Cara Cepat Memahami Fungsi FIND dan SEARCH di Excel Dalam 3 Menit

oleh | 13 Jan 2024 | Belajar Excel, Excel Beginner, Tips Excel | 0 Komentar

Microsoft Excel menyediakan berbagai fungsi pencarian yang memungkinkan pengguna mengambil dan memanipulasi data dengan lebih efektif. Dua fungsi pencarian yang sering digunakan adalah fungsi FIND dan SEARCH di Excel. Meskipun keduanya digunakan untuk tujuan serupa, terdapat perbedaan signifikan dalam cara mereka beroperasi. Artikel ini akan membahas perbedaan antara fungsi FIND dan SEARCH di Excel, serta memberikan contoh dan penjelasan untuk memahami kedua fungsi ini lebih baik.

Fungsi FIND di Excel

Fungsi FIND digunakan untuk mencari teks tertentu dalam teks lain dan mengembalikan posisi karakter pertama dari teks yang dicari. FIND bersifat case-sensitive, yang berarti ia membedakan huruf besar dan kecil.

Contoh Penggunaan FIND

Berikut adalah contoh penulisan fungsi FIND:

=FIND("Kunci"; A1)

Rumus ini akan memberikan posisi karakter pertama dari kata “Kunci” dalam sel A1. Jika “Kunci” tidak ditemukan, maka FIND akan mengembalikan nilai kesalahan #VALUE!. Jika pun terdapat kata “kunci” (dengan huruf kecil di depan) itupun akan menampilkan pesan #VALUE!, karena fungsi FIND ini bersifat case sensitive.

contoh fungsi find

Fungsi SEARCH di Excel

Fungsi SEARCH juga digunakan untuk mencari teks dalam teks, namun bersifat case-insensitive, sehingga tidak memperhatikan huruf besar atau kecil.

Contoh Penggunaan SEARCH:

Berikut adalah contoh sederhana penggunaan fungsi SEARCH di Excel:

=SEARCH("Kunci"; A1)

Rumus ini akan memberikan posisi karakter pertama dari kata “Kunci” dalam sel A1, tanpa memperhatikan huruf besar atau kecil. Jika “Kunci” tidak ditemukan, SEARCH akan mengembalikan nilai #VALUE!.

contoh fungsi search

Perbandingan Antara Fungsi FIND dan SEARCH di Excel

1. Sifat Case (Huruf Besar/Kecil):
  • FIND bersifat case-sensitive.
  • SEARCH bersifat case-insensitive.
Baca Juga  Cara Mudah Membuat Klasemen Sepak Bola di Excel dengan Rumus Sederhana
2. Hasil Jika Tidak Ditemukan:
  • FIND mengembalikan #VALUE! jika teks tidak ditemukan.
  • SEARCH mengembalikan nilai yang sesuai dengan pencarian yang tidak berhasil.
3. Aplikasi Penggunaan:
  • Gunakan FIND ketika perlu memperhatikan perbedaan huruf besar dan kecil.
  • Gunakan SEARCH ketika tidak perlu memperhatikan perbedaan huruf besar dan kecil.

Contoh Kasus Penggunaan Bersama

Misalkan kita memiliki teks “Dimana Kunci Lemari Itu?” di sel A1. Jika kita ingin mencari apakah teks di sel B1 mengandung kata “kunci” tanpa memperhatikan huruf besar atau kecil, kita dapat menggunakan rumus:

=IF(ISNUMBER(SEARCH(B1;A1));"Ditemukan";"Tidak Ditemukan")

Rumus ini akan memberikan pesan “Ditemukan” jika kata “kunci” ada dalam sel B1, dan “Tidak Ditemukan” jika sebaliknya.

contoh kombinasi search dan if

Sementara hasil “Tidak Ditemukan” jika menggunakan fungsi FIND karena antara kata “Kunci” di sel A1 berbeda dengan yang ada di sel B1 (“kunci” dengan huruf kecil di depan).

contoh kombinasi find dan if

Kesimpulan

Perbedaan antara fungsi FIND dan SEARCH di Excel memberikan keleluasaan kepada pengguna untuk memilih fungsi yang sesuai dengan kebutuhan pencarian mereka. Pemahaman mendalam tentang sifat-sifat keduanya dapat membantu meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan dan analisis data di Excel. Semoga artikel Cara Cepat Memahami Fungsi FIND dan SEARCH di Excel Dalam 3 Menit ini membantu Anda memahami perbedaan serta menerapkan keduanya secara optimal dalam pekerjaan sehari-hari Anda di Excel.

Terakhir, jika ingin mempelajari langkah demi langkah tentang Microsoft Excel secara visual, bisa kunjungi Youtube Channel Depot Excel. Di sana Anda akan melihat bagaimana rumus-rumus Excel dan juga tips Excel lainnya bekerja. Semoga bermanfaat!

0 Komentar

Trackbacks/Pingbacks

  1. Cara Mengambil Nama Belakang di Excel Menggunakan Formula Sederhana - Depot Excel - […] “;C3): Fungsi FIND digunakan untuk mencari posisi suatu teks tertentu di dalam teks lainnya. Dalam hal ini, FIND(” “,C3)…

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Join Our Newsletter