Rumus SUBTOTAL Excel Pengganti SUM untuk Tabel yang Lebih Dinamis

oleh | 9 Jun 2023 | Belajar Excel, Excel Beginner, Excel Elementary | 0 Komentar

Selain menggunakan SUM untuk menjumlah range menurun pada sebuah tabel, kita juga bisa menggunakan rumus SUBTOTAL Excel, terutama untuk tabel yang menggunakan filter. Kenapa?Karena ketika tabel itu difilter maka berbeda dengan fungsi SUM, penjumlahan atau fungsi lainnya dalam rumus SUBTOTAL Excel akan otomatis menyesuaikan dengan data yang tertampil.

 

Pengertian Rumus SUBTOTAL Excel

Fungsi SUBTOTAL di Excel sebenarnya memiliki sub fungsi atau parameter yang cukup banyak yaitu ada 22 sub-fungsi diantaranya AVERAGE, COUNT, COUNTA, MAX dan seterusnya.


Dan inilah gambaran lengkap dari sub fungsi atau parameter itu:

rumus SUBTOTAL Excel

Tapi tentu kita tidak akan mencontohkannya satu per satu karena akan sangat panjang sekali. Yang akan kita gunakan sebagai contoh pada kesempatan ini adalah sub fungsi atau parameter SUM saja.

Sub fungsi atau parameter ini digunakan untuk menghitung jumlah atau total dari sejumlah data yang terdapat dalam suatu rentang. Rumus ini berguna untuk melakukan perhitungan sub-total secara otomatis berdasarkan kriteria tertentu.

 

Contoh Penggunaan Fungsi SUBTOTAL

Berikut adalah contoh dan cara penggunaan rumus atau fungsi SUBTOTAL di Excel untuk sub fungsi atau parameter SUM yakni sub fungsi nomor 9. Untuk lebih mudahnya lihat tabel di bawah ini:

contoh tabel subtotal parameter 9 excel

Misalkan kita memiliki data penjualan harian dan kita ingin menjumlah total penjualan dari seluruh omset harian tersebut maka kita bisa menggunakan fungsi SUM atau SUBTOTAL.

Cara menggunakan rumus SUBTOTAL di Excel sendiri adalah sebagai berikut. Ketik di sel C16:

=SUBTOTAL(9;C3:C15)

Dan jika benar maka hasilnya akan sebagai berikut:

perbedaan fungsi sum dan subtotal di excel 01

Sampai sini terlihat sama saja hasilnya dengan ketika kita menggunakan fungsi SUM yakni Rp 360.834.000.

Baca Juga  Cara Membuat Kolom Tanda Tangan di Excel Secara Otomatis untuk Daftar Hadir

Tapi ketika kita terapkan filter dan yang dipilih hanya untuk penjualan tanggal 01-05-2023 dan 02-05-2023 maka akan terlihat perbedaannya. Lihat tabel di bawah yang sudah menggunakan filter:

perbedaan fungsi sum dan subtotal di excel 02

Untuk fungsi SUBTOTAL hasil penjumlahannya menyesuaikan data yang tertampil yakni Rp 149.197.000 sementara fungsi SUM tetap menjumlah keseluruhan data meski data tersebut tidak lagi tertampil yaitu Rp 360.834.000.

Dari sini kita tahu perbedaannya antara fungsi SUBTOTAL dengan SUM yakni SUBTOTAL mampu menjumlah data dengan lebih dinamis karena fungsi ini hanya akan menjumlah data yang tertampil saja sementara SUM akan tetap menjumlah keseluruhan data meski data itu tidak lagi tertampil karena penerapan filter.

 

Penjelasan Fungsi SUBTOTAL

Berikut adalah penjelasan fungsi dari =SUBTOTAL(9;C3:C15).

  • Angka 9 (=SUBTOTAL(9;……….)) dalam rumus Subtotal mengindikasikan fungsi SUM, yang akan menjumlahkan nilai dalam rentang yang dijadikan acuan (C3:C15 dalam contoh ini).
  • C3:C15 adalah rentang atau range data yang dijadikan acuan untuk dijumlahkan oleh sub fungsi 9 yang dalam hal ini adalah fungsi SUM itu sendiri.

Cara ini dapat diterapkan pada data yang lebih besar dengan menyesuaikan rentang sel dan rumus sesuai kebutuhan.

 

Penutup

Selain sub fungsi atau parameter SUM (9), kita juga dapat menggunakan parameter lain dalam rumus SUBTOTAL untuk melakukan fungsi lain seperti rata-rata (2), nilai maksimum (4), nilai minimum (5), dan sebagainya. Kita hanya perlu mengubah angka parameter pertama dalam rumus SUBTOTAL sesuai dengan fungsi yang kita inginkan.

Demikianlah contoh dan cara penggunaan rumus SUBTOTAL di Excel. Bagi yang membutuhkan file contoh ini bisa didownload melalui button download di bawah ini:

0 Komentar

Trackbacks/Pingbacks

  1. 4 Contoh Rumus Penjumlahan Excel yang Penting Diketahui di Dunia Kerja - Depot Excel - […] Rumus Excel untuk SUBTOTAL penjumlahan adalah salah satu dari sekian banyak rumus penjumlahan Excel yang digunakan untuk menjumlahkan data…

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Join Our Newsletter