Cara Mencari Tanggal Terbesar dan Terkecil di Excel Berdasarkan Kriteria Tertentu

oleh | 10 Des 2023 | Belajar Excel, Excel Elementary, Excel Intermediate, Tips Excel | 0 Komentar

Dalam dunia yang semakin terhubung dan dipenuhi dengan data, keahlian dalam pengelolaan data menjadi semakin penting. Microsoft Excel, sebagai salah satu alat spreadsheet terkemuka, menawarkan berbagai fungsi canggih, salah satunya adalah kemampuan untuk mencari tanggal terbesar dan terkecil di Excel berdasarkan kriteria tertentu.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi cara mencari tanggal terbesar dan terkecil di Excel dengan langkah-langkah yang mudah diikuti.

Menentukan Kriteria untuk Mencari Tanggal Terbesar dan Terkecil di Excel

Sebelum kita dapat mencari tanggal terbesar dan terkecil di Excel, kita perlu menetapkan kriteria yang ingin kita gunakan. Kriteria ini dapat berupa teks, angka, atau perbandingan tertentu yang akan digunakan sebagai acuan untuk pencarian tanggal.

Sebagai contoh, untuk kriteria kita akan menggunakan nama pelanggan. Untuk lebih jelasnya berikut adalah contoh tabelnya:

contoh tabel untuk mencari tanggal terbesar dan terkecil di Excel

Menggunakan Fungsi IF

Microsoft Excel menawarkan fungsi IF yang sangat berguna untuk memfilter data berdasarkan kriteria tertentu. Misalkan kita memiliki data tanggal di kolom C dan kriteria di kolom B, kita dapat menggunakan rumus berikut di sel F3:

=MAX(IF($B$3:$B$20="$E3";$C$2:$C$20))

Dan untuk mencari tanggal terlama bisa gunakan rumus berikut di sel G3:

=MIN(IF($B$3:$B$20="$E3";$C$2:$C$20))

Pastikan untuk menyesuaikan rentang data sesuai dengan kebutuhan Anda.

Menambahkan Fungsi ISBLANK

Jika kita hanya menggunakan fungsi di atas maka ketika di range E3:E20 kosong maka rumus di atas akan menampilkan tanggal “00 Januari 1900”. Untuk menghindari hal tersebut kita bisa menggunakan fungsi ISBLANK. Dan inilah penampakan rumusnya untuk sel F3:

=IF(ISBLANK($E3);"";MAX(IF($B$3:$B$20=$E3;$C$3:$C$20)))

Dan untuk mencari tanggal terlama bisa gunakan rumus berikut di sel G3:

=IF(ISBLANK($E3);"";MIN(IF($B$3:$B$20="$E3";$C$2:$C$20)))

Menentukan Rentang Data

Penting untuk menentukan rentang data dengan benar agar Excel tahu di mana mencari tanggal terkecil. Sesuaikan rumus dengan rentang data yang sesuai dengan proyek atau pekerjaan Anda.

Baca Juga  3 Cara Menambahkan Angka 0 di Excel Tetap Tampil Meski Ada di Depan

Menyematkan Rumus

Setelah Anda memasukkan rumus-rumus di atas, tekan Ctrl+Shift+Enter (bukan hanya Enter) untuk mengonfirmasi rumus sebagai rumus array. Hal ini memastikan Excel memproses rumus dengan benar.

Contoh Praktis Mencari Tanggal Terbaru

Misalkan Anda memiliki tabel data di atas dan ingin menemukan tanggal terbaru berdasarkan kriteria ‘nama pelanggan’, maka untuk tanggal terbaru di sel F3 formula array yang digunakan adalah:

=IF(ISBLANK($E3);"";MAX(IF($B$3:$B$20=$E3;$C$3:$C$20)))

Tekan Ctrl+Shift dan Enter (bukan hanya Enter). Copy dan paste formula array tersebut ke sel di bawahnya. Dan hasilnya adalah:

cara mencari tanggal terbesar dan terkecil di Excel

Penjelasan Rumus

Formula array Excel ini digunakan untuk mencari nilai maksimum (MAX) dari kolom C yang sesuai dengan kriteria tertentu yang diberikan di kolom B, tetapi dengan pengecualian jika sel di kolom E (pada baris yang sesuai) kosong. Berikut adalah penjelasan rinci:

  1. IF(ISBLANK($E3);""; ...): Ini adalah fungsi IF yang memeriksa apakah sel di kolom E pada baris tertentu kosong. Jika ya, maka hasilnya akan berupa string kosong (“”). Jika tidak, maka perhitungan berlanjut.
  2. MAX(IF($B$3:$B$20=$E3;$C$3:$C$20)): Ini adalah bagian utama dari rumus. Fungsi ini melakukan dua hal:
  • IF($B$3:$B$20=$E3;$C$3:$C$20): Fungsi IF ini membandingkan nilai di kolom B pada baris 3 hingga 20 dengan nilai di sel E pada baris yang sesuai ($E3). Jika nilai di kolom B sama dengan nilai di sel E, maka fungsi mengembalikan nilai di kolom C yang sesuai.
  • MAX(…): Fungsi MAX digunakan untuk mencari nilai maksimum dari hasil yang dikembalikan oleh fungsi IF. Ini mengembalikan nilai maksimum dari kolom C yang sesuai dengan kriteria di kolom B.

Contoh Praktis Mencari Tanggal Terlama

Dan jika ingin menemukan tanggal terlama berdasarkan kriteria ‘nama pelanggan’, maka untuk sel G3 formula array yang digunakan adalah:

=IF(ISBLANK($E3);"";MIN(IF($B$3:$B$20=$E3;$C$3:$C$20)))

Tekan Ctrl+Shift dan Enter (bukan hanya Enter). Copy dan paste formula array tersebut ke sel di bawahnya. Dan hasilnya adalah:

Baca Juga  Belajar Rumus SUMPRODUCT Excel
hasil akhir mencari tanggal terbesar dan terkecil di Excel

Perlu dicatat bahwa ini adalah rumus array, dan untuk mengonfirmasi rumus, Anda perlu menekan Ctrl+Shift+Enter setelah memasukkannya (bukan hanya Enter). Tanda kurung kurawal di awal dan akhir menandakan bahwa ini adalah rumus array.

Penjelasan Rumus

Formula array Excel ini mirip dengan formula sebelumnya, tetapi kali ini digunakan untuk mencari nilai minimum (MIN) dari kolom C yang sesuai dengan kriteria tertentu di kolom B. Mari kita bahas lebih rinci:

  1. IF(ISBLANK($E3);""; ...): Seperti sebelumnya, ini adalah fungsi IF yang memeriksa apakah sel di kolom E pada baris tertentu kosong. Jika ya, maka hasilnya akan berupa string kosong (“”). Jika tidak, maka perhitungan berlanjut.
  2. MIN(IF($B$3:$B$20=$E3;$C$3:$C$20)): Ini adalah bagian utama dari rumus. Fungsi ini melakukan dua hal:
  • IF($B$3:$B$20=$E3;$C$3:$C$20): Fungsi IF ini membandingkan nilai di kolom B pada baris 3 hingga 20 dengan nilai di sel E pada baris yang sesuai ($E3). Jika nilai di kolom B sama dengan nilai di sel E, maka fungsi mengembalikan nilai di kolom C yang sesuai.
  • MIN(…): Fungsi MIN digunakan untuk mencari nilai minimum dari hasil yang dikembalikan oleh fungsi IF. Ini mengembalikan nilai minimum dari kolom C yang sesuai dengan kriteria di kolom B.

Sama seperti sebelumnya, ini adalah rumus array, dan untuk mengonfirmasi rumus, Anda perlu menekan Ctrl+Shift+Enter setelah memasukkannya (bukan hanya Enter). Tanda kurung kurawal di awal dan akhir menandakan bahwa ini adalah rumus array.

Jadi, secara keseluruhan, rumus ini mengembalikan nilai minimum dari kolom C yang sesuai dengan kriteria di kolom B hanya jika sel di kolom E tidak kosong. Jika sel di kolom E kosong, hasilnya akan menjadi string kosong.

Penutup

Dengan menggunakan fungsi IF dan MAX / MIN di Microsoft Excel, mencari tanggal terbesar dan terkecil di Excel berdasarkan kriteria tertentu menjadi lebih mudah dan efisien. Selamat mencoba dan terus eksplorasi kemampuan Excel untuk meningkatkan keterampilan analisis data Anda!

Baca Juga  Cara Menghitung Gaji Harian Karyawan Berdasarkan Jabatannya di Excel

Terakhir, untuk yang membutuhkan file contoh Cara Mencari Tanggal Terbesar dan Terkecil di Excel Berdasarkan Kriteria Tertentu ini, file Excel bisa didownload melalui tautan di bawah ini:

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Join Our Newsletter