Penjelasan Rumus INDEX MATCH 2 Kriteria dan Contoh Penggunaannya

oleh | 12 Mar 2024 | Belajar Excel, Excel Beginner, Excel Elementary, Excel Intermediate, Tips Excel | 0 Komentar

Rumus INDEX MATCH 2 kriteria ini sebenarnya bagian dari fungsi lookup data di Excel. Dan bagi yang belum familiar dengan rumus-rumus di Excel pekerjaan lookup data seringkali menjadi tugas yang rumit, terutama ketika Anda perlu mencari data berdasarkan beberapa kriteria.

Bagaimana jika Anda memiliki dataset yang memerlukan pencarian berdasarkan nama lengkap seseorang? Artikel ini akan membahas cara melakukan pencarian dengan kriteria ganda menggunakan kombinasi INDEX/MATCH di Excel.

Contoh Penggunaan Rumus INDEX MATCH 2 Kriteria

Bayangkan Anda memiliki dataset seperti yang ditunjukkan di bawah ini dan Anda ingin mencari nilai untuk ‘Andi Ruswandi’:

Tabel data yang memerlukan Rumus INDEX MATCH 2 Kriteria

Karena data terbagi dalam dua kolom, Anda tidak dapat langsung melakukan pencarian untuk ‘Andi’ dan mendapatkan data yang benar menggunakan rumus INDEX MATCH seperti berikut: =INDEX($D$5:$D$10;MATCH(B13;$B$5:$B$10;0)). Jika Anda melakukannya dengan cara itu, Anda akan mendapatkan data nilai untuk ‘Andi mangkubumi’ bukan ‘Andi Ruswandi’ (karena fungsi MATCH akan memberikan hasil untuk ‘Andi’ yang pertama kali ditemukan).

Rumus INDEX MATCH 2 Kriteria sebelum dijadikan array formula

Salah satu cara untuk mengatasi ini adalah dengan membuat kolom bantu dan menggabungkan nama-nama tersebut. Setelah Anda memiliki kolom bantu, Anda dapat menggunakan VLOOKUP untuk mendapatkan data nilai.

Namun, dengan kombinasi INDEX/MATCH yang sedikit dimodifikasi, Dengan ini Anda tidak perlu kolom bantu. Anda dapat membuat formula yang menangani kriteria ganda dalam formula itu sendiri.

Berikut adalah formula array yang akan memberikan hasil yang diinginkan:

=INDEX(D5:D10;MATCH(B13&C13;B5:B10&C5:C10;0))

Ingat ya, karena ini formula array maka setelah mengetik rumus Excel di atas, akhiri penulisannya dengan menekan Ctrl + Shift dan Enter. Jika benar maka akan ada tanda kurung kurawal yang muncul secara otomatis mengapit rumusnya. Berikut adalah penampakan hasilnya:

Baca Juga  Cara Cepat Memahami Fungsi IF Tunggal Excel dan Juga IF Bertingkat
hasil dari Rumus INDEX MATCH 2 Kriteria

Penjelasan Rumus

Mari kita jelaskan bagaimana formula ini bekerja:
  1. {= ... }: Tanda kurung kurawal di sekitar formula menunjukkan bahwa ini adalah formula array. Formula array memungkinkan Anda untuk melakukan operasi pada beberapa sel secara bersamaan.
  2. INDEX(D5:D10; ... ): Fungsi INDEX digunakan untuk mengembalikan nilai dari sel atau rentang sel tertentu dalam sebuah array. Dalam hal ini, kita ingin mengambil nilai dari rentang sel D5:D10.
  3. MATCH(B13&C13;B5:B10&C5:C10;0): Fungsi MATCH digunakan untuk mencari nilai tertentu dalam rentang sel tertentu, dan mengembalikan posisi pertama dimana nilai tersebut ditemukan. Pada kasus ini, kita mencari kombinasi nilai yang diberikan dari B13 dan C13 di dalam rentang gabungan B5:B10 dan C5:C10.
  • B13&C13: Ini menggabungkan nilai dari sel B13 dan C13. Misalnya, jika B13 berisi “Mark” dan C13 berisi “Long”, maka hasilnya akan menjadi “MarkLong”.
  • B5:B10&C5:C10: Ini menggabungkan nilai dari rentang sel B5:B10 dan C5:C10. Jadi, jika B5 berisi “Mark” dan C5 berisi “Long”, maka hasilnya akan menjadi “MarkLong”.
  1. Jika MATCH menemukan kecocokan, maka ia akan mengembalikan posisi baris pertama di mana kecocokan tersebut ditemukan dalam rentang pencarian.

Jadi, secara keseluruhan, formula ini mencari nilai yang sesuai dengan kombinasi dari nilai di sel B13 dan C13 dalam rentang data yang sesuai di sel B5:B10 dan C5:C10, dan kemudian mengembalikan nilai yang sesuai dari rentang sel D5:D10.

Hal ini memastikan bahwa Anda mendapatkan hasil yang tepat tanpa menggunakan kolom bantu.

Anda dapat melakukan jenis pencarian semacam ini (dimana terdapat beberapa kolom/kriteria) dengan VLOOKUP juga, tetapi Anda perlu menggunakan kolom bantu. Kombinasi INDEX MATCH yang dijadikan formula array membuatnya sedikit lebih mudah untuk melakukannya tanpa menggunakan kolom bantu.

Baca Juga  Membuat Format NPWP di Excel dengan Rumus Sederhana

Dengan memahami teknik ini, Anda dapat mengatasi pencarian yang lebih kompleks dan efisien dalam Excel, membuka pintu untuk analisis data yang lebih mendalam dan tepat.

Penutup

Dengan demikian, kombinasi rumus INDEX MATCH 2 kriteria menjadi solusi yang efektif untuk pencarian data yang lebih kompleks dalam Excel. Meskipun VLOOKUP juga dapat digunakan untuk pencarian semacam ini, penggunaan INDEX/MATCH dalam formula array memberikan keunggulan tanpa memerlukan kolom bantu tambahan.

Dengan pemahaman yang mendalam tentang cara kerja rumus INDEX MATCH 2 kriteria ini, Anda dapat mengatasi tugas lookup data yang rumit dengan lebih efisien. Hal ini membuka peluang untuk melakukan analisis data yang lebih mendalam dan tepat, meningkatkan kualitas pengambilan keputusan berdasarkan data yang akurat dan relevan.

Semoga penjelasan dan contoh penggunaan dalam artikel ini bermanfaat untuk memperluas pemahaman Anda tentang fungsi-fungsi lookup dalam Excel dan meningkatkan produktivitas dalam pekerjaan sehari-hari Anda.

File Download

Untuk yang membutuhkan file contoh Penjelasan Rumus INDEX MATCH 2 Kriteria dan Contoh Penggunaannya di atas, file Excel bisa diunduh melalui tautan berikut:

0 Komentar

Trackbacks/Pingbacks

  1. Menghitung Interval Waktu Pesanan Pelanggan dengan Rumus Excel - […] Excel yang akan kita gunakan di sel H5 ini adalah menggunakan formula array yang terdiri dari fungsi INDEX MATCH…
  2. Menghitung Interval Waktu Pesanan Pelanggan dengan Rumus Excel - Depot Excel - […] Excel yang akan kita gunakan di sel H5 ini adalah menggunakan formula array yang terdiri dari fungsi INDEX MATCH…
  3. Cara Gampang Rekap Omset Penjualan dengan Range Harga di Excel - Depot Excel - […] jual berdasarkan jumlah pembelian yang dicocokkan dengan daftar di range harga. Untuk ini Anda bisa menggunakan rumus INDEX MATCH…

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Join Our Newsletter