Contoh Fungsi TEXT di Excel dan Perbedaannya dengan Fungsi REPLACE dan SUBSTITUTE

oleh | 16 Jan 2024 | Belajar Excel, Excel Beginner, Tips Excel | 0 Komentar

Microsoft Excel, sebagai salah satu alat utama untuk pengelolaan dan analisis data, menyediakan sejumlah fungsi yang memudahkan pengguna dalam mengelola teks dan nilai dalam sel. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi perbedaan antara tiga fungsi yang sering digunakan: REPLACE, SUBSTITUTE, dan fungsi TEXT di Excel. Mari kita pelajari masing-masing fungsi secara mendalam bersama contoh penggunaannya.

Fungsi REPLACE Excel

Fungsi REPLACE Exceldigunakan untuk menggantikan sebagian teks dalam sebuah string dengan teks yang baru. Berikut adalah struktur umum dari fungsi REPLACE:

=REPLACE(old_text, start_num, num_chars, new_text)
  • old_text: Teks yang ingin diubah.
  • start_num: Posisi karakter pertama yang akan digantikan.
  • num_chars: Jumlah karakter yang akan digantikan.
  • new_text: Teks pengganti.

Contoh Penggunaan:

=REPLACE(A1;1;6;"Excel")

Hasilnya: “Excel is powerful”

contoh penggunaan fungsi replace excel
Penjelasan Fungsi:

Berikut adalah penjelasan singkatnya:

  • A1: Ini adalah argumen pertama atau teks yang akan diubah. Fungsi akan menggantikan sebagian teks dalam sel A1.
  • 1: Ini adalah argumen kedua atau posisi karakter pertama yang akan digantikan. Dalam contoh ini, karakter pertama pada sel A1 akan digantikan.
  • 6: Ini adalah argumen ketiga atau jumlah karakter yang akan digantikan, dimulai dari karakter pertama. Dalam contoh ini, enam karakter pertama pada sel A1 akan digantikan.
  • “Excel”: Ini adalah argumen keempat atau teks pengganti. Dalam contoh ini, teks “Excel” akan menggantikan enam karakter pertama pada sel A1.

Jadi, fungsi ini secara efektif menggantikan enam karakter pertama pada sel A1 dengan teks “Excel”. Hasilnya akan tergantung pada nilai awal di sel A1 sebelum penggantian. Misalnya, jika A1 awalnya berisi “Contoh Teks”, setelah fungsi dijalankan, nilainya akan menjadi “Excel Teks”.

Baca Juga  Cara Cepat Menghitung Selisih Hari di Excel dan Juga Perhitungan Selisih Jamnya

Fungsi SUBSTITUTE Pada Excel

Fungsi SUBSTITUTE pada Excel digunakan untuk menggantikan semua kemunculan suatu teks dengan teks pengganti tertentu. Struktur umum dari fungsi SUBSTITUTE adalah sebagai berikut:

=SUBSTITUTE(text, old_text, new_text, [instance_num])
  • text: Teks atau sel yang mengandung teks yang ingin diubah.
  • old_text: Teks yang ingin digantikan.
  • new_text: Teks pengganti.
  • [instance_num]: Opsional. Menentukan kemunculan keberapa yang ingin diganti. Jika tidak diisi, semuanya akan diganti.

Contoh Penggunaan:

=SUBSTITUTE(A1&". "&B1; "Google"; "Excel")

Hasilnya: “Excel is powerful. Excel is versatile.”

contoh penggunaan fungsi substitute excel
Penjelasan Fungsi:

Mari kita jelaskan setiap bagian dari fungsi ini:

=SUBSTITUTE(A1&". "&B1;"Google";"Excel")
  • A1&”. “&B1: Ini adalah argumen pertama atau teks sumber. Fungsi akan menciptakan teks baru dengan menggabungkan nilai dari sel A1, diikuti oleh tanda titik dan spasi, dan kemudian nilai dari sel B1.
  • “Google”: Ini adalah argumen kedua atau teks yang ingin digantikan. Dalam contoh ini, fungsi akan mencari setiap kemunculan teks “Google” dalam teks yang dihasilkan dari A1&”. “&B1.
  • “Excel”: Ini adalah argumen ketiga atau teks pengganti. Jika fungsi menemukan kemunculan teks “Google”, maka teks tersebut akan digantikan dengan “Excel”.

Jadi, secara keseluruhan, fungsi ini menciptakan sebuah teks baru dengan menggabungkan nilai dari A1 dan B1, ditambah dengan tanda titik dan spasi di antara keduanya. Selanjutnya, setiap kemunculan teks “Google” dalam teks tersebut akan digantikan dengan teks “Excel”.

Fungsi TEXT di Excel

Fungsi TEXT di Excel digunakan untuk mengubah nilai angka atau tanggal menjadi teks dengan format tertentu. Struktur umum dari fungsi TEXT adalah sebagai berikut:

=TEXT(value, format_text)
  • value: Nilai atau sel yang berisi nilai yang ingin diubah.
  • format_text: Format teks yang diinginkan.
Baca Juga  Cara Mudah Memahami Fungsi DSUM Excel dan Mengeksplorasi Keajaibannya

Contoh Penggunaan:

=TEXT(A1;"dd mmmm yyyy")

Hasilnya: Tanggal dalam format “16 September 1980”.

contoh penggunan fungsi TEXT di Excel
Penjelasan Fungsi:

Mari kita jelaskan setiap bagian dari fungsi tersebut:

=TEXT(A1;"dd mmmm yyyy")
  • A1: Ini adalah argumen pertama atau nilai yang ingin diubah menjadi teks. Fungsi ini akan mengonversi nilai yang terdapat di sel A1 menjadi teks dengan format tertentu.
  • “dd mmmm yyyy”: Ini adalah argumen kedua atau format teks yang diinginkan. Dalam contoh ini, format teks ” dd mmmm yyyy” digunakan. Format ini menentukan bagaimana nilai di sel A1 akan diubah menjadi teks.

Dengan menggunakan format di atas, fungsi ini akan menghasilkan teks yang mewakili nilai di sel A1 dengan format “Tanggal (spasi) Bulan (spasi) Tahun”. Seperti pada contoh, ketika A1 berisi text ’16/09/1980, hasilnya akan menjadi “16 September 1980”. Format “dd” menunjukkan hari, “mmmm” menunjukkan bulan dalam format lengkap, dan “yyyy” menunjukkan tahun.

Perbedaan dan Penggunaan yang Tepat

  • REPLACE: Digunakan untuk mengganti sebagian teks berdasarkan posisi karakter.
  • SUBSTITUTE: Digunakan untuk menggantikan semua kemunculan teks tertentu dengan teks pengganti, memberikan fleksibilitas dalam penggantian umum.
  • TEXT: Digunakan untuk mengubah nilai angka atau tanggal menjadi teks dengan format tertentu.

Kesimpulan

Ketiganya, REPLACE, SUBSTITUTE, dan fungsi TEXT di Excel, merupakan fungsi-fungsi yang berguna untuk manipulasi teks dan nilai dalam Excel. Pemahaman yang baik tentang perbedaan antara fungsi-fungsi ini membantu pengguna Excel mengoptimalkan penggunaan alat ini dalam tugas sehari-hari mereka. Dengan menguasai fungsi-fungsi ini, Anda dapat dengan mudah mengelola dan memanipulasi data teks dan numerik dalam lembar kerja Excel.

Terakhir, jika ingin mempelajari langkah demi langkah tentang Microsoft Excel secara visual, bisa kunjungi Youtube Channel Depot Excel. Di sana Anda akan melihat bagaimana rumus-rumus Excel dan juga tips Excel lainnya bekerja. Semoga bermanfaat!

0 Komentar

Trackbacks/Pingbacks

  1. Cara Membuat Titimangsa di Excel Secara Otomatis dengan Formula Excel Dasar - Depot Excel - […] yang akan digunakan dalam hal ini adalah formula TEXT. Dan untuk mempermudah penjelasan alur formulanya, berikut adalah tabel yang…
  2. Cara Cepat Menghitung Selisih Hari di Excel dan Juga Perhitungan Selisih Jamnya - Depot Excel - […] Rumus ini menggunakan fungsi TEXT untuk memformat durasi waktu dalam format jam, menambahkan nol untuk mengubah teks menjadi angka,…
  3. Cara Buat Invoice di Excel Secara Otomatis dengan Nomor Invoice Ala Tokped - Depot Excel - […] : Bagian ini menggunakan fungsi TODAY() untuk mendapatkan tanggal saat ini, dan fungsi TEXT() untuk mengubahnya menjadi teks dengan…
  4. Memahami Fungsi COLUMN dan Fungsi COLUMNS di Excel Beserta Contoh Penggunaan - Depot Excel - […] juga dapat menggabungkan rumus COLUMN dan SUBSTITUTE dalam rumus yang lebih kompleks. Misalkan Anda memiliki rentang data dari B3…
  5. 3 Cara Menghilangkan Kata di Excel dengan Rumus Sederhana yang Gampang - Depot Excel - […] rumus SUBSTITUTE dan REPLACE berhasil diuji, kita dapat menyalinnya ke seluruh kolom D (atau kolom yang ingin kita gunakan…

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Join Our Newsletter