Mengenal Fungsi Isblank dan Countblank di Excel

oleh | 15 Jun 2023 | Belajar Excel, Excel Beginner | 0 Komentar

Fungsi ISBLANK dan COUNTBLANK merupakan dua fungsi penting di Excel yang berhubungan dengan mengidentifikasi dan menghitung sel kosong di dalam spreadsheet.

Fungsi ISBLANK

Fungsi ISBLANK digunakan untuk mengecek apakah sebuah sel kosong atau tidak. Fungsi ini akan mengembalikan nilai TRUE jika sel kosong, dan FALSE jika tidak. Secara umum, fungsi ISBLANK ditulis sebagai berikut:

=ISBLANK(value)

Keterangan:

  • value: adalah nilai atau referensi sel yang akan diperiksa.

Penggunaan Fungsi ISBLANK

Berikut adalah contoh penggunaan fungsi ISBLANK di Excel. Misalkan kita memiliki data seperti di bawah ini, dan kita ingin mengetahui apakah sel-sel di kolom C pada tabel tersebut kosong atau tidak:

fungsi isblank excel

Untuk mengecek apakah sel-sel di kolom C kosong atau tidak, kita dapat mengetikkan fungsi ISBLANK berikut di sel D3:

=ISBLANK(C3)

Kita dapat menyalin rumus ini ke sel-sel di bawahnya untuk menerapkan rumus yang sama pada seluruh data. Jika sel tersebut kosong maka hasilnya adalah “TRUE” sementara jika ada isinya maka akan bernilai “FALSE”.

contoh penerapan isblank

Atau jika ingin menggunakan parameter logika dengan menambahkan teks “Kosong” dan “Tidak Kosong” maka gunakan rumus sebagai berikut:

=IF(ISBLANK(C3);”Kosong”;”Tidak Kosong”)

Dan hasilnya adalah sebagai berikut:

contoh if dan isblank

Rumus ini akan mengevaluasi nilai di sel C3. Jika nilai tersebut kosong, maka sel E3 akan menampilkan teks “Kosong”. Jika nilai tersebut tidak kosong, maka sel E3 akan menampilkan teks “Tidak Kosong”. Kita dapat menyalin rumus ini ke sel-sel di bawahnya untuk menerapkan rumus yang sama pada seluruh data.

Fungsi COUNTBLANK

Sementara itu, fungsi COUNTBLANK digunakan untuk menghitung jumlah sel kosong di dalam rentang sel yang diberikan. Secara umum, fungsi COUNTBLANK ditulis sebagai berikut:

=COUNTBLANK(range)

Keterangan:

  • range: adalah rentang sel yang akan diperiksa.
Baca Juga  Cara Cepat Menghitung Umur di Excel Secara Detail dengan Rumus Sederhana

Penggunaan Fungsi COUNTBLANK

Berikut adalah contoh penggunaan fungsi COUNTBLANK di Excel. Misalkan kita memiliki data seperti di bawah ini, dan kita ingin menghitung jumlah sel kosong di range C3 sampai dengan E3:

contoh countblank excel

Untuk menghitung jumlah sel kosong di range C3 sampai dengan E3, kita dapat mengetikkan fungsi COUNTBLANK berikut di sel F3:

=COUNTBLANK(C3:E3)

Fungsi ini akan menghitung jumlah sel kosong di sel C3 sampai dengan E3. Kita dapat menyalin rumus ini ke sel-sel di bawahnya untuk menerapkan rumus yang sama pada seluruh data.

Kesimpulan Fungsi ISBLANK dan COUNTBLANK

Dengan menggunakan fungsi ISBLANK dan COUNTBLANK, kita dapat dengan mudah mengidentifikasi dan menghitung sel kosong di dalam spreadsheet, dan melakukan tindakan yang sesuai, seperti memberikan teks atau menghitung jumlah sel kosong. Kedua fungsi ini sangat berguna dalam membantu analisis data yang dilakukan di Excel.

Yang perlu diingat adalah jika fungsi ISBLANK pengaplikasiannya untuk sel maka COUNTBLANK bisa juga digunakan untuk range (misal C3 sampai dengan E3 dengan ditulis C3:E3).

Bagi yang membutuhkan file ini silahkan download file Excel ini dengan cara klik tautan download di bawah ini.

0 Komentar

Trackbacks/Pingbacks

  1. Cara Mudah dan Cepat Menjumlah Omset Antar Divisi di Excel dan Menghitung Persentasenya - Depot Excel - […] Excel yang Anda berikan melibatkan beberapa fungsi seperti INDEX, MATCH, ISBLANK, dan operasi pembagian (/). Mari kita bahas setiap…

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Join Our Newsletter