Mencari Tahu Arti NIP ASN dengan Rumus Excel untuk Identifikasi Pegawai Negeri

oleh | 25 Mei 2023 | Belajar Excel, Excel Best Practices, Excel Elementary | 2 Komentar

Aparatur Sipil Negara (ASN) merupakan sekelompok tenaga kerja yang bekerja di lembaga pemerintah dan memiliki peran penting dalam menjalankan berbagai fungsi negara. Untuk mengidentifikasi setiap ASN secara unik, NIP (Nomor Induk Pegawai) diberikan kepada setiap individu sebagai identitas resmi mereka. Tapi pernakah kita mencari tahu apa arti NIP ASN dengan deretan nomornya yang panjang itu? NIP ASN menjadi bagian yang sangat penting dalam administrasi kepegawaian dan memiliki berbagai manfaat serta fungsi dalam pengelolaan sumber daya manusia di sektor publik.

Apa Itu NIP ASN / PNS?

Jika Anda bertanya apa itu NIP? NIP adalah Nomor Induk Pegawai yang terdiri dari sejumlah angka yang mengandung informasi penting. Kode-kode tertentu dalam NIP PNS memberikan indikasi mengenai instansi tempat pegawai tersebut bekerja, eselon jabatan, serta informasi lainnya. Dengan demikian, NIP PNS tidak hanya berfungsi sebagai nomor identitas semata, tetapi juga memberikan informasi tentang profil PNS tersebut.

Salah satu manfaat utama NIP PNS adalah sebagai alat untuk melacak dan mencatat riwayat karir seorang pegawai. Dengan NIP PNS, data mengenai pengalaman kerja, promosi jabatan, pendidikan formal, dan pelatihan yang telah diikuti dapat dengan mudah terdokumentasi. Hal ini membantu dalam proses pengambilan keputusan terkait promosi, mutasi, atau penilaian kinerja PNS.

Selain itu, NIP PNS juga berperan dalam memfasilitasi komunikasi antarinstansi dan pemerintah pusat. Dalam banyak kasus, PNS akan bekerja sama dengan berbagai lembaga atau instansi pemerintah lainnya. NIP PNS memungkinkan identifikasi yang cepat dan akurat dari seorang PNS, sehingga memudahkan proses koordinasi dan kolaborasi antara instansi.

Selanjutnya, NIP PNS juga berperan penting dalam pengelolaan data kepegawaian. Sebagai nomor identitas unik, NIP PNS digunakan dalam sistem penggajian, kehadiran, dan manajemen administrasi lainnya. Dengan adanya NIP PNS, pengolahan data menjadi lebih efisien dan akurat. Hal ini juga mendukung transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan negara.

Arti NIP ASN / PNS

Lantas apa arti NIP ASN / PNS itu? Arti NIP PNS terdiri dari serangkaian angka yang memiliki arti dan makna tertentu. Angka-angka dalam NIP mengandung informasi mengenai instansi tempat pegawai tersebut bekerja, eselon jabatan, serta informasi lainnya. NIP memuat kode-kode tertentu yang memberikan identifikasi terhadap PNS dan riwayat karirnya.

Arti NIP ASN/PNS adalah sebagai berikut:

  • Identitas PNS: NIP digunakan untuk mengidentifikasi setiap PNS secara unik. NIP merupakan nomor identitas resmi yang melekat pada seorang pegawai, membedakan mereka dari PNS lainnya.
  • Riwayat Karir: NIP mencakup informasi mengenai riwayat karir seorang PNS, seperti tanggal pengangkatan, promosi jabatan, dan mutasi. Hal ini memudahkan dalam melacak dan mencatat perjalanan karir seorang pegawai.
  • Identifikasi Instansi: NIP juga memberikan informasi mengenai instansi atau lembaga tempat seorang PNS bekerja. Kode tertentu dalam NIP mengidentifikasi unit kerja atau instansi yang bersangkutan.
  • Pengelolaan Data: NIP digunakan dalam pengelolaan data kepegawaian. Nomor ini menjadi kunci dalam sistem penggajian, kehadiran, dan manajemen administrasi PNS. NIP mempermudah pengolahan data secara efisien dan akurat.
  • Komunikasi Antarinstansi: NIP PNS memfasilitasi komunikasi dan kolaborasi antara instansi pemerintah. Identifikasi yang cepat dan akurat melalui NIP memungkinkan koordinasi yang lebih baik antara PNS dari berbagai lembaga atau instansi.
Baca Juga  Cara Membuat Pembukuan Keuangan Pribadi di Microsoft Excel dengan Rumus Sederhana

Secara keseluruhan, NIP memiliki arti penting dalam administrasi kepegawaian PNS. Arti NIP PNS tidak hanya sebagai nomor identitas semata, tetapi juga memberikan informasi tentang profil PNS dan digunakan dalam berbagai proses pengelolaan kepegawaian dan komunikasi antarinstansi.

Mencari Arti NIP dengan Excel

Melihat TMT CPNS

Kita akan mencari tahu arti NIP ASN/PNS untuk informasi yang tidak terlalu rahasia ya yaitu umur, masa kerja, jenis kelamin, tanggal lahir dan TMT CPNS. Dan harap diketahui bahwa NIP yang dijadikan contoh di sini adalah bukan NIP asli dan hanya karangan semata. Dan untuk menghindari adanya kesamaan, contoh NIP sengaja saya setting sudah pensiun.

Langsung saja, pertama kita buat dulu tabel data NIPnya sebagai berikut:

Jika sudah, hal pertama yang akan kita cari tahu adalah TMT CPNS dari NIP yang ada di tabel. Untuk keperluan itu di sel I4 kita ketik rumus Excel sebagai berikut:

=”01″&”-“&(MID(D4;13;2))&”-“&(MID(D4;9;4))

Jika rumus Excel ini diinput dengan benar maka hasilnya adalah “01-12-1985“. Untuk lebih jelasnya lihat tabel hasil di bawah ini:

mencari tahu tmt cpns dari nip

Penjelasan Rumus

Rumus yang digunakan untuk mencari tahu arti NIP ASN/PNS di sini adalah rumus yang fungsinya untuk memformat ulang angka menjadi tanggal yang terdapat dalam sel D4. Penjelasan sederhana dari struktur rumus tersebut adalah sebagai berikut:

  • “01”: Teks “01” digunakan sebagai tanggal tetap yang ingin ditambahkan pada format tanggal. Dalam hal ini, kita mengasumsikan bahwa format tanggal yang diinginkan adalah “01-MM-YYYY” (tanggal 01 dengan bulan dan tahun dari sel D4).
  • “&” : Operator “&” digunakan untuk menggabungkan teks atau nilai. Dalam rumus ini, teks “01” digabungkan dengan tanda “-” yang akan memisahkan antara tanggal, bulan, dan tahun.
  • MID(D4;13;2): Fungsi MID digunakan untuk mengambil sebagian teks dari sebuah sel berdasarkan posisi karakter yang ditentukan. Dalam rumus ini, MID(D4;13;2) mengambil 2 karakter dari teks yang terdapat dalam sel D4, dimulai dari posisi karakter ke-13. Pada umumnya, posisi karakter ke-13 dan ke-14 dalam format tanggal akan mewakili bulan.
  • “&” : Operator “&” digunakan untuk menggabungkan teks atau nilai. Dalam rumus ini, tanda “-” digabungkan dengan hasil dari MID(D4;13;2) untuk memisahkan antara tanggal, bulan, dan tahun.
  • MID(D4;9;4): Fungsi MID sekali lagi digunakan untuk mengambil 4 karakter dari teks yang terdapat dalam sel D4, dimulai dari posisi karakter ke-9. Pada umumnya, 4 karakter dari posisi karakter ke-9 hingga ke-12 dalam format tanggal akan mewakili tahun.
  • “&” : Operator “&” digunakan untuk menggabungkan teks atau nilai. Dalam rumus ini, tanda “-” digabungkan dengan hasil dari MID(D4;9;4) dan MID(D4;13;2) untuk memisahkan antara tanggal, bulan, dan tahun.

Jadi, rumus untuk arti NIP PNS tersebut akan menghasilkan format tanggal yang baru dengan menggunakan tanggal tetap “01” di depan, dan memisahkan tanggal, bulan, dan tahun dengan tanda “-“.

Melihat Tanggal Lahir

Setelah kita tahu TMT CPNS dari NIP di atas, maka sekarang kita akan mencari tahu tanggal lahir pegawai yang bersangkutan. Rumus Excel yang digunakan di sel H4 untuk keperluan ini adalah sebagai berikut:

=(MID(D4;7;2))&”-“&(MID(D4;5;2))&”-“&(MID(D4;1;4))

Dan jika diinput dengan benar maka hasilnya adalah “02-06-1960”. Untuk lebih jelasnya lihat tabel hasil di bawah:

Baca Juga  Panduan Lengkap Cara Menghitung Frekuensi Penjualan di Excel
mengetahui tanggal lahir dari nip

Penjelasan Rumus

Sebenarnya rumus arti NIP ASN/PNS yang digunakan di atas adalah rumus dasar yang fungsinya untuk memformat ulang tanggal yang terdapat dalam sel D4. Penjelasan singkatnya sebagai berikut:

  • MID(D4;7;2): Fungsi MID digunakan untuk mengambil sebagian teks dari sebuah sel berdasarkan posisi karakter yang ditentukan. Dalam rumus ini, MID(D4;7;2) mengambil 2 karakter dari teks yang terdapat dalam sel D4, dimulai dari posisi karakter ke-7. Pada umumnya, posisi karakter ke-7 dan ke-8 dalam format tanggal akan mewakili hari.
  • “&”-“: Operator “&” digunakan untuk menggabungkan teks atau nilai. Dalam rumus ini, teks “-” digabungkan dengan hasil dari MID(D4;7;2) untuk memisahkan tanggal dan bulan.
  • MID(D4;5;2): Fungsi MID kembali digunakan untuk mengambil 2 karakter dari teks yang terdapat dalam sel D4, dimulai dari posisi karakter ke-5. Pada umumnya, posisi karakter ke-5 dan ke-6 dalam format tanggal akan mewakili bulan.
  • “&”-“: Operator “&” kembali digunakan untuk menggabungkan teks atau nilai. Dalam rumus ini, teks “-” digabungkan dengan hasil dari MID(D4;5;2) dan MID(D4;7;2) untuk memisahkan tanggal, bulan, dan tahun.
  • MID(D4;1;4): Fungsi MID sekali lagi digunakan untuk mengambil 4 karakter pertama dari teks yang terdapat dalam sel D4. Pada umumnya, 4 karakter pertama dalam format tanggal akan mewakili tahun.
  • “&”-“: Operator “&” digunakan untuk menggabungkan teks atau nilai. Dalam rumus ini, teks “-” digabungkan dengan hasil dari MID(D4;1;4), MID(D4;5;2), dan MID(D4;7;2) untuk memisahkan tanggal, bulan, dan tahun.

Jadi, rumus arti NIP PNS tersebut akan menghasilkan format tanggal yang baru dengan menggunakan tanda “-” sebagai pemisah antara tanggal, bulan, dan tahun. Misalnya, jika teks dalam sel D4 adalah “196006021985121001”, rumus akan menghasilkan “02-06-1960”.

Melihat Jenis Kelamin Pegawai

Dan untuk kolom ketiga dari kanan ini adalah untuk mencari tahu jenis kelamin pegawai yang bersangkutan. Rumus yang digunakan adalah sebagai berikut:

=IF(MID(D4;15;1)=”1″;”Laki-laki”;”Perempuan”)

Dan tentu karena di sel D4 untuk karakter ke 15 adalah “1” maka bisa dipastikan hasilnya adalah “Laki-laki”. Lihat tabel hasil di bawah ini:

melihat jenis kelamin dari nip

Penjelasan Rumus

Rumus Excel arti NIP ASN/PNS yang digunakan di sini adalah rumus yang fungsinya untuk mengidentifikasi jenis kelamin berdasarkan karakter di posisi ke-15 pada teks yang terdapat dalam sel D4. Jika diuraikan struktur rumusnya adalah sebagai berikut:

  • MID(D4;15;1): Fungsi MID digunakan untuk mengambil sebagian teks dari sebuah sel berdasarkan posisi karakter yang ditentukan. Dalam rumus ini, MID(D4;15;1) mengambil karakter di posisi ke-15 dari teks yang terdapat dalam sel D4.
  • “1”: Angka 1 digunakan sebagai kondisi dalam rumus ini. Jika karakter di posisi ke-15 adalah “1”, maka rumus akan menghasilkan “Laki-laki”. Jika tidak, rumus akan menghasilkan “Perempuan”.
  • IF(MID(D4;15;1)=”1″;”Laki-laki”;”Perempuan”): IF adalah fungsi logika yang digunakan untuk menguji suatu kondisi. Dalam rumus ini, IF menguji apakah karakter di posisi ke-15 adalah “1”. Jika benar, maka rumus akan menghasilkan teks “Laki-laki”. Jika salah, maka rumus akan menghasilkan teks “Perempuan”.

Jadi, rumus tersebut akan menghasilkan “Laki-laki” jika karakter di posisi ke-15 dalam teks di sel D4 adalah “1”, dan akan menghasilkan “Perempuan” jika karakter tersebut bukan “1”.

Melihat Masa Kerja Pegawai

Untuk keperluan ini di sel F4 kita ketik rumus Excel sebagai berikut:

=YEAR(TODAY())-YEAR(I4)&” Tahun”

Dan hasilnya adalah “38 Tahun“. Lihat tabel hasil di bawah ini:

melihat masa kerja dari nip

Penjelasan Rumus

Rumus arti NIP ASN/PNS yang digunakan di sini adalah fungsinya untuk menghitung selisih tahun antara tahun saat ini dan tahun yang terdapat dalam sel I4. Berikut adalah penjelasan langkah demi langkah dari rumus tersebut:

  • YEAR(TODAY()): Fungsi YEAR digunakan untuk mengambil tahun dari suatu tanggal. Dalam rumus ini, YEAR(TODAY()) mengambil tahun saat ini berdasarkan tanggal sistem komputer. TODAY() digunakan untuk mendapatkan tanggal hari ini.
  • YEAR(I4): YEAR digunakan untuk mengambil tahun dari nilai yang terdapat dalam sel I4, yaitu tahun yang ingin kita hitung selisihnya dengan tahun saat ini.
  • YEAR(TODAY()) – YEAR(I4): Rumus ini mengurangkan tahun saat ini dengan tahun yang terdapat dalam sel I4. Hasilnya adalah selisih tahun antara tahun saat ini dan tahun yang ingin kita hitung.
  • & ” Tahun”: Teks ” Tahun” ditambahkan setelah selisih tahun untuk memberikan penjelasan bahwa angka yang ditampilkan adalah dalam satuan tahun.
Baca Juga  3 Cara Mudah Menghitung Rata-Rata Berdasarkan Kriteria di Excel

Jadi, rumus tersebut akan menghasilkan selisih tahun antara tahun saat ini dengan tahun yang terdapat dalam sel I4, kemudian ditambahkan teks ” Tahun” di belakangnya. Contohnya, jika tahun saat ini adalah 2023 dan nilai tahun dalam sel I4 adalah 1985, maka rumus akan menghasilkan “63 Tahun”.

Mencari Tahu Umur Pegawai

Dan yang terakhir adalah mencari tahu umur pegawai saat ini. Rumus yang digunakan adalah sebagai berikut:

=IF(ISBLANK(H4);””;YEAR(TODAY())-YEAR(H4))

Dan hasilnya adalah “63”. Lihat tabel hasil di bawah ini:

mengetahui umur dari nip

Penjelasan Rumus

Rumus arti NIP ASN/PNS yang digunakan adalah fungsinya untuk menghitung usia berdasarkan tanggal lahir yang terdapat dalam sel H4. Mari kita jelaskan rumus tersebut langkah demi langkah:

  • IF(ISBLANK(H4);””;…): IF adalah fungsi logika yang digunakan untuk menguji suatu kondisi. Di dalam rumus ini, IF menguji apakah sel H4 kosong (tidak ada tanggal lahir yang diisi). Jika sel H4 kosong, maka rumus akan menghasilkan teks kosong (“”). Jika sel H4 berisi tanggal lahir, maka rumus akan melanjutkan ke bagian selanjutnya.
  • YEAR(TODAY()): YEAR adalah fungsi yang digunakan untuk mengambil tahun dari suatu tanggal. Di dalam rumus ini, YEAR(TODAY()) mengambil tahun saat ini berdasarkan tanggal sistem komputer.
  • YEAR(H4): YEAR juga digunakan untuk mengambil tahun dari tanggal yang terdapat dalam sel H4, yaitu tanggal lahir.
  • YEAR(TODAY()) – YEAR(H4): Rumus ini mengurangkan tahun saat ini dengan tahun kelahiran. Hal ini akan menghasilkan selisih tahun antara tahun saat ini dengan tahun kelahiran, sehingga memberikan usia.

Jadi, rumus tersebut akan menghasilkan usia berdasarkan perhitungan tahun saat ini dikurangi dengan tahun kelahiran yang terdapat dalam sel H4. Jika sel H4 kosong, maka hasilnya akan menjadi teks kosong (“”).

Penutup

Begitulah kira-kira Cara Mencari Tahu Arti NIP ASN dengan Rumus Excel untuk Identifikasi Pegawai Negeri dari pegawai yang bersangkutan disertai dengan penjelasan dari rumus yang digunakan. Semoga bermanfaat. Dan bagi teman-teman yang ingin menyimpan file contoh Mencari Tahu Arti NIP ASN dengan Rumus Excel untuk Identifikasi Pegawai Negeri ini untuk latihan, file contoh bisa didownload dengan klik button download di bawah ini:

Atau juga jika ingin mempelajari langkah demi langkahnya mencari tahu arti NIP PNS secara visual, bisa kunjungi Youtube Channel Depot Excel dengan judul video: Cara Mencari Tahu Data PNS dari NIP dan NIK dengan Rumus Excel. Di sana Anda akan melihat bagaimana rumusnya bekerja. Semoga bermanfaat!

2 Komentar

  1. M. Sayuti Karim

    ilmuny sangat bermanfaat dan gampang di ikuti

    Balas
    • Wadi

      Terima kasih

      Balas

Trackbacks/Pingbacks

  1. Mengetahui Jenis Kelamin dari NIK - Depot Excel - […] Baca Juga  Mencari Tahu Data Pegawai dari NIP denga Rumus Excel […]

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Join Our Newsletter