Cara Mudah Memasukkan Digit Angka ke Kolom di Excel Seperti Formulir Bank

oleh | 26 Mar 2024 | Belajar Excel, Excel Elementary, Excel Intermediate, Tips Excel | 0 Komentar

Memasukkan digit angka ke kolom di Microsoft Excel seperti yang biasa kita lihat pada formulir bank memang diperlukan rumus Excel yang sedikit njelimet. Tapi daripada harus kerja manual terus-terusan bukankah lebih baik berpusing di awal menyusun rumusnya agar kemudian kedepannya pekerjaan itu bisa lebih cepat dan efektif.

Dan berikut adalah contoh rumus Excel untuk memasukkan digit angka ke kolom atau dengan kata lain mempartisi digit angka ke dalam masing-masing kolom di Microsoft Excel. Untuk rumusnya sendiri, kita akan menggunakan fungsi Excel dasar yang cukup familiar bagi pengguna Excel yakni MID dan LEFT yang nantinya akan kita kombinbasikan dengan fungsi COLUMN untuk menghitung kolom dan fungsi SUBSTITUTE untuk mengganti karakter tertentu.

Bagi yang belum paham dengan cara kerja fungsi MID, sintaks dari fungsi MID adalah: MID(text, start_num, num_chars). Jadi, cara menyusun fungsi MID ini urutannya adalah: teks yang akan kita ambil (bisa dalam bentuk sel atau kata/kalimat yang diketik langsung dengan menyertakan simbol “” (contoh: “Microsoft Excel”), kemudian pisahkan dengan simbol “;” atau “,” tergantung preferensi Excel yang Anda pakai. Kemudian urutan karakter yang akan kita ambil (misalnya karakter ke-5) pisahkan lagi dengan “;” atau “,” dan terakhir jumlah digit yang akan kita ambil (misalnya 2 digit). Jadi jika fungsi ini ditulis: =MID(“Microsoft Excel”;6;4) maka hasilnya adalah: soft.

Membuat Tabel Contoh

Untuk memasukkan digit angka ke kolom atau mempartisi digit angka ke dalam masing-masing kolom di Microsoft Excel seperti yang biasa kita lihat pada formulir bank, pertama kita akan membuat tabelnya terlebih dahulu. Dan sebagai contoh, berikut adalah tabel yang bisa kita buat untuk memasukkan digit angka ke kolom di Microsoft Excel:

Baca Juga  Cara Membuat Rumus Terbilang Excel Tanpa Menggunakan Add-Ins
Bagan untuk memasukkan digit angka ke kolom di Excel

Pada tabel pertama adalah tabel awal dimana memuat data berupa No Urut, Nama, dan Tempat Tanggal Lahir. Kemudian di tabel kedua inilah kita akan memisah tempat dan tanggal lahirnya. Untuk tempat akan kita tulis sekaligus dengan menghilangkan tanda “,”, spasi dan tanggal lahirnya. Baru di sel sampingnya kita akan mempartisi tanggal lahir tersebut ke dalam kolom-kolom yang tersedia. masing-masing kolom akan diisi 1 digit berupa angka atau tanda pemisahnya (“-“).

Mengambil Tempat Lahir

Langkah berikutnya adalah mengambil tempat lahir dengan mengabaikan tanda “,”-nya.

Caranya adalah dengan mengetik rumus berikut di sel F3:

=LEFT(D3;FIND(",";D3)-1)

Di sini kita menggunakan fungsi LEFT yang dikombinasikan dengan fungsi FIND untuk mencari tanda “,” sebagai batas pengambilan karakter di sel D3 untuk kemudian batas tersebut dimajukan dengan mengurangi satu karakter.

Copy dan paste rumus tersebut ke sel-sel yang ada di bawahnya. Jika benar, maka berikut adalah hasilnya:

mengambil tempat lahir di Excel

Penjelasan Rumus

Rumus ini digunakan untuk mengambil bagian dari teks di sel D3 yang berisi tempat lahir dalam format “Majalengka, 06-03-1990”. Mari kita bahas bagaimana rumus ini bekerja:

  1. FIND(",", D3): Fungsi FIND digunakan untuk mencari posisi karakter koma (“,”) pertama dalam teks di sel D3. Dalam kasus ini, FIND akan mencari posisi karakter koma dalam teks “Majalengka, 06-03-1990”. Hasilnya adalah posisi karakter koma pertama, yang adalah posisi 10 dalam teks tersebut.
  2. LEFT(D3, FIND(",", D3) - 1): Fungsi LEFT digunakan untuk mengambil bagian kiri dari teks di sel D3 sepanjang jumlah karakter yang ditentukan. Di sini, jumlah karakter yang diambil adalah posisi karakter koma pertama dikurangi satu, yaitu 9 karakter. Sehingga, hasilnya adalah “Majalengka”.

Dengan demikian, rumus ini akan menghasilkan teks “Majalengka” sebagai output, yang merupakan bagian dari tempat lahir yang terletak sebelum karakter koma (“,”) dalam teks tersebut.

Baca Juga  Membuat Rekapitulasi Omset Bulanan atau Juga Rentang Tanggal di Excel

Memasukkan Digit Angka ke Kolom di Microsoft Excel

Langkah terakhir kita akan mengambil tiap digit dari tanggal lahir di sel D3 untuk kita masukkan ke dalam kolom-kolom yang ada di range G3:P3.

Dan rumus yang bisa kita gunakan untuk memasukkan digit angka ke kolom di Microsoft Excel adalah fungsi MID dengan kombinasi LEFT, COLUMN dan SUBSTITUTE. Maka rumus yang bisa ketik di sel G3 adalah sebagai berikut:

=MID(SUBSTITUTE($D3;LEFT($D3;FIND(" ";$D3)););COLUMN(A$1)-0;1)

Copy dan paste rumus tersebut ke sel-sel yang ada disamping dan juga bawahnya. Jika benar maka hasilnya adalah sebagai berikut:

hasil jadi memasukkan digit angka ke kolom di Excel

Penjelasan Rumus

Mari kita bahas secara detail bagaimana rumus ini bekerja dan bagaimana kaitannya dengan memasukkan digit angka ke kolom berupa mengambil digit tanggal lahir dari sebuah teks:

  1. $D3: Ini merujuk ke sel di kolom D dan baris ke-3, yang berisi teks yang ingin kita olah.
  2. LEFT($D3;FIND(" ";$D3)): Ini adalah fungsi yang digunakan untuk mengambil bagian kiri dari teks di sel D3 hingga ditemukannya spasi pertama. Misalnya, jika teks di sel D3 adalah “Majalengka, 06-03-1990”, fungsi ini akan mengambil “Majalengka,” (termasuk koma dan spasi).
  3. SUBSTITUTE($D3;LEFT($D3;FIND(" ";$D3));): Fungsi SUBSTITUTE digunakan untuk mengganti bagian teks yang telah diambil dengan string kosong (“”), sehingga menghapus bagian teks tersebut dari teks asli. Dalam contoh ini, fungsi ini akan menghapus “Majalengka, ” dari teks “Majalengka, 06-03-1990”, sehingga tersisa “06-03-1990”.
  4. MID(...;COLUMN(A$1)-0;1): Fungsi MID digunakan untuk mengambil karakter tengah dari sebuah teks berdasarkan posisi karakter dan jumlah karakter yang diinginkan. Pada rumus ini, kita menggunakan COLUMN(A$1)-0 sebagai posisi karakter. COLUMN(A$1) akan menghasilkan nilai 1, karena A$1 adalah referensi ke kolom A. Pengurangan dengan 0 dilakukan untuk mengubah nilai ini menjadi angka (1 – 0 = 1), yang merupakan posisi karakter yang ingin diambil.

Jadi, keseluruhan rumus ini bekerja dengan mengambil teks tanggal lahir setelah menghapus bagian teks tempat lahir. Output dari rumus ini akan menjadi satu digit dari tanggal lahir tersebut, yang sesuai dengan posisi kolom tempat rumus ini diterapkan. Misalnya, jika rumus ini diterapkan di kolom B, maka hasilnya akan mengambil digit pertama dari tanggal lahir (0 pada contoh “06-03-1990”).

Baca Juga  Cara Mudah Membuat Klasemen Sepak Bola di Excel dengan Rumus Sederhana

Penutup

Dengan mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan di atas, Anda dapat memasukkan digit angka ke kolom atau mempartisi digit angka ke dalam masing-masing kolom di Microsoft Excel dengan lebih efisien. Meskipun rumus Excel untuk melakukan hal ini mungkin terasa sedikit rumit pada awalnya, namun dengan memahami cara kerjanya dan menyusun rumus dengan baik, Anda dapat menghemat waktu dan tenaga dalam jangka panjang.

Jadi, daripada harus melakukan pekerjaan manual yang memakan waktu terus-menerus, lebih baik berinvestasi sedikit waktu di awal untuk menyusun rumus yang tepat. Hal ini akan membuat pekerjaan Anda menjadi lebih cepat dan efektif di masa yang akan datang. Dengan demikian, Anda dapat dengan mudah mengelola data-digit angka dalam kolom-kolom terpisah sesuai kebutuhan Anda.

Jangan ragu untuk menggunakan rumus Excel dasar seperti MID, LEFT, COLUMN, dan SUBSTITUTE dalam kasus seperti ini. Dengan pemahaman yang baik tentang cara kerja fungsi-fungsi tersebut, Anda dapat mengoptimalkan penggunaan Excel untuk memecahkan masalah seperti mempartisi digit angka dengan mudah dan efisien.

Terakhir, bagi Anda yang membutuhkan file Excel Cara Mudah Memasukkan Digit Angka ke Kolom di Excel Seperti Formulir Bank ini, file bisa diunduh melalui tautan di bawah ini:

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah download-1024x272.jpg

Dan untuk tutorial pengisian rumus dalam bentuk visual bisa tonton videonya di channel Youtube @DepotExcel. Semoga bermanfaat!

0 Komentar

Trackbacks/Pingbacks

  1. Cara Memisah Huruf di Excel Per Kolom Seperti pada Formulir Bank - Depot Excel - […] 3: Tulis Rumus ExcelAnda akan menggunakan rumus Excel MID untuk memisahkan huruf-huruf. Rumusnya adalah sebagai […]

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Join Our Newsletter