Rumus untuk Menghitung Tanggal Jatuh Tempo di Excel dengan Cepat dan Akurat

oleh | 7 Mei 2023 | Belajar Excel, Excel Beginner, Excel Best Practices | 0 Komentar

Ada dua cara mudah untuk menetapkan atau menghitung tanggal jatuh tempo di Excel. Dan keduanya masih masuk ke dalam rumus dasar Excel yakni rumus EDATE dan DATE, terserah Anda mau pilih yang mana (senyamannya saja, hehehe). Tapi untuk kali ini kita hanya akan membahas dan membuat contoh penggunaan rumus EDATE untuk menghitung tanggal jatuh tempo kredit.

Pengertian Jatuh Tempo

Sebelum ke pembahasan rumus jatuh tempo, pengertian dari jatuh tempo adalah waktu atau tanggal dimana suatu kewajiban atau utang harus dibayar atau diselesaikan sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati sebelumnya antara pihak-pihak yang terlibat.

Contohnya, jika seseorang meminjam uang dari bank, maka jatuh tempo pinjaman adalah waktu yang telah disepakati dimana peminjam harus membayar kembali pinjamannya beserta bunga yang telah ditetapkan. Jika peminjam tidak membayar pada atau sebelum jatuh tempo, maka ia akan dikenakan denda atau bunga keterlambatan yang lebih tinggi.

Jatuh tempo juga dapat mengacu pada waktu dimana suatu kontrak atau perjanjian berakhir atau harus diperbaharui, seperti kontrak sewa atau kontrak kerja.

Untuk menghitung tanggal jatuh tempo kredit, kita dapat menggunakan rumus Excel yang disebut “EDATE”. Berikut adalah penjelasan dan contoh penggunaan rumus tersebut:

Menghitung Tanggal jatuh Tempo di Excel dengan EDATE

Rumus EDATE pada Excel merupakan alat yang sangat praktis untuk mengelola tanggal dengan mudah. Dengan menggunakan rumus jatuh tempo ini, pengguna dapat menambah atau mengurangi bulan dari tanggal yang ditentukan, memberikan fleksibilitas dalam perencanaan waktu dan jadwal kegiatan.

Baca Juga  Mendalami Fungsi Database di Excel untuk Pengelolaan Data yang Efisien

Format rumus EDATE adalah sebagai berikut:

=EDATE(start_date, months)

Di mana start_date adalah tanggal referensi yang akan dimodifikasi, dan months adalah angka bulan yang ingin ditambahkan (untuk nilai positif) atau dikurangi (untuk nilai negatif). Penggunaan rumus ini sangat bervariasi, mulai dari penghitungan tanggal jatuh tempo pembayaran tagihan hingga pengaturan jangka waktu proyek dengan penyesuaian bulan yang tepat.

Contoh penggunaan rumus jatuh tempo EDATE bisa dilihat dalam berbagai skenario, seperti menentukan tanggal jatuh tempo cicilan pinjaman, menghitung batas waktu pemesanan produk dengan penambahan bulan tertentu, atau merencanakan pengiriman barang dengan estimasi waktu berdasarkan perubahan musim atau bulan tertentu. Dengan kemudahan penggunaannya, rumus EDATE menjadi salah satu fitur yang sering digunakan dalam pengolahan data tanggal di Excel.

Penjelasan Rumus EDATE

Dari rumus EDATE di atas, penjelasan sintaksnya adalah sebagai berikut:

  • Start_date adalah tanggal awal yang dimana dalam contoh tabel di bawah adalah tanggal 01-05-2023 di sel B3
  • Months adalah jumlah bulan yang akan ditambah atau dikurangkan yang dalam hal ini jika mengacu pada contoh tabel di bawah adalah angka 12 di sel C3.

Contoh Penggunaan Rumus EDATE

Misalkan kita memiliki tanggal pencairan kredit pada tanggal 1 Mei 2023 dengan jangka waktu 12 bulan. Sebagai contoh, kita buat dulu contoh tabel seperti berikut ini:

cara menghitung tanggal jatuh tempo di Excel

Jika kita sudah memiliki tabel datanya, maka untuk menghitung tanggal jatuh tempo kredit, kita dapat mengetikkan rumus berikut di sel D3:

=EDATE(B3;C3)

Hasil dari rumus tersebut adalah 1 Mei 2024, yang merupakan tanggal jatuh tempo kredit. Untuk lebih lengkapnya maka hasilnya akan terlihat seperti pada gambar di bawah ini:

contoh rumus menghitung tanggal jatuh tempo di Excel

Dalam contoh-contoh di atas, kita dapat mengganti tanggal awal kredit dan jumlah bulannya sesuai dengan kebutuhan kita.

Baca Juga  Cara Mudah Cek Capaian Target Penjualan Salesman dengan Conditional Formatting

Penutup

Fungsi EDATE pada Microsoft Excel adalah alat yang sangat berguna untuk menghitung tanggal jatuh tempo di Excel dengan efisiensi. Dengan kemampuannya untuk menambahkan atau mengurangi bulan dari tanggal awal yang diberikan, fungsi ini memudahkan pengguna dalam berbagai kegiatan, mulai dari pengaturan jatuh tempo pembayaran hingga perencanaan keuangan yang lebih terstruktur.

Penggunaan fungsi EDATE tidak hanya terbatas pada bisnis atau keuangan, tetapi juga relevan dalam situasi pribadi seperti perencanaan acara atau perhitungan jangka waktu tertentu dalam proyek-proyek yang melibatkan penjadwalan tanggal. Dengan begitu banyaknya aplikasi yang berguna, fungsi EDATE menjadi salah satu fitur yang penting dan sering digunakan dalam pengelolaan data tanggal di Excel.

Pranala Luar

File Excel Rumus untuk Menghitung Tanggal Jatuh Tempo di Excel dengan Cepat dan Akurat ini bisa Anda download jika memang memerlukannya dengan cara klik tautan di bawah ini:

Atau juga jika ingin mempelajari langkah demi langkahnya secara visual, bisa kunjungi Youtube Channel Depot Excel dengan judul video: Rumus Excel Untuk Menghitung Lamanya Tunggakan yang Jatuh Tempo. Di sana Anda akan melihat bagaimana rumusnya bekerja. Semoga bermanfaat!

0 Komentar

Trackbacks/Pingbacks

  1. Panduan Lengkap Membuat Tabel Angsuran Kredit di Excel - […] rumus Excel untuk mengotomatisasi tanggal angsuran. Ini penting karena akan menjadi tanggal jatuh tempo sekaligus pengingat kita untuk jadwal…
  2. Cara Cepat Membuat Keterangan Pinjaman di Excel dengan Menggunakan Macro VBA - Depot Excel - […] yang menunjukkan bahwa pinjaman sudah terlambat. Biasanya, hal ini melibatkan perbandingan antara tanggal pembayaran dan tanggal jatuh tempo. Dalam…

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Join Our Newsletter