Cara Penggunaan Rumus LOOKUP untuk Mengambil Data dengan Kata Kunci Parsial di Excel

oleh | 13 Jan 2024 | Belajar Excel, Excel Beginner, Excel Elementary, Tips Excel | 0 Komentar

Microsoft Excel adalah alat luar biasa untuk mengelola dan menganalisis data, tetapi terkadang kita dihadapkan pada tugas yang memerlukan kemampuan mengambil data dengan kata kunci parsial. Salah satu cara efektif untuk melakukan hal ini adalah dengan menggabungkan kekuatan rumus LOOKUP dan SEARCH.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi secara mendalam cara mengambil data di Excel dengan kata kunci parsial menggunakan rumus LOOKUP yang dikombinasikan dengan fungsi SEARCH.

Apa Itu Kata Kunci Parsial

Kata kunci parsial mengacu pada bagian dari kata atau frasa yang digunakan sebagai kriteria pencarian, di mana pencarian tidak harus cocok secara tepat dengan seluruh kata atau frasa tersebut. Sebaliknya, pencarian akan mengembalikan hasil yang mencakup sebagian dari kata atau frasa yang dimasukkan.

Contoh sederhana kata kunci parsial adalah ketika Anda mencari kata “Jakarta” dalam sebuah daftar, dan hasil pencarian mencakup kata-kata seperti “Ibukota Jakarta” atau “DKI Jakarta”. Dalam konteks Excel, penggunaan kata kunci parsial dapat membantu Anda menemukan data yang mirip atau sebagian cocok dengan apa yang Anda cari, memberikan fleksibilitas lebih dalam analisis data.

Dalam rumus Excel yang mencari kata kunci parsial, fungsi SEARCH digunakan untuk mencocokkan bagian dari teks, dan kemudian hasilnya dapat digunakan dalam rumus LOOKUP atau fungsi lainnya untuk mengambil nilai yang sesuai.

Mengenal Lebih Jauh Rumus LOOKUP

Rumus LOOKUP adalah senjata ampuh dalam toolbox Excel untuk pencarian nilai dalam suatu rentang atau array. Meskipun umumnya digunakan untuk pencarian nilai yang tepat, kita dapat memanfaatkannya untuk mencari data berdasarkan kata kunci parsial dengan menyuntikkan sedikit trik menggunakan fungsi SEARCH.

Baca Juga  Cara Membuat Lookup Data Multi Kriteria Mendatar dan Menurun di Excel

Memanfaatkan Fungsi SEARCH untuk Mengambil Data dengan Kata Kunci Parsial

Fungsi SEARCH bekerja dengan mencari teks tertentu dalam teks lain dan mengembalikan posisi karakter pertama dari teks yang dicari. Dengan memahami prinsip ini, kita bisa mencocokkan kata kunci parsial dalam rentang data kita.

Mari kita lihat contoh penggunaan rumus LOOKUP untuk mengambil nilai berdasarkan kata kunci parsial ini. Sebagai contoh kita punya tabel data seperti berikut:

Tabel Mengambil Data dengan Kata Kunci Parsial

Untuk menyelesaikan soal di atas, di sel D12 kita bisa gunakan rumus Excel berikut:

=LOOKUP(9^9;SEARCH(C12;$C$3:$C$8);$D$3:$D$8)

Jika sudah, copy dan paste rumus tersebut ke sel di bawahnya (D13:D17). Dan hasilnya adalah sebagai berikut:

Mengambil Data dengan Kata Kunci Parsial
Penjelasan Rumus

Dalam rumus ini, 9^9 digunakan sebagai nilai maksimum yang dicari, SEARCH(C12; $C$3:$C$8) mencari kata kunci parsial dalam rentang kata kunci, dan $B$1:$B$10 adalah rentang nilai yang akan diambil sebagai hasil pencarian.

Untuk lebih mudah dimengerti akan keseluruhan rumus ini, mari kita jelaskan masing-masing bagian dari formula ini:

1. LOOKUP(9^9;SEARCH(C12;$C$3:$C$8);$D$3:$D$8)

  • LOOKUP: Ini adalah fungsi pencarian nilai di dalam suatu rentang atau array.
  • 9^9: Ini adalah cara untuk mengevaluasi angka sangat besar. Dalam hal ini, digunakan sebagai nilai maksimum yang akan dicari.
  • SEARCH(C12;$C$3:$C$8): Ini adalah fungsi pencarian teks di dalam teks lain. Dalam hal ini, mencari nilai dalam rentang C3:C8 yang sesuai dengan nilai di sel C12.
  • $D$3:$D$8: Ini adalah rentang nilai yang akan diambil sebagai hasil pencarian.

2. C12

  • Ini adalah nilai yang akan dicari di dalam rentang C3:C8 menggunakan fungsi SEARCH.

3. $C$3:$C$8

  • Ini adalah rentang di mana pencarian akan dilakukan, mencari nilai yang cocok dengan nilai di sel C12.
Baca Juga  Membuat Dropdown List Dinamis dengan Data Validation di Excel

4. $D$3:$D$8

  • Ini adalah rentang di mana nilai akan diambil sebagai hasil pencarian yang sesuai.

Jadi, secara keseluruhan, formula ini mencari nilai dalam rentang C3:C8 yang cocok dengan nilai di sel C12 menggunakan fungsi SEARCH, dan kemudian mengembalikan nilai yang sesuai dari rentang D3:D8 menggunakan fungsi LOOKUP. Jika tidak ada nilai yang cocok, maka LOOKUP akan mengembalikan nilai terdekat yang kurang dari atau sama dengan nilai yang dicari.

Penanganan Kasus Tidak Ada Pencocokan

Penting untuk dicatat bahwa jika tidak ada kata kunci yang cocok, LOOKUP akan mengembalikan nilai terdekat yang kurang dari atau sama dengan nilai yang dicari. Oleh karena itu, ketepatan pencarian dan pengelolaan kasus di mana tidak ada pencocokan menjadi kunci utama.

Optimalisasi Pengaturan dan Ketepatan Pencarian

Penting untuk memastikan bahwa data kita diurutkan dengan benar agar rumus LOOKUP dapat bekerja secara optimal. Selain itu, pemahaman yang baik tentang mengambil data dengan kata kunci parsial dan keberlanjutan pencarian akan meningkatkan akurasi hasil.

Kesimpulan

Menggabungkan rumus LOOKUP dengan fungsi SEARCH membuka pintu bagi analisis data yang lebih canggih di Excel. Dengan memahami cara menggunakan rumus ini secara efektif, kita dapat mengatasi tantangan mengambil data dengan kata kunci parsial dengan lebih percaya diri. Artikel ini bertujuan memberikan wawasan yang mendalam tentang teknik pencarian ini, membantu pembaca meningkatkan keterampilan Excel mereka, dan membuat pekerjaan dengan spreadsheet lebih efisien dan produktif. Semoga artikel ini memberikan manfaat dan pemahaman yang lebih baik tentang pengambilan data di Excel dengan kata kunci parsial.

Terakhir, untuk yang membutuhkan file contoh Cara Penggunaan Rumus LOOKUP untuk Mengambil Data dengan Kata Kunci Parsial di Excel di atas, file tersebut bisa diunduh melalui tautan di bawah ini:

Baca Juga  Cara Cepat Mengetahui Jenis Kelamin dari NIK dengan Rumus Excel

Terakhir, jika ingin mempelajari langkah demi langkah tentang Microsoft Excel secara visual, bisa kunjungi Youtube Channel Depot Excel. Di sana Anda akan melihat bagaimana rumus-rumus Excel dan juga tips Excel lainnya bekerja. Semoga bermanfaat!

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Join Our Newsletter