Menghitung Penyusutan Aktiva Tetap Metode Angka Tahun

oleh | 7 Jul 2023 | Belajar Excel, Excel Elementary, Excel Intermediate | 0 Komentar

Menghitung penyusutan aktiva tetap metode angka tahun adalah salah satu metode yang umum digunakan untuk menghitung penyusutan aset tetap. Sementara penyusutan aktiva tetap sendiri adalah proses mengalokasikan biaya suatu aset tetap secara teratur selama masa manfaatnya.

Dalam artikel ini, kita akan belajar cara menghitung penyusutan aktiva tetap dengan metode angka tahun menggunakan Excel.

Menghitung penyusutan aktiva tetap metode angka tahun

Untuk menghitung penyusutan aktiva tetap metode angka tahun  langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Langkah pertama adalah mengidentifikasi nilai aktiva tetap yang akan disusutkan. Misalnya, kita memiliki sebuah mobil dengan nilai aset tetap sebesar Rp 100.000.000.
  • langkah kedua adalah memperkirakan nilai sisa dari aktiva tetap itu ketika masa manfatnya telah selesai. Misalnya untuk masa manfaat 5 tahun nilai sisanya adalh Rp 10.000.000
  • Langkah ketiga adalah menentukan masa manfaat aktiva tetap. Misalnya, masa manfaat mobil tersebut adalah 5 tahun.

Dan jika dijabarkan dalam sebuah tabel maka kira-kira beginilah hasilnya:

penyusutan aktiva tetap metode angka tahun

Untuk kolom estimasi masa manfaat, kalimat 5 tahun ini dibuat menggunakan customize format sel ya. Caranya klik kanan sel E7 kemudian pilih format cells.. >> Numbers >> Custom >> di kolom Type: ketik: ### “tahun” >> OK.

metode angka tahun

Menuliskan Rumus Excel

Inti dari rumus yang akan kita gunakan adalah untuk menghitung tingkat penyusutan tahunan. Tingkat penyusutan ini bergantung pada metode yang digunakan. Dalam metode angka tahun, tingkat penyusutan adalah 1/masa manfaat aktiva tetap.

Jadi, dalam contoh ini, tingkat penyusutan per tahun adalah 1/5 atau 0,2. atau dalam bahasa matematika adalah: Jumlah Penyusutan Per Tahun = Nilai Aktiva Tetap × Tingkat Penyusutan

Baca Juga  Cara Mudah Memahami Fungsi DSUM Excel dan Mengeksplorasi Keajaibannya

Dengan begitu, maka fungsi atau rumus yang digunakan di sel C14 adalah sebagai berikut:

=SYD($E$5;$E$6;$E$7;B14)

Jika sudah, salin rumus tersebut ke sel selanjutnya sesuai dengan jumlah tahun yang ada: Misalnya, Anda menghitung penyusutan selama 5 tahun, maka salin rumus tersebut ke 4 sel berikutnya. Dan hasilnya adalah sebagai berikut:

contoh rumus syd di excel

Langkah berikutnya adalah menghitung jumlah penyusutan total (akumulasi penyusutan). Untuk melakukan ini, kita akan menjumlahkan jumlah penyusutan per tahun. Fungsi atau rumus yang digunakan di sel D13 adalah sebagai berikut:

=SUM(C$13:C13)

Kemudian tarik rumus tersebut hingga sel D18, dan hasilnya adalah sebagai berikut:

penyusutan aktiva tetap

Langkah terakhir, untuk memastikan kecocokkan dengan nilai sisa (nilai buku aktiva) kita masukkan rumus berikut di sel E13:

=$E$5-D13

tarik rumus ke bawah hingga sel E18, dan hasilnya adalah sebagai berikut:

penyusutan_aktiva_tetap_metode_angka_tahun_04

Penjelasan Rumus

Penjelasan rumus SYD($E$5;$E$6;$E$7;B13) di Excel adalah sebagai berikut:

  • $E$5 adalah argumen “Cost” atau biaya awal aset atau aktiva yang hendak disusutkan.
  • $E$6 adalah argumen “Salvage” atau nilai sisa atau nilai residu dari aset atau aktiva setelah masa pakai atau umurnya berakhir.
  • $E$7 adalah argumen “Life” atau masa pakai atau umur aset yang hendak disusutkan dalam tahun.
  • B13 adalah argumen “Period” atau periode waktu dalam tahun tertentu dimana ingin mengetahui besarnya penyusutan.

Dengan rumus SYD($E$5;$E$6;$E$7;B13), Excel akan menghitung besarnya penyusutan aset atau properti dalam periode waktu B13 berdasarkan metode saldo tahun tertentu.

Penutup

Dalam artikel ini, kita telah belajar cara menghitung penyusutan aktiva tetap metode angka tahun di Excel. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda akan dapat menghitung penyusutan aset tetap Anda dengan mudah dan akurat. Jika Anda ingin menyusutkan aktiva tetap dengan menggunakan metode garis lurus maka lihat disini. Untuk metode saldo menurun bisa dibaca disini. Dan yang terakhir untuk metode saldo menurun ganda bisa dibaca di sini.

Baca Juga  5 Langkah Mudah Cara Menghitung Margin of Error di Excel

Last but not least, untuk yang membutuhkan file Excel Menghitung penyusutan aktiva tetap metode angka tahun ini silahkan download filenya dengan klik button download di bawah ini:

0 Komentar

Trackbacks/Pingbacks

  1. Menghitung Penyusutan Aktiva Tetap Metode Saldo Menurun - Depot Excel - […] Dengan menggunakan metode saldo menurun di Excel, Anda dapat dengan mudah menghitung penyusutan aktiva tetap dengan cepat dan akurat.…
  2. Menghitung Penyusutan Aktiva Tetap Metode Garis Lurus - Depot Excel - […] Baca Juga  Menghitung Penyusutan Aktiva Tetap Metode Angka Tahun […]
  3. Menghitung Penyusutan Aktiva Tetap Metode Saldo Menurun Ganda - […] aktiva tetap dengan metode lainnya seperti Metode Garis Lurus ada di sini, Metode Angka Tahun ada di sini dan…

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Join Our Newsletter