5 Rumus Pembagian Excel yang Wajib Dikuasai Berikut Contohnya

oleh | 28 Apr 2024 | Belajar Excel, Excel Beginner, Excel Elementary, Tips Excel | 0 Komentar

Dalam dunia pengolahan data modern, Excel telah menjadi tonggak utama bagi banyak profesional dan pemula dalam mengelola informasi. Salah satu aspek penting dari penggunaan Excel adalah kemampuan untuk melakukan operasi matematika dasar dengan cepat dan akurat. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi rumus pembagian Excel yang sangat penting untuk dikuasai, mulai dari rumus dasar hingga penggunaan yang lebih canggih.

Rumus pembagian bukan hanya sekadar membagi angka. Mereka adalah alat penting yang memungkinkan kita menghitung rasio, persentase, rata-rata, dan banyak lagi dengan mudah. Kami akan membahas cara menggunakan rumus-rumus ini secara efektif dan bagaimana mereka dapat meningkatkan efisiensi pekerjaan Anda dalam Excel. Jadi, mari kita mulai dengan memahami dasar-dasar dan langkah-langkah praktis yang diperlukan untuk menguasai rumus pembagian Excel.

Pembagian sendiri adalah salah satu operasi matematika dasar yang sering digunakan dalam pengolahan data di Excel. Dengan memahami beberapa rumus pembagian yang penting, Anda dapat mengoptimalkan penggunaan spreadsheet Anda. Berikut adalah 5 rumus pembagian Excel yang wajib diketahui, lengkap dengan cara penggunaannya:

1. Rumus Pembagian Excel Sederhana

Rumus pembagian Excel sederhana menggunakan operator “devide” atau “divisi” atau “garis miring” (/). Misalnya, untuk membagi angka di sel B5 dengan angka di sel C5, Anda dapat menggunakan rumus:

=B5/C5

Rumus ini akan menghasilkan hasil bagi dari pembagian dua angka tersebut.

rumus pembagian excel sederhana

Rumus pembagian Excel menggunakan operator “devide” atau “divisi” atau “garis miring” (/) ini bisa juga digunakan untuk pembagian angka langsung seperti pada contoh tabel di atas, di sel D5 kita bisa mengetikkan rumus: =55/19 dan hasilnya akan sama yakni 2,89.

Baca Juga  Membuat Filter Data Berdasarkan Kriteria di Excel

2. Rumus Pembagian Excel Otomatis

Jika Anda ingin melakukan pembagian otomatis di seluruh baris atau kolom dengan referensi sel relatif seperti pada contoh tabel di atas, Anda dapat menggunakan formula array yang ditulis sekaligus di banyak kolom. Misalnya, jika Anda ingin membagi angka di kolom B dengan angka di kolom C untuk setiap baris, maka caranya adalah blok range D5:D12 kemudian di formula bar ketik rumus berikut:

=B5:B12/C5:C12

Kemudian, karena ini formula array maka untuk mengaplikasikannya pada seluruh data Anda harus mengakhiri penulisan rumusnya dengan menekan Ctrl + Shift dan Enter. Jika benar, maka akan muncul tanda kurung kurawal secara otomatis yang mengapit rumusnya seperti berikut {=B5:B12/C5:C12}. Dan berikut adalah hasilnya:

3. Rumus Excel Pembagian Rata-rata

Pada dasarnya jika Anda ingin menghitung rata-rata sekumpulan angka misalnya 93, 84, 90, 85, 82, 99, 82, 96, Anda cukup menjumlahkannya dan membagi hasilnya dengan banyaknya nilai yang Anda tambahkan sebelumnya: (93 + 84 + 90 + 85 + 82 + 99 + 82 + 96) / 8 = 88,9. Untuk menghitung rata-rata dari sejumlah angka ini ada dua cara yang bisa Anda lakukan. Yang pertama bisa gunakan rumus AVERAGE dengan referensi sel yang sesuai. Misalnya, jika Anda ingin menghitung rata-rata dari angka di kolom C, gunakan rumus berikut di sel C14:

=AVERAGE(C5:C12)

Atau bisa juga dengan menggunakan fungsi SUM berikut:

=SUM(C5:C12)/8

Dan hasilnya akan tetap sama. Berikut adalah hasilnya:

4. Rumus Excel Pembagian Persentase

Untuk menghitung persentase dari suatu nilai terhadap total, Anda dapat menggunakan rumus pembagian dengan faktor 100. Misalnya, jika Anda ingin menghitung persentase dari angka di sel D5 terhadap total angka di sel D8, gunakan rumus:

=(D5/$D$8)*100

Atau bisa juga gunakan rumus persen langsung seperti berikut:

=D5/$D$8*100%

Rumus ini akan memberikan persentase nilai tersebut terhadap total.

Baca Juga  Cara Mudah Memasukkan Digit Angka ke Kolom di Excel Seperti Formulir Bank
PERSENTASE-SUARA-PILPRES-2024

5. Cara Membagi di Excel dengan Pembulatan

Salah satu cara cepat untuk melakukan pembagian di Excel dengan pembulatan adalah dengan menggunakan fungsi =QUOTIENT. Anda hanya perlu menulis rumus pembagian berikut di sel D5:

=QUOTIENT(B5;C5)

dan double klik pada sudut kanan bawah sel atau tarik ke bawah untuk mengisi rumus pada sel-sel di bawahnya secara otomatis. Dan berikut adalah hasilnya:

Dengan memahami dan menguasai rumus pembagian dengan pembulatan di Excel ini, Anda dapat meningkatkan efisiensi dalam mengolah data dan melakukan perhitungan yang akurat sesuai kebutuhan Anda.

Kesimpulan

Dalam perjalanan ini, kita telah menjelajahi dunia rumus pembagian Excel dan mempelajari pentingnya memahami serta menguasai berbagai rumus tersebut. Dari pembagian sederhana hingga penggunaan rumus rata-rata dan persentase, kita telah melihat bagaimana Excel dapat menjadi alat yang kuat dalam mengelola dan menganalisis data.

Pemahaman yang mendalam tentang rumus-rumus ini bukan hanya tentang menghitung angka, tetapi juga tentang mengoptimalkan waktu dan sumber daya dalam pekerjaan sehari-hari. Dengan mengaplikasikan rumus pembagian dengan benar, Anda dapat membuat laporan yang lebih akurat, menghitung rasio kinerja, atau bahkan menghasilkan grafik dan visualisasi data yang informatif.

Jadi, mari manfaatkan kemampuan rumus pembagian Excel ini untuk mengambil langkah lebih jauh dalam pengolahan data. Dengan praktik dan pemahaman yang tepat, Anda akan menjadi ahli dalam menggunakan Excel sebagai alat yang kuat dan efisien dalam pekerjaan Anda. Selamat mengolah data dan berkreasi dengan Excel!

Pranala Luar

File Excel 5 Rumus Pembagian Excel yang Wajib Dikuasai Berikut Contohnya ini bisa Anda download jika memang memerlukannya dengan cara klik tautan di bawah ini:

Atau juga jika ingin mempelajari langkah demi langkahnya secara visual, bisa kunjungi Youtube Channel Depot Excel. Di sana Anda akan melihat bagaimana rumusnya bekerja. Semoga bermanfaat!

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Join Our Newsletter