Tutorial Menghitung Persentase di Excel Dilengkapi dengan Contoh Kasusnya

oleh | 15 Apr 2024 | Belajar Excel, Excel Beginner, Excel Elementary, Tips Excel | 0 Komentar

Tutorial Menghitung Persentase di Excel – Dalam Microsoft Excel, menghitung persentase adalah salah satu fungsi penting yang sering digunakan dalam analisis data. Dalam tutorial ini, kita akan membahas cara menghitung persentase proporsi dan persentase perubahan menggunakan rumus-rumus Excel yang tepat.

Untuk menghitung persentase perubahan sendiri akan terbagi menjadi dua yakni persentase perubahan kenaikan dan persentase perubahan penurunan.

Tapi sebelum membahas cara menghitung persentase di Excel, penting untuk memahami konsep dasar dalam penulisan persentase dan bagaimana cara membuatnya di Excel. Microsoft Excel menyediakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengubah nilai angka di dalam sel Excel ke berbagai format angka, termasuk format persentase (Percentage).

Tutorial Menghitung Persentase di Excel

Setidaknya ada tiga cara yang bisa dipilih untuk menampilkan nilai angka dalam bentuk persentase di Microsoft Excel:

  1. Mengetikkan langsung lambang persen (%): Setelah memasukkan angka dalam sel Excel, cukup tambahkan lambang persen (%) di belakangnya untuk menampilkan angka tersebut dalam format persentase.
  2. Memformat sel Excel menggunakan Tab Home: Pilih sel atau rentang sel yang ingin diformat, kemudian pergi ke Tab Home > Number > Percent (%). Ini akan mengubah tampilan sel-sel tersebut menjadi format persentase secara otomatis.
  3. Shortcut Keyboard: Untuk lebih cepat, Anda juga dapat menggunakan shortcut keyboard dengan menekan Ctrl + Shift + % setelah memilih sel yang ingin diformat.

Lebih Lanjut tentang Format Persentase di Excel

Selain tiga cara di atas, untuk menghitung persentase di Excel Anda juga dapat menggunakan opsi Format Cells pada Excel untuk mengatur format persentase lebih lanjut. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Pilih sel atau rentang sel yang ingin diformat.
  2. Klik kanan dan pilih Format Cells, atau tekan Ctrl + 1 untuk membuka kotak dialog Format Cells.
  3. Di dalam kotak dialog tersebut, pilih kategori Number, kemudian pilih Percentage. Anda dapat mengatur jumlah desimal, simbol persen, dan tampilan lainnya sesuai kebutuhan.
Baca Juga  Cara Membuat Rumus Terbilang Excel Tanpa Menggunakan Add-Ins

Menghitung Persentase Proporsi

Persentase proporsi digunakan untuk mengetahui persentase dari sebuah variabel dengan membandingkannya dengan variabel pembanding yang mana variabel tersebut merupakan bagian dari variabel pembanding tersebut. Rumus yang digunakan adalah:

% Proporsi = Nilai Proporsi/Pembanding Proporsi x 100%

Contoh Kasus

Misalnya, jika kita ingin menghitung persentase perolehan suara Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden pada Pilpres 2024, kita dapat menggunakan rumus tersebut dengan mengganti variabel dan variabel pembanding sesuai dengan data yang ada.

Maka untuk menghitung persentase perolehan suara Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden pada Pilpres 2024 mengikuti pola rumus di atas adalah sebagai berikut:

=Perolehan Suara Calon (D5) / Total Suara Sah (D8) * 100%

Dan berikut hasilnya:

Persentase Suara Pilpres 2024

Menghitung Persentase Perubahan

Persentase perubahan digunakan untuk menunjukkan selisih atau perbedaan antara nilai sebelum dan nilai sesudah dalam bentuk persen dari nilai sebelum. Rumus untuk menghitung persentase perubahan adalah:

% Perubahan = Nilai Perubahan / Nilai Sebelum Perubahan x 100%

Ini dapat digunakan untuk menghitung persentase perubahan dalam berbagai konteks, seperti perubahan jumlah siswa dari tahun ke tahun pada sebuah sekolah. B

Contoh Kasus

Misalkan kita memiliki data jumlah siswa Tahun Ajaran 2022/2023 (Nilai Lama) dan jumlah siswa Tahun Ajaran 2023/2024 (Nilai Baru). Untuk menghitung persentase perubahan jumlah siswa di Excel, kita dapat menggunakan rumus Excel berikut:

=(E7-E6)/E6

Dimana E7 adalah nilai baru (Tahun Ajaran 2018-2019) dan E6 adalah nilai lama (Tahun Ajaran 2017-2018). Rumus ini akan memberikan persentase perubahan jumlah siswa dari Tahun Ajaran 2017-2018 ke Tahun Ajaran 2018-2019. Dan berikut adalah hasilnya:

tutorial menghitung persentase di excel

Rumus-rumus ini berguna untuk mengevaluasi perubahan dalam data, seperti peningkatan atau penurunan.

Dengan memahami rumus-rumus di atas, Anda dapat dengan mudah menghitung persentase proporsi dan perubahan baik kenaikan maupun penurunan dalam Excel sesuai dengan kebutuhan analisis data Anda. Selamat mencoba!

Baca Juga  Cara Rekap Data Penjualan Bulanan E-Commerce dengan Rumus Excel

Kesimpulan

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa menghitung persentase proporsi dan perubahan merupakan langkah penting dalam analisis data menggunakan Microsoft Excel.

Persentase proporsi membantu dalam membandingkan variabel dengan variabel pembandingnya, sementara persentase perubahan memberikan gambaran tentang perbedaan antara nilai sebelum dan sesudah dalam bentuk persen.

Dengan memahami kedua konsep ini dan menggunakan rumus-rumus Excel yang sesuai, Anda dapat melakukan evaluasi data dengan lebih akurat dan mendapatkan wawasan yang berharga dalam pengambilan keputusan. Selamat mencoba mengaplikasikan pengetahuan ini dalam analisis data Anda!

Pranala Luar

File Excel Tutorial Menghitung Persentase di Excel ini bisa Anda download jika memang memerlukannya dengan cara klik tautan di bawah ini:

Atau juga jika ingin mempelajari langkah demi langkahnya secara visual, bisa kunjungi Youtube Channel Depot Excel. Di sana Anda akan melihat bagaimana rumusnya bekerja. Semoga bermanfaat!

0 Komentar

Trackbacks/Pingbacks

  1. Cara Mudah dan Cepat Menjumlah Omset Antar Divisi di Excel dan Menghitung Persentasenya - Depot Excel - […] Untuk menghitung persentase per divisi di range K4:K16, rumus Excel yang digunakan di sel K4 adalah sebagai berikut: […]
  2. Membuat Rumus Persentase Excel untuk Menghitung Persentase Suara Pemilu - Depot Excel - […] dan akurat. Dengan langkah-langkah yang tepat, seperti menyiapkan data dengan lengkap dan menggunakan rumus persentase Excel otomatis yang sesuai,…
  3. Menghitung DPP dan PPN 11 Persen dengan Rumus Excel untuk Dana BOS Sekolah - Depot Excel - […] Angka 11% yang disebutkan mengacu pada tarif atau persentase PPN yang dikenakan. Dalam hal ini, PPN dikenakan sebesar 11%…
  4. Cara Menghitung Persentase Kenaikan dengan Rumus Excel - Depot Excel - […] dan dalam artikel ini, kita akan menjelaskan langkah-langkahnya secara detail. Mari kita pelajari cara menghitung persentase kenaikan dengan rumus…

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Join Our Newsletter