Penjelasan Lengkap 14 Fungsi Excel yang Sering Digunakan di Dunia Kerja

oleh | 11 Jan 2024 | Belajar Excel, Excel Beginner, Excel Best Practices | 0 Komentar

Microsoft Excel, sebagai software pengolah angka dari Microsoft, telah menjadi sahabat setia para pekerja kantoran dalam mengolah dan menganalisis data. Dengan kemampuannya yang luar biasa, Excel tidak hanya mempermudah perhitungan dasar seperti tambah, kurang, bagi, dan kali, tetapi juga menawarkan berbagai fungsi kompleks yang memudahkan pengguna dalam menjalankan tugas sehari-hari.

14 Fungsi Excel yang Sering Digunakan di Dunia Kerja

Berikut adalah 14 fungsi Excel yang sering digunakan di dunia kerja beserta contoh dan penjelasannya:

1. SUM

Fungsi SUM Excel ini digunakan untuk menjumlahkan angka dalam satu sel atau rentang sel. Sintaksnya sederhana: =SUM(number1;[number2];…]). Contoh penggunaan yang umum adalah =SUM(B2:B6), yang digunakan untuk menjumlahkan nilai dari sel B2 hingga B6.

contoh fungsi sum excel

Fungsi ini sangat berguna untuk perhitungan total, seperti total penjualan, nilai-nilai finansial, atau data numerik lainnya. Dengan SUM, Anda dapat dengan cepat dan mudah menghitung jumlah data dalam satu langkah.

Meskipun rumus yang digunakan sangat sederhana tapi fungsi SUM ini adalah fungsi Excel yang sering digunakan di dunia kerja.

2. SUMIF

Fungsi kedua yang merupakan fungsi Excel yang sering digunakan di dunia kerja adalah SUMIF. Fungsi SUMIF Excel digunakan untuk menjumlahkan sel berdasarkan suatu kriteria tertentu. Sintaksnya adalah =SUMIF(range; criteria; [sum_range]). Contoh penggunaan: =SUMIF(A2:A7;A10;B2:B7), yang akan menjumlahkan nilai dalam sel B2 hingga B7 hanya jika nilai di range A2 hingga A7 sesuai dengan kriteria yang ada di sel A10 .

contoh fungsi sumif excel

Anda juga dapat menentukan rentang sel untuk dijumlahkan dengan menambahkan argumen criteria lain dengan fungsi matematika seperti “>”, “<” atau “=”. Fungsi ini sangat berguna untuk menganalisis dan merangkum data berdasarkan kondisi tertentu.

3. SUMIFS

Fungsi SUMIFS Excel digunakan untuk menjumlahkan sel berdasarkan beberapa kriteria atau kondisi yang berbeda. Sintaksnya adalah SUMIFS(sum_range; criteria_range1; criteria1; [criteria_range2; criteria2]; …).

Contoh penggunaan: =SUMIFS(C2:C7;A2:A7;A10;B2:B7;B10), yang akan menjumlahkan nilai dari sel C2 hingga C7 hanya jika nama produk di sel A2 hingga A7 sesuai dengan yang ada di sel A10 dan nama outlet di sel B2 hingga B7 sesuai dengan kriteria yang ada di sel B10.

Baca Juga  Rumus MIN Excel dan Penggunaannya dalam Pekerjaan Olah Data
contoh fungsi sumifs excel

Dengan SUMIFS, Anda dapat melakukan penjumlahan berdasarkan kondisi-kondisi yang lebih kompleks dan spesifik.

4. IF

Fungsi IF Excel digunakan untuk mengembalikan nilai berdasarkan suatu kondisi yang benar atau salah. Sintaksnya adalah =IF(logical_test; [value_if_true]; [value_if_false]).

Contoh penggunaan: =IF(B2>7000000;"Laku";"Kurang Laku"), yang akan mengembalikan “Laku” jika nilai di sel B2 lebih dari 7.000.000, dan “Kurang Laku” jika tidak memenuhi kondisi tersebut.

contoh fungsi if excel

Fungsi ini memungkinkan Anda membuat keputusan berdasarkan kondisi tertentu dalam spreadsheet Excel.

5. COUNT

Fungsi COUNT Excel digunakan untuk menghitung jumlah sel yang berisi angka dalam suatu rentang. Rumusnya adalah =COUNT(value1; [value2]; …). Contoh penggunaan: =COUNT(A1:A10), yang akan menghitung berapa banyak sel dalam rentang A1 hingga A10 yang berisi angka. Fungsi ini membantu Anda menghitung jumlah data numerik dalam suatu area tanpa memperhatikan nilai atau kriteria tertentu.

6. COUNTA

Fungsi COUNTA Excel digunakan untuk menghitung jumlah sel yang berisi data (baik teks maupun angka) dalam suatu rentang. Rumusnya adalah =COUNTA(value1; [value2]; …). Contoh penggunaan: =COUNTA(A1:A10), yang akan menghitung berapa banyak sel dalam rentang A1 hingga A10 yang berisi data (baik teks maupun angka). Fungsi ini berguna untuk menghitung total sel yang tidak kosong dalam suatu area.

7. COUNTIF

Fungsi penting lainnya yang merupakan fungsi Excel yang sering digunakan di dunia kerja adalah COUNTIF. Fungsi COUNTIF Excel digunakan untuk menghitung jumlah sel dalam suatu rentang yang memenuhi kriteria tertentu. Rumusnya adalah =COUNTIF(range; criteria).

Contoh penggunaan: =COUNTIF(C2:C7;"Laku"), yang akan menghitung berapa banyak sel dalam rentang C2 hingga C7 yang memiliki keterangan “Laku”.

contoh fungsi countif excel

Fungsi ini berguna untuk menghitung frekuensi kemunculan suatu kondisi atau nilai dalam data Anda.

Baca Juga  Membuat Fungsi VLOOKUP Sendiri untuk Cara Mengambil Data Lebih dari Satu Baris

8. COUNTIFS

Fungsi COUNTIFS Excel digunakan untuk menghitung jumlah sel berdasarkan beberapa kriteria atau kondisi yang berbeda. Rumusnya adalah =COUNTIFS(criteria_range1; criteria1; [criteria_range2; criteria2]…).

Contoh penggunaan: =COUNTIFS(C2:C7;"Kurang Laku";B2:B7;"<6000000"), yang akan menghitung berapa banyak sel dalam rentang C2 hingga C7 yang keterangannya “Kurang Laku” dan dengan omset (range B2 hingga B7) kurang dari Rp 6.000.000.

contoh fungsi countifs excel

Fungsi ini memungkinkan Anda untuk melakukan penghitungan dengan kriteria-kriteria yang lebih spesifik dan kompleks.

9. VLOOKUP

Fungsi VLOOKUP Excel digunakan untuk mencari nilai dalam suatu kolom dan mengembalikan nilai yang sesuai dari kolom lain dalam baris yang sama. Rumusnya adalah =VLOOKUP(lookup_value; table_array; col_index_num; [range_lookup]).

Contoh penggunaan: =VLOOKUP(B10;A2:C7;3;0), adalah untuk mencari nilai dalam kolom ketiga (C) pada rentang data A2:C7, berdasarkan nilai yang terdapat di sel B10 (Duku). Argumen “0” pada [range_lookup] yang diisi bisa diganti dengan FALSE yang menandakan pencarian tepat.

contoh fungsi vlookup excel

Jadi, jika nilai yang terdapat di B10 ditemukan di kolom pertama (A) pada rentang data A2:C7, rumus ini akan mengembalikan nilai yang terdapat di kolom ketiga (C) pada baris yang bersesuaian. Jika tidak ada kecocokan, rumus ini akan mengembalikan pesan kesalahan.

10. ROUND

Fungsi kesepuluh yang merupakan fungsi Excel yang sering digunakan di dunia kerja adalah ROUND. Fungsi ROUND Excel digunakan untuk membulatkan angka menjadi jumlah digit desimal tertentu. Rumusnya adalah =ROUND(number; num_digits).

Contoh penggunaan: =ROUND(A1; 2), yang akan membulatkan nilai di sel A1 menjadi dua digit desimal. Fungsi ini membantu menyesuaikan presisi angka sesuai dengan kebutuhan Anda dalam spreadsheet Excel.

11. TRIM

Fungsi TRIM Excel digunakan untuk membersihkan teks dengan menghapus spasi ekstra di antara kata-kata. Rumusnya adalah =TRIM(text).

Contoh penggunaan: =TRIM(" Teks Dengan Spasi "), yang akan menghasilkan “Teks Dengan Spasi”. Fungsi ini berguna untuk membenarkan atau membersihkan teks yang mungkin memiliki spasi berlebihan, sehingga memudahkan dalam pengelolaan data teks di spreadsheet Excel.

Baca Juga  Contoh dan Penjelasan Rumus INDEX MATCH Excel

12. PROPER

Fungsi PROPER Excel digunakan untuk mengubah teks menjadi bentuk Proper Case, yang artinya huruf pertama dari setiap kata akan menjadi huruf besar. Rumusnya adalah =PROPER(text).

Contoh penggunaan: =PROPER("karyawan kantor"), yang akan menghasilkan “Karyawan Kantor”. Fungsi ini membantu menyusun teks agar lebih rapi dan sesuai dengan aturan tata bahasa di dalam spreadsheet Excel.

13. UPPER

Fungsi UPPER Excel digunakan untuk mengubah seluruh teks dalam suatu sel menjadi huruf kapital/upper case (huruf besar semua). Rumusnya adalah =UPPER(text).

Contoh penggunaan: =UPPER("teks huruf kecil"), yang akan menghasilkan “TEKS HURUF KECIL”. Fungsi ini berguna jika Anda ingin konsisten menggunakan huruf besar dalam teks di dalam spreadsheet Excel.

14. LOWER

Fungsi terakhir yang merupakan fungsi Excel yang sering digunakan di dunia kerja adalah LOWER. Fungsi LOWER Excel digunakan untuk mengubah seluruh teks dalam suatu sel menjadi huruf kecil/lower case (huruf kecil semua). Rumusnya adalah =LOWER(text).

Contoh penggunaan: =LOWER("TEKS HURUF BESAR"), yang akan menghasilkan “teks huruf besar”. Fungsi ini berguna jika Anda ingin konsisten menggunakan huruf kecil dalam teks di dalam spreadsheet Excel.

Kesimpulan

Keterampilan mengoperasikan Microsoft Excel adalah suatu keharusan di berbagai bidang pekerjaan. Dengan memahami dan menguasai 14 Fungsi Excel yang sering digunakan di dunia kerja di atas, Anda dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam mengelola data secara efektif. Jangan ragu untuk terus belajar dan eksplorasi fitur-fitur baru yang ditawarkan oleh Microsoft Excel untuk mendukung tugas kantor Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dalam memperluas pengetahuan Anda tentang penggunaan Excel di dunia kerja.

Terakhir, jika ingin mempelajari langkah demi langkah tentang Microsoft Excel secara visual, bisa kunjungi Youtube Channel Depot Excel. Di sana Anda akan melihat bagaimana rumus-rumus Excel dan juga tips Excel lainnya bekerja. Semoga bermanfaat!

0 Komentar

Trackbacks/Pingbacks

  1. Cara Mencegah Tumpang Tindih Data Penerima Bansos dengan Excel - […] rumus Excel yang bisa digunakan untuk keperluan tersebut adalah fungsi SUM yang kita kombinasikan dengan fungsi COUNTIF. Berikut rumus…
  2. 1 Menit Mengenal Lebih Dekat Rumus SUMIF Excel - Depot Excel - […] dalam rentang sel yang memenuhi kriteria tertentu. Dengan memahami cara menggunakan rumus ini, Anda dapat mengoptimalkan penggunaan aplikasi Excel…
  3. 1 Menit Mengenal Lebih Dekat Rumus SUMIFS Excel - Depot Excel - […] Rumus SUMIFS di Excel sangat berguna untuk melakukan perhitungan jumlah data berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Dalam tutorial ini,…

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Join Our Newsletter