1 Menit Mengenal Lebih Dekat Rumus SUMIF Excel

oleh | 21 Apr 2023 | Belajar Excel, Excel Beginner | 0 Komentar

Excel merupakan aplikasi pengolah angka yang sangat populer dan sering digunakan di berbagai bidang, terutama di bidang keuangan, akuntansi, dan bisnis. Salah satu fitur penting adalah fungsi atau rumus SUMIF Excel, yang memungkinkan pengguna untuk menjumlahkan nilai-nilai dalam satu rentang sel berdasarkan kriteria tertentu. Contohnya, Anda dapat menggunakan SUMIF untuk menjumlahkan total penjualan dari produk tertentu dalam suatu periode waktu.

Tutorial rumus SUMIF Excel sangat berguna untuk mengoptimalkan penggunaan aplikasi ini dalam analisis data. Pertama, Anda perlu memahami sintaksis dasar rumus SUMIF, yaitu =SUMIF(range, criteria, sum_range). Range adalah rentang sel yang akan dievaluasi berdasarkan kriteria yang Anda tentukan, sementara criteria adalah kriteria yang harus dipenuhi oleh sel-sel dalam range agar dijumlahkan. Sum_range adalah rentang sel yang akan dijumlahkan nilai-nilainya jika kriteria terpenuhi.

Selain itu, tutorial ini juga mencakup contoh penggunaan rumus SUMIF dalam situasi nyata. Misalnya, Anda dapat menggunakan SUMIF untuk menjumlahkan total pembayaran dari pelanggan yang melakukan pembelian di atas nilai tertentu. Dengan memahami dan menguasai rumus SUMIF, Anda dapat meningkatkan efisiensi dalam melakukan analisis data dan pengolahan informasi di Excel.

Rumus Sumif Excel

Rumus SUMIF Excel adalah alat yang sangat berguna dalam pengolahan data karena memungkinkan pengguna untuk melakukan penghitungan yang spesifik berdasarkan kondisi tertentu. Fungsi ini terdiri dari tiga argumen utama, yaitu rentang sel, kriteria, dan rentang sel yang akan dijumlahkan. Rentang sel mengacu pada area di mana Excel akan mencari nilai-nilai yang memenuhi kriteria yang telah ditentukan.

Kriteria adalah kondisi atau aturan yang harus dipenuhi oleh nilai-nilai dalam rentang sel agar dimasukkan dalam perhitungan. Misalnya, Anda dapat menggunakan kriteria untuk menjumlahkan hanya nilai-nilai yang lebih besar dari 100 atau yang sama dengan “Ya”. Kemudian, hasil perhitungan dari nilai-nilai yang memenuhi kriteria tersebut akan dijumlahkan dan ditampilkan sebagai output dari rumus SUMIF.

Baca Juga  Panduan Lengkap Cara Menghitung Frekuensi Penjualan di Excel

Dengan memahami cara kerja dan penggunaan rumus SUMIF Excel, pengguna dapat dengan mudah melakukan analisis data yang lebih terperinci dan spesifik sesuai dengan kebutuhan mereka. Hal ini membantu dalam meningkatkan efisiensi dan akurasi dalam pengolahan informasi menggunakan Excel.

Format Rumus Sumif

=SUMIF(Range;Criteria;[Sum_Range])
Keterangan
  • Range: rentang sel yang akan diperiksa untuk memenuhi kriteria.
  • Criteria: kriteria yang akan digunakan untuk memeriksa setiap sel dalam Range.
  • Sum_Range: rentang sel yang akan dijumlahkan jika memenuhi kriteria.

Contoh Rumus Sumif

Misalkan Anda memiliki data penjualan produk pada bulan Januari hingga Maret dan Anda ingin menghitung total penjualan produk A. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Buat tabel dengan kolom B (Nama Produk), kolom C (Bulan), dan kolom D (Jumlah). Kemudian untuk tabel dibawahnya buat juga tabel dengan kolom C (Nama Produk) dan kolom D (Jumlah). Isi data pada tabel sesuai dengan contoh di bawah ini:

contoh rumus sumif excel

Maka dengan tabel di atas, untuk mencari jumlah penjualan Produk B, masukkan rumus SUMIF pada sel D15 sebagai berikut:

=SUMIF(B6:B11;C15;D6:D11)

Jika benar, maka hasilnya akan seperti pada gambar di bawah ini:

hasil rumus sumif excel

Keterangan

  • Range: B6:B11, yang merupakan rentang sel kolom A yang akan dijadikan sebagai patokan kriteria.
  • Criteria: sel C15 adalah data (dalam hal ini Produk B) yang merupakan kriteria untuk mencari sel yang berisi “Produk B” di kolom B.
  • Sum_Range: D6:D11, yang merupakan rentang sel kolom D yang akan dijumlahkan jika sel pada rentang Range memenuhi kriteria.

Kesimpulan

Rumus SUMIF adalah fungsi Excel yang sangat berguna dalam menjumlahkan nilai dalam rentang sel yang memenuhi kriteria tertentu. Dengan memahami cara menggunakan rumus ini, Anda dapat mengoptimalkan penggunaan aplikasi Excel untuk mempermudah pekerjaan Anda di bidang keuangan, akuntansi, dan bisnis lainnya. Semoga tutorial ini bermanfaat bagi Anda.

Baca Juga  Cara Mencari Tanggal Terbesar dan Terkecil di Excel Berdasarkan Kriteria Tertentu

File Excel 1 Menit Mengenal Lebih Dekat Rumus SUMIF Excel ini bisa Anda download jika memang memerlukannya dengan cara klik tautan di bawah ini:

Atau juga jika ingin mempelajari langkah demi langkahnya secara visual, bisa kunjungi Youtube Channel Depot Excel dengan judul: Mengenal Fungsi SUMIF dan SUMIFS di Excel. Di sana Anda akan melihat bagaimana rumusnya bekerja. Semoga bermanfaat!

0 Komentar

Trackbacks/Pingbacks

  1. Membuat Pembukuan Keuangan Pribadi di Microsoft Excel - […] yang akan kita gunakan untuk kebutuhan pembuatan pembukuan keuangan pribadi sederhana ini adalah fungsi SUMIF dan fungsi […]
  2. Memahami dan Mengeksplorasi Keajaiban Fungsi DSUM Excel - […] bahwa tabel di atas bisa diselesaikan menggunakan fungsi Excel yang lebih sederhana seperti Fungsi SUMIF, Ya, Benar! Jika tabelnya…
  3. Penjelasan Lengkap 14 Fungsi Excel yang Sering Digunakan di Dunia Kerja - Depot Excel - […] kedua yang merupakan fungsi Excel yang sering digunakan di dunia kerja adalah SUMIF. Fungsi SUMIF Excel digunakan untuk menjumlahkan…
  4. Panduan Praktis dan Lengkap Cara Menghitung Stok Akhir di Excel Beserta File Downloadnya - Depot Excel - […] Excel ini adalah gabungan fungsi SUMIF dengan sel tunggal yang digunakan untuk menghitung stok akhir produk berdasarkan data awal…
  5. Tips Jitu Mengenal dan Belajar Rumus Excel untuk Tes Kerja - Depot Excel - […] Fungsi SUMIF digunakan untuk menjumlahkan angka yang memenuhi kondisi tertentu. Misalnya, jika Anda ingin menjumlahkan semua angka dalam sel…
  6. Cara Gampang Rekap Omset Penjualan dengan Range Harga di Excel - Depot Excel - […] rumus SUMIF untuk menjumlah total penjualan yang ada di tabel Rekap Penjualan Produk Per Bulan untuk masing-masing produknya. Untuk…

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Join Our Newsletter