Penjelasan Lengkap Fungsi PRODUCT Excel Beserta Contoh Praktis Penggunaan

oleh | 13 Mar 2024 | Belajar Excel, Excel Beginner, Tips Excel | 0 Komentar

Penjelasan lengkap fungsi PRODUCT Excel yang akan kita bahas ini merupakan satu fungsi perkalian yang merupakan fungsi matematika dasar yang disediakan oleh Excel. Fungsi PRODUCT ini sendiri adalah “ibu” dari fungsi Excel lainnya yakni fungsi SUMPRODUCT yang gunanya untuk mengalikan kemudian menjumlahkan sebuah data dalam satu langkah.

Dalam dunia spreadsheet, Microsoft Excel telah menjadi alat yang sangat berguna bagi banyak orang untuk mengelola data, menganalisis informasi, dan membuat perhitungan kompleks secara efisien. Salah satu fungsi yang sering digunakan adalah fungsi PRODUCT.

Dalam artikel ini, kita akan memberikan penjelasan lengkap fungsi PRODUCT Excel yang dalam hal ini menjelaskan secara detail apa itu fungsi PRODUCT di Excel, bagaimana cara menggunakannya, dan memberikan beberapa contoh praktis untuk memperjelas penggunaannya.

Penjelasan Lengkap Fungsi PRODUCT Excel

Fungsi PRODUCT adalah salah satu dari beberapa fungsi matematika dasar yang disediakan oleh Excel. Fungsi ini digunakan untuk mengalikan sejumlah angka bersama-sama. Dengan kata lain, Anda dapat menggunakan fungsi PRODUCT untuk mengalikan beberapa nilai numerik dalam sel atau rentang sel.

Fungsi PRODUCT ini sendiri masuk dalam kelompok Rumus perkalian di Excel yang memiliki kemampuan yang sangat berguna dalam menghitung perkalian data dalam satu range secara efisien. Salah satu keunggulan utamanya adalah kemampuannya untuk mengalikan data dalam range yang terdiri dari sel-sel dalam satu kolom atau baris.

Cara Menggunakan Fungsi PRODUCT

Pertama, mari kita lihat sintaksis dasar dari fungsi PRODUCT:

=PRODUCT(number1, [number2], ...)
  • number1: Ini adalah argumen wajib pertama yang merupakan nilai atau rentang sel yang ingin Anda kalikan.
  • [number2], ...: Ini adalah argumen opsional berikutnya yang dapat Anda tambahkan untuk mengalikan lebih dari dua nilai. Anda dapat menambahkan hingga 255 argumen dalam total.
Baca Juga  Tutorial Lengkap Cara Memfilter Data Piutang Berdasarkan Tanggal Transaksinya di Excel

Contoh Penggunaan Fungsi PRODUCT

Mari kita lihat contoh penggunaan fungsi PRODUCT dengan data sederhana:

Contoh 1: Mengalikan Dua Nilai

Anda memiliki dua angka, 5 dan 7, dan ingin mengalikannya bersama-sama.

=PRODUCT(5; 7)

Hasilnya adalah 35, karena 5 dikalikan dengan 7.

Penjelasan Lengkap Fungsi PRODUCT Excel
Contoh 2: Mengalikan Rentang Sel

Anda memiliki rentang sel A1:A5 yang berisi angka-angka yang ingin Anda kalikan bersama.

=PRODUCT(A1:A5)

Excel akan mengalikan semua angka dalam rentang tersebut bersama-sama.

contoh praktis penggunaan fungsi product Excel

Contoh Penggunaan dalam Kehidupan Nyata

Mari kita lihat beberapa contoh penggunaan fungsi PRODUCT dalam kehidupan nyata:

Contoh 1: Menghitung Total Penjualan

Misalkan Anda memiliki tabel perhitungan gaji dengan nominal berbeda-beda dan dengan jumlah orang yang berbeda pula di beberapa baris dan Anda ingin menghitung total gaji dari masing-masing divisi dengan mengalikan nominal, jumlah bulan, jumlah personil dan persentase yang dibayar.

contoh fungsi product dalam dunia kerja

Maka rumus PRODUCT yang digunakan adalah sebagai berikut:

=PRODUCT(C6:H6)

Dan berikut adalah hasilnya:

fungsi product untuk membuat RAB
Contoh 2: Menghitung Pengembalian Investasi

Jika Anda memiliki data investasi dengan tingkat pengembalian tahunan untuk beberapa tahun berturut-turut, Anda dapat menggunakan fungsi PRODUCT untuk menghitung nilai akhir investasi.

=PRODUCT(C2:C6)

Kesimpulan

Melalui pembahasan dan Penjelasan lengkap fungsi PRODUCT Excel di atas dapat diketahui bahwa fungsi PRODUCT adalah salah satu alat yang sangat berguna dalam Excel karena memungkinkan Anda mengalikan sejumlah angka bersama-sama secara cepat dan efisien. Dengan memahami cara menggunakan fungsi ini dengan baik, Anda dapat melakukan berbagai perhitungan matematika dalam spreadsheet Anda dengan mudah.

Contoh-contoh yang telah dijelaskan di atas memberikan gambaran yang jelas tentang bagaimana fungsi PRODUCT dapat diterapkan dalam berbagai konteks, mulai dari menghitung total penjualan produk hingga mengevaluasi kinerja keuangan perusahaan.

Baca Juga  Menggali Lebih Dalam Manfaat dan Juga 8 File Download Add-In Excel yang Penting di Dunia Kerja

Melalui pemahaman yang lebih mendalam dan penerapan praktis, Anda dapat mengoptimalkan penggunaan fungsi PRODUCT untuk mempercepat proses analisis dan pengambilan keputusan dalam pekerjaan sehari-hari Anda. Semoga penjelasan ini membantu Anda menguasai dan memanfaatkan fungsi PRODUCT dengan lebih efektif dalam lingkungan kerja Anda.

Terakhir, jika Anda kurang begitu puas dengan Penjelasan lengkap fungsi PRODUCT Excel dalam artikel ini, bisa menonton berbagai video yang membahas dan mengaplikasikan fungsi PRODUCT ini di Youtube Channel Depot Excel. Disamping membahas fungsi PRODUCT, di channel Depot Excel tersebut banyak video yang merupakan best practice dan tips Excel yang bisa diaplikasikan di dunia kerja. Tabik!

0 Komentar

Trackbacks/Pingbacks

  1. Mengoptimalkan Penggunaan 4 Rumus Perkalian di Excel - Depot Excel - […] itu, Excel juga menyediakan berbagai variasi rumus perkalian seperti fungsi PRODUCT untuk mengalikan data pada sebuah range atau rentang…

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Join Our Newsletter