Panduan Praktis Membuat Tabel Gaji di Excel Berdasarkan Golongan

oleh | 2 Des 2023 | Belajar Excel, Excel Beginner, Excel Best Practices, Tips Excel | 0 Komentar

Dalam era modern ini, efisiensi dan akurasi dalam pengelolaan sumber daya manusia menjadi kunci keberhasilan perusahaan. Salah satu elemen krusial dalam manajemen sumber daya manusia adalah penggajian, dan membuat tabel gaji di Excel berdasarkan golongan dapat memberikan struktur yang jelas dan transparan.

Dalam artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah terperinci untuk membuat tabel gaji di Excel berdasarkan golongan menggunakan Microsoft Excel, sebuah alat yang kuat dan mudah digunakan.

Menyiapkan Data Karyawan

Langkah pertama dari membuat tabel gaji di Excel adalah mengumpulkan dan menyiapkan data karyawan. Data yang dibutuhkan antara lain golongan, nama pegawai, gaji pokok, tunjangan, transport, pajak, dan faktor-faktor lain yang relevan dengan penentuan golongan gaji. Pastikan data ini terorganisir dengan baik agar memudahkan proses pengelompokan ke dalam golongan yang sesuai.

Berikut adalah contoh tabelnya:

daftar awal membuat tabel gaji di Excel

Menentukan Kriteria Golongan

Berikutnya, tentukan kriteria yang akan digunakan untuk menetapkan golongan. Kriteria ini dapat melibatkan tingkat pendidikan, pengalaman kerja, atau tanggung jawab pekerjaan. Misalnya, karyawan dengan pendidikan sarjana dan pengalaman kerja lebih dari lima tahun dapat masuk ke dalam golongan tertentu. Tentukan batasan dan nilai-nilai yang menjadi parameter pembagian golongan.

Membuat Tabel Referensi Golongan dan Potongan Pajak

Buatlah tabel referensi yang memuat kriteria golongan dan rentang nilai yang sesuai. Tabel ini akan menjadi acuan saat Anda mengelompokkan karyawan ke dalam golongan tertentu dan juga potongan pajaknya. Dengan Excel, Anda dapat dengan mudah membuat tabel referensi ini dan menggunakannya sebagai dasar dalam proses klasifikasi golongan.

Penentuan Gaji Pokok dan Tunjangan

Setelah karyawan terelompok dalam golongan, tentukan rentang gaji pokok dan tunjangan untuk setiap golongan. Anda dapat membuat tabel terpisah yang menggambarkan struktur gaji dengan kolom untuk gaji pokok, tunjangan, dan elemen penggajian lainnya.

Baca Juga  Panduan Lengkap Membuat Tabel Angsuran Kredit di Excel
tabel potongan gaji

Membuat Rumus Pengambilan Gaji Pokok

Selanjutnya, buat rumus untuk mengambil data gaji berdasarkan golongan menggunakan fungsi VLOOKUP di Excel. Rumus ini akan memeriksa nilai kriteria pada data karyawan dan mengelompokkannya ke dalam golongan yang sesuai. Pastikan rumus ini akurat dan memberikan hasil yang diinginkan.

Rumus Excel yang digunakan untuk mengambil gaji pokok berdasarkan golongan di sel E5 adalah:

=VLOOKUP($C5;$C$18:$F$20;2;0)

Copy dan paste rumus tersebut ke sel di bawahnya. Dan hasilnya adalah sebagai berikut:

hitung gaji pokok dengan vlookup

Penjelasan Rumus

Rumus Excel yang ini adalah rumus VLOOKUP yang digunakan untuk melakukan pencarian nilai dalam rentang sel dan mengembalikan nilai terkait dari kolom yang sesuai. Mari kita terjemahkan rumus ini secara rinci:

  1. $C5: Ini adalah nilai yang ingin Anda cari. Pada contoh ini, nilai yang dicari ada di sel C5.
  2. $C$18:$F$20: Rentang sel yang akan dicari. Pada contoh ini, rentang sel adalah dari C18 hingga F20. Rentang ini harus mencakup kolom di mana nilai yang dicari akan ditemukan dan kolom yang akan mengembalikan nilai yang terkait.
  3. 2: Ini adalah nomor kolom dari rentang sel di mana nilai yang terkait akan dikembalikan. Dalam contoh ini, nilai akan dicari di kolom kedua dari rentang sel ($C$18:$F$20).
  4. 0: Parameter ini menentukan jenis pencarian yang akan dilakukan. Angka 0 menandakan pencarian pasti atau eksak, yang berarti Excel akan mencari nilai yang persis sama dengan nilai yang dicari.

Jadi, dengan rumus ini, Excel akan mencari nilai yang ada di sel C5 di dalam rentang sel C18:F20. Jika nilai tersebut ditemukan, rumus akan mengembalikan nilai dari kolom kedua (kolom B) dari baris yang sesuai.

Misalnya, jika nilai di C5 ditemukan di C19, maka nilai yang akan dikembalikan adalah nilai di kolom D (kolom kedua) dan baris tersebut, yaitu nilai di D19.

Untuk kolom tunjangan dan transport, rumus yang digunakan masih sama hanya saja col_index_num-nya digeser ke kolom berikutnya yakni 3 untuk tunjangan dan 4 untuk transport. Berikut adalah penampakan rumusnya:

Baca Juga  Cara Mudah Sembunyikan Baris Otomatis di Excel untuk Setiap Pinjaman Lunas
hitung tunjangan dengan vlookup
hitung transport dengan vlookup

Menjumlahkan Total Gaji

Untuk total gaji, rumusnya sangat sederhana. Cukup gunakan fungsi SUM saja karena pada dasarnya hanya menjumlahkan sel gaji pokok, tunjangan dan transport saja. Dan rumus yang digunakan adalah =SUM(E5:G5) untuk sel H5. Copy paste rumus tersebut ke sel di bawahnya. Dan hasilnya adalah:

hitung total gaji di excel

Mengisi Tabel Potongan Pajak

Untuk menghitung potongan pajak berdasarkan referensi di range H18:J19 (tabel potongan pajak). Ini memastikan bahwa perhitungan pajak dan potongan dilakukan secara otomatis sesuai dengan ketentuan perundangan dan kebijakan perusahaan. Excel dapat digunakan untuk membuat rumus untuk mengambil perhitungan pajak, memastikan keakuratan dalam proses penggajian.

Dan rumus yang digunakan untuk kolom pajak di sel I5 ini adalah:

=HLOOKUP(C5;$H$18:$J$19;2)*E5

Copy dan paste rumus ke sel di bawahnya. Dan hasilnya adalah:

hitung pajak penghasilan dengan hlookup

Penjelasan Rumus

Rumus membuat tabel gaji di Excel ini adalah kombinasi antara fungsi HLOOKUP dan perkalian. Mari kita terjemahkan rumus ini secara rinci:

  1. C5: Ini adalah nilai yang akan digunakan sebagai acuan pencarian dalam baris judul pada rentang tabel. Dalam contoh ini, nilai pencarian berasal dari sel C5.
  2. $H$18:$J$19: Rentang sel yang berisi data tabel. Pada contoh ini, rentang sel adalah dari H18 hingga J19. Rentang ini mencakup baris judul dan data yang terkait.
  3. 2: Ini adalah nomor baris di mana data yang akan dikembalikan terletak. Dalam konteks HLOOKUP, ini adalah baris data yang sesuai dengan nilai pencarian di C5.
  4. E5: Ini adalah nilai yang akan digunakan untuk perkalian. Pada contoh ini, nilai untuk perkalian diambil dari sel E5.

Jadi, secara keseluruhan, rumus ini melakukan hal berikut:

  • Mencari nilai yang sesuai dengan nilai di C5 dalam baris judul rentang H18:J19.
  • Setelah nilai tersebut ditemukan, rumus akan mengambil nilai di baris ke-2 dari kolom tersebut.
  • Nilai yang ditemukan tersebut kemudian dikalikan dengan nilai yang ada di E5.

Jadi, hasil akhir dari rumus ini adalah perkalian antara nilai yang ditemukan dengan HLOOKUP dan nilai di E5.

Baca Juga  Cara Mudah dan Cepat Membuat Kwitansi Excel Otomatis dengan Rumus Sederhana

Hitung Gaji Bersih

Dan yang terakhir adalah menghitung gaji bersih setelah dikurangi potongan pajak. Dan karena hanya melakukan pengoperasian matematika sederhana yakni total gaji dikurangi potongan pajak maka tentu di sel J5 cukup masukkan rumus berikut: =H5-I5 kemudian copy dan paste rumus tersebut ke sel di bawahnya. Maka hasilnya adalah:

hasil membuat tabel gaji di Excel

Langkah Akhir Membuat Tabel Gaji di Excel

Agar lebih mudah dipahami dan digunakan, format dan desain tabel gaji memegang peranan penting. Excel menyediakan berbagai opsi untuk mendesain tabel dengan tata letak yang rapi, pemformatan warna, dan grafik yang dapat memvisualisasikan data dengan baik. Gunakan fitur-fitur ini untuk membuat tabel gaji menjadi lebih menarik dan mudah diakses.

Untuk format tabel tidak harus sama persis seperti contoh di atas. Sesuaikan saja dengan kebutuhan dan budaya kantor Anda.

Proteksi dan Pengamanan Dokumen Excel

Setelah membuat tabel gaji di Excel selesai, pastikan untuk memberikan proteksi dan pengamanan pada dokumen Excel. Ini melibatkan pengaturan kata sandi dan hak akses untuk mencegah perubahan yang tidak sah pada struktur gaji atau data karyawan. Keamanan informasi sangat penting untuk menjaga kerahasiaan dan integritas data.

Uji Coba dan Evaluasi

Sebelum mengimplementasikan tabel gaji secara menyeluruh, lakukan uji coba untuk memastikan bahwa semua rumus dan fungsi berjalan dengan baik. Mintalah masukan dari tim HR atau pihak terkait untuk memastikan bahwa tabel gaji memenuhi kebutuhan perusahaan. Lakukan evaluasi secara berkala untuk memastikan bahwa tabel gaji tetap relevan dan dapat diandalkan.

Kesimpulan

Membuat tabel gaji di Excel berdasarkan golongan di Excel bukan hanya tentang mengorganisir penggajian karyawan, tetapi juga tentang meningkatkan efisiensi dan akurasi dalam pengelolaan sumber daya manusia. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, perusahaan dapat menciptakan sistem penggajian yang terstruktur, transparan, dan mudah dielola, sekaligus memberikan kejelasan kepada karyawan mengenai struktur gaji mereka.

Dan yang terakhir, untuk yang membutuhkan file contoh Panduan Praktis Membuat Tabel Gaji di Excel Berdasarkan Golongan ini, silahkan download filenya melalui tautan di bawah ini:

0 Komentar

Trackbacks/Pingbacks

  1. Cara Sederhana Menghitung Gaji Buruh Harian Lepas dengan Rumus Excel - Depot Excel - […] untuk menghasilkan penghasilan tambahan atau bahkan pekerjaan utama. Bagi buruh harian lepas, menghitung gaji dengan benar adalah langkah penting…
  2. Cara Menghitung Gaji Harian Karyawan Berdasarkan Jabatannya dengan Rumus Excel - Depot Excel - […] menggunakan Excel, cara menghitung gaji harian prosesnya dapat dilakukan dengan lebih efisien dan akurat. Excel menawarkan berbagai fungsi […]
  3. Cara Menghitung Gaji Harian Karyawan Berdasarkan Jabatannya - Depot Excel - […] menggunakan Excel, cara menghitung gaji harian prosesnya dapat dilakukan dengan lebih efisien dan akurat. Excel menawarkan berbagai fungsi […]

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Join Our Newsletter