Penjelasan Lengkap Rumus CONCATENATE Excel dan Penggunaannya

oleh | 3 Nov 2023 | Belajar Excel, Excel Beginner, Tips Excel | 0 Komentar

Excel, sebagai salah satu perangkat lunak pengolah data terkemuka, tidak hanya berfokus pada angka. Anda juga dapat menggunakannya untuk mengolah data teks, seperti menggabungkan teks atau mengabungkan beberapa sel sekaligus. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menggunakan fungsi CONCATENATE Excel.

Dalam artikel ini, kami akan membahas apa itu rumus CONCATENATE dalam Excel dan bagaimana cara menggunakannya untuk menggabungkan teks dari beberapa sel dalam Microsoft Excel.

Apa itu Fungsi CONCATENATE Excel?

Fungsi CONCATENATE adalah fungsi Excel yang digunakan untuk menggabungkan dua atau lebih teks atau sel menjadi satu teks lengkap. Ini sangat berguna ketika Anda perlu menggabungkan teks dari beberapa sel ke dalam satu sel tunggal dalam lembar kerja Excel Anda. Anda dapat menggabungkan teks, kata-kata, atau bahkan data dari beberapa sel Excel.

Fungsi atau rumus CONCATENATE ini telah tersedia dalam hampir semua versi Microsoft Office Excel, termasuk Excel 2007, Excel 2010, Excel 2013, Excel 2016, Excel Online, versi mobile, dan lainnya. Dengan demikian, Anda dapat dengan mudah menggunakannya pada berbagai platform Excel.

Cara Menggunakan Rumus CONCATENATE di Excel

Menggunakan rumus CONCATENATE dalam Excel sangat mudah. Cara penulisannya pada rumus Excel adalah sebagai berikut:

CONCATENATE(Teks1; [Teks2]; ...)

Dalam rumus tersebut:

  • Teks1 adalah teks pertama yang ingin Anda gabungkan.
  • [Teks2]; ... adalah teks kedua, ketiga, dan seterusnya yang ingin Anda gabungkan dengan Teks1.

Yang perlu diingat adalah output atau nilai yang dihasilkan oleh fungsi CONCATENATE adalah selalu dalam bentuk teks, bahkan jika sel yang Anda gabungkan berisi angka atau data numerik.

Baca Juga  Cara Gampang Mengambil Kata dari Teks Bercampur Angka dengan Macro VBA

Contoh Penggunaan Rumus CONCATENATE di Excel

Di bawah ini adalah beberapa contoh sederhana penggunaan fungsi atau rumus CONCATENATE untuk menggabungkan teks atau sel dalam Excel.

1. Menggabungkan Beberapa Sel Excel

Contoh pertama adalah menggabungkan teks dari beberapa sel Excel sekaligus, misalnya menggabungkan teks dari sel B3, C3, dan D3 dengan menambahkan spasi di antara sel-sel tersebut. Rumus Excel yang digunakan adalah:

=CONCATENATE(B3;" ";C3;" ";D3)

Dan berikut adalah hasilnya:

fungsi CONCATENATE Excel

Dan berikut tampilan ketika rumus CONCATENATE dicopy-paste ke sel dibawahnya:

rumus CONCATENATE dalam Excel
2. Menggabungkan Teks dengan Sel Excel

Contoh kedua adalah menggabungkan teks “Nama:” dengan teks dari sel B3, C3, dan D3. Rumus Excel yang digunakan adalah:

=CONCATENATE("Nama:";" ";B3;" ";C3;" ";D3)

Dan inilah hasilnya:

CONCATENATE Excel

Berikut hasil akhir setelah rumus dicopy-paste ke bawah:

3. Menggabungkan Teks dan Tanggal Secara Langsung

Contoh ketiga adalah menggabungkan teks dan tanggal. Ini biasanya dilakukan untuk membuat tempat tanggal lahr atau titimangsa surat. Dan ini adalah contoh rumusnya:

=CONCATENATE(B3;", ";TEXT(C3;"[$-421]dd mmmm yyyy;@"))

Dan ini adalah hasil akhirnya:

Penting untuk selalu menambahkan spasi (” “) antara setiap bagian teks yang Anda gabungkan agar teks yang dihasilkan mudah dibaca, terutama jika sel-sel tersebut tidak mengandung spasi dalam kata-kata aslinya.

Menggabungkan Banyak Sel Secara Efisien

Jika Anda perlu menggabungkan banyak sel dalam satu kolom atau baris, penulisan rumus CONCATENATE dalam Excel satu per satu akan menjadi kurang efisien. Pada kasus seperti ini, Anda dapat membaca panduan kami tentang cara menggabungkan banyak sel sekaligus dalam Excel, yang mencakup beberapa metode yang lebih efisien.

Dengan pemahaman tentang fungsi CONCATENATE Excel, Anda dapat dengan mudah menggabungkan dan memanipulasi data teks sesuai kebutuhan Anda. Excel adalah alat yang sangat kuat untuk mengelola data, baik itu data numerik maupun data teks. Semoga panduan ini membantu Anda dalam penggunaan rumus CONCATENATE dalam pekerjaan sehari-hari Anda di Excel.

Baca Juga  Rumus SUBTOTAL Excel Pengganti SUM untuk Tabel yang Lebih Dinamis

Kesimpulan

Kesimpulannya adalah bahwa rumus CONCATENATE dalam Excel digunakan untuk menggabungkan teks atau sel menjadi satu teks lengkap. Fungsi ini sangat berguna untuk mengolah data teks dalam Excel, seperti menggabungkan teks dari beberapa sel atau menggabungkan teks dengan data dari sel lain.

Rumus CONCATENATE Excel dapat diterapkan dengan mudah di berbagai versi Excel, termasuk Excel 2007 hingga versi terbaru. Dengan pemahaman tentang fungsi CONCATENATE, pengguna dapat efisien mengelola dan memanipulasi data teks dalam Excel sesuai kebutuhan mereka, meningkatkan produktivitas dalam pekerjaan sehari-hari.

Terakhir, jika ingin mempelajari langkah demi langkah tentang Microsoft Excel secara visual, bisa kunjungi Youtube Channel Depot Excel. Di sana Anda akan melihat bagaimana rumus-rumus Excel dan juga tips Excel lainnya bekerja. Semoga bermanfaat!

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Join Our Newsletter