuk menghitung jumlah sel yang memenuhi beberapa kriteria pada sebuah rentang data atau array. Dalam rumus COUNTIFS, kita dapat menentukan beberapa kisaran sel dan beberapa kondisi yang harus dipenuhi oleh sel untuk dihitung.

Rumus COUNTIFS sangat berguna dalam analisis data, seperti menghitung jumlah produk yang terjual di atas batas tertentu pada wilayah tertentu atau menghitung jumlah pelanggan yang berusia di atas 30 tahun dan membeli produk tertentu. Dengan rumus ini, kita dapat menghitung secara otomatis jumlah data yang memenuhi beberapa kriteria tertentu dalam rentang data atau array.

Sintaks dan Penjelasan Fungsi COUNTIFS

Sintaks dari fungsi COUNTIFS di Excel adalah sebagai berikut:

=COUNTIFS(criteria_range1; criteria1; [criteria_range2; criteria2]; …)

Keterangan:

  • criteria_range1 adalah rentang sel pertama yang ingin dicocokkan dengan kriteria1.
  • criteria1 adalah kriteria yang ingin dicocokkan dengan sel di dalam criteria_range1.
  • [criteria_range2, criteria2] adalah argumen opsional yang terdiri dari rentang sel dan kriteria yang ingin dicocokkan dengan sel di dalam rentang tersebut.

Fungsi COUNTIFS dapat digunakan untuk menghitung jumlah sel dalam rentang yang memenuhi beberapa kriteria tertentu. Fungsi ini mirip dengan fungsi COUNTIF, namun dapat memproses beberapa kriteria pada saat yang sama.

Contoh Penggunaan Fungsi COUNTIFS

Contoh penggunaan rumus COUNTIFS adalah sebagai berikut:

contoh tabel rumus countifs excel

Masih dengan contoh tabel yang sama, kali ini untuk mengaplikasikan penggunaan rumus atau fungsi COUNTIFS adalah untuk menjawab pertanyaan nomor 3 yaitu: “Berapa jumlah siswa laki-laki dan perempuan yang sudah tuntas nilainya?”. Dan untuk menjawab pertanyaan tersebut di sel M14 dan M15 kita bisa menggunakan rumus COUNTIFS sebagai berikut:

=COUNTIFS($D$4:$D$18;$L14;$E$4:$E$18;M$13)

Rumus di atas akan menghitung jumlah sel yang bernilai “L” pada rentang D4 sampai D18 dan pada saat yang sama sel yang bernilai “100%” pada rentang E4 hingga E18. Sementara untuk sel L14 dan M13 adalah kriteria atau kondisi yang harus dipenuhi. Dan jika diisi dengan benar maka rumus =COUNTIFS($D$4:$D$18;$L14;$E$4:$E$18;M$13) di sel M14 ini akan menghasilkan nilai 4, karena hanya ada empat sel pada rentang tersebut yang memenuhi kriteria yakni “L” dan “100%”.

Baca Juga  Solusi Cepat Menghapus Data Ganda di Excel dengan Rumus Sederhana

Dan inilah penampakkan dari tabel yang sudah diisi dengan rumus atau fungsi COUNTIFS.

contoh rumus countifs excel

Kesimpulan

  • Penjelasan Fungsi COUNT Excel: Fungsi COUNT adalah salah satu fungsi di Microsoft Excel yang digunakan untuk menghitung jumlah sel yang berisi nilai numerik pada sebuah rentang data atau array. Penjelasan fungsi COUNT Excel ini sangat berguna dalam pengolahan data karena dengan rumus ini kita dapat menghitung secara otomatis jumlah data yang ada dalam rentang yang diinginkan. Rumus COUNT sangat berguna dalam analisis data, membuat laporan, atau mengevaluasi data.
  • Dalam rumus COUNTA, nilai yang dapat dihitung oleh COUNTA bisa berupa bilangan bulat, bilangan desimal, teks, atau formula. Jadi perlu diketahui bahwa rumus COUNTA akan menghitung sel yang berisi teks, formula, atau nilai numerik. Namun, rumus COUNTA tidak akan menghitung sel yang benar-benar kosong.
  • Dalam rumus COUNTIF, kita dapat menggunakan operator perbandingan (misalnya >, <, >=, <=, atau =) atau operator logika (misalnya AND atau OR) untuk membangun kondisi yang lebih kompleks.
  • Dalam rumus COUNTIFS, kita dapat menentukan beberapa kisaran sel dan beberapa kondisi yang harus dipenuhi oleh sel untuk dihitung. Perlu diketahui, Kriteria pada rumus COUNTIFS bisa berupa operator perbandingan seperti >, <, >=, <=, atau berupa teks.

Penutup

Dalam pengelolaan data di Microsoft Excel, pemahaman tentang berbagai rumus penghitungan sangat penting. Penjelasan fungsi COUNT Excel beserta variannya yang terdiri dari COUNT, COUNTA, COUNTIF, dan COUNTIFS. Meskipun fungsi COUNTBLANK juga termasuk dalam keluarga ini, kita akan fokus pada empat fungsi utama tersebut.

Penjelasan fungsi COUNT Excel adalah digunakan untuk menghitung jumlah sel yang berisi angka dalam rentang yang ditentukan. COUNTA digunakan untuk menghitung jumlah sel yang tidak kosong dalam rentang yang ditentukan, termasuk teks, angka, atau nilai logis. COUNTIF digunakan untuk menghitung jumlah sel dalam rentang yang memenuhi kriteria tertentu, sedangkan COUNTIFS memungkinkan penghitungan berdasarkan beberapa kriteria yang berbeda.

Dengan memahami perbedaan dan cara penggunaan masing-masing fungsi COUNT dan varian-varian lainnya, pengguna Excel dapat dengan mudah melakukan analisis data yang lebih kompleks dan akurat sesuai dengan kebutuhan.

Bagi yang membutuhkan file Excel Contoh dan Penjelasan Fungsi COUNT Excel dan Variannya yang digunakan untuk contoh ini, file tersebut bisa diunduh dengan klik tombol di bawah ini:

0 Komentar

Trackbacks/Pingbacks

  1. Mencari Nilai Tertinggi dan Terendah dengan Kriteria di Excel - […] gaji yang sama yang ada di range E10:E18. Untuk menyelesaikan hal tersebut kita bisa menggunakan fungsi COUNTIFS di Excel.…
  2. Panduan Lengkap Cara Menghitung Frekuensi Penjualan di Excel - […] dapat menggunakan fungsi COUNTIFS di Excel untuk menghitung kemunculan data pesanan dari tiap-tiap sel. Gunakan rumus COUNTIFS berikut di…
  3. Cara Mencari Nilai Tertinggi dan Terendah dengan Kriteria di Microsoft Excel - Depot Excel - […] gaji yang sama yang ada di range E10:E18. Untuk menyelesaikan hal tersebut kita bisa menggunakan fungsi COUNTIFS di Excel.…
  4. Cara Cepat Mengacak Kata di Excel dengan Fungsi RANDBETWEEN - Depot Excel - […] Pada kolom B, kita akan menggunakan fungsi RANDBETWEEN() untuk menghasilkan angka acak sebagai indeks kata. Kemudian fungsi tersebut kita…
  5. 10 Fungsi Excel Wajib Dikuasai oleh Operator Sekolah - Depot Excel - […] Fungsi COUNT/COUNTA berguna untuk menghitung berapa banyak data yang ada dalam rentang tertentu. Bedanya, fungsi COUNT adalah untuk menghitung…

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Join Our Newsletter