Contoh Formula Array sebagai Alternatif Pengganti Fungsi SUMPRODUCT di Excel

oleh | 17 Des 2023 | Belajar Excel, Excel Beginner, Excel Elementary, Tips Excel | 0 Komentar

Dalam dunia spreadsheet, SUMPRODUCT telah menjadi alat yang populer untuk menghitung hasil perkalian dan penjumlahan dari dua atau lebih rentang sel. Namun, dengan kemunculan formula array, kita dapat meningkatkan efisiensi analisis data di Excel. Artikel ini akan membahas tentang pengganti fungsi SUMPRODUCT di Excel sebagai alternatif dalam analisis data.

Mengenal Formula Array Pengganti Fungsi SUMPRODUCT di Excel

Formula array adalah jenis formula di spreadsheet yang dapat bekerja dengan rentang sel secara simultan. Rumus ini memungkinkan kita untuk mengolah data di seluruh rentang, membuat analisis lebih kompleks dan efisien. Dengan menggunakan formula array, kita dapat mengatasi batasan-batasan fungsi-fungsi standar.

Dasar-dasar Formula Array

Formula array diimplementasikan dengan menggunakan tanda kurung kurawal {} di sekitar rentang sel yang ingin diolah. Misalnya, jika kita ingin MENGALIKAN sel di range C3 hingga C11 dengan sel di range D3 hingga D11 seperti pada contoh nota penjualan berikut ini:

tabel untuk formula array sebagai pengganti fungsi SUMPRODUCT di Excel

Kalau melihat tabel di atas, yang pertama terpikir oleh kita mungkin adalah dengan mengetik rumus: =C3*D3 di sel E3 kemudian klik and drag rumusnya ke bawah. Nah, untuk kerja yang lebih efesien sebenarnya kita bisa penggunaan formula array untuk kebutuhan ini.

Caranya adalah blok range E3 sampai E11 kemudian di formula bar kita dapat menuliskan rumus berikut:

=C3:C11*D3:D11

Dan karena ini adalah formula array, maka akhiri penulisan rumusnya dengan menekan Ctrl+Shift dan Enter (tidak hanya Enter). Dan berikut adalah hasil akhirnya:

Baca Juga  Contoh dan Penjelasan Rumus IF, IF AND dan IF OR di Microsoft Excel
formula array sebagai pengganti fungsi SUMPRODUCT di Excel

SUMPRODUCT dan Dasar-dasar Penggunaannya

SUMPRODUCT, sebelumnya menjadi pilihan umum untuk menghitung hasil perkalian dan penjumlahan dari dua rentang sel. Misalnya, untuk menghitung total penjualan dari dua kolom (C dan D), kita dapat menggunakan rumus berikut:

=SUMPRODUCT(C3:C11;D3:D11)
Penjelasan Rumus

Rumus Excel ini digunakan untuk menghitung hasil perkalian dari dua rentang sel (ranges) dan kemudian menjumlahkan hasil-hasil perkalian tersebut.

Mari kita jelaskan komponen-komponen dari rumus tersebut:

  1. C3:C11 dan D3:D11: Ini adalah rentang sel atau kolom-kolom di spreadsheet. Misalnya, C3:C11 dapat berisi sejumlah nilai numerik, dan D3:D11 juga berisi nilai numerik yang sesuai.
  2. SUMPRODUCT: Ini adalah fungsi Excel yang menghitung hasil perkalian dari nilai-nilai di dua rentang sel dan kemudian menjumlahkan hasil-hasil perkalian tersebut.

Dalam rumus =SUMPRODUCT(C3:C11;D3:D11), Excel akan melakukan perkalian antara nilai di sel C3 dengan nilai di sel D3, kemudian mengalikan nilai di C4 dengan nilai di D4, dan seterusnya hingga C11 dan D11. Setelah itu, hasil-hasil perkalian ini akan dijumlahkan.

Dengan demikian, rumus ini memberikan hasil penjumlahan dari semua hasil perkalian antara nilai-nilai di rentang C3:C11 dengan nilai-nilai di rentang D3:D11.

Migrasi ke Formula Array

Formula array menawarkan pendekatan yang lebih singkat dan mudah dimengerti untuk mencapai hasil yang sama. Dalam contoh rumus di atas, kita akan membuat formula array sebagai pengganti fungsi SUMPRODUCT di Excel yang memiliki keuntungan readability dan kemudahan pemahaman yang lebih besar.

Dan formula array pengganti tersebut adalah:

=SUM(C3:C11*D3:D11)

Seperti biasa, karena ini formula array maka akhiri penulisan rumusnya dengan menekan Ctrl+Shift dan Enter (tidak hanya Enter). Dan berikut adalah hasil akhirnya:

Hasil formula array sebagai pengganti fungsi SUMPRODUCT di Excel

Keunggulan Menggunakan Formula Array

  • Simplicity and Readability: Formula array memungkinkan kita untuk menyusun rumus dengan cara yang lebih sederhana dan mudah dimengerti.
  • Fleksibilitas Kriteria: Formula array memberikan kemampuan untuk memanipulasi dan mengolah data dengan kriteria yang lebih fleksibel.
  • Efisiensi Komputasi: Dalam beberapa kasus, formula array dapat lebih efisien secara komputasional daripada SUMPRODUCT.
Baca Juga  Cara Hebat untuk Analisis Penjualan Produk di Excel dengan Formula Array

Penerapan Lain Formula Array

Formula array sebagai pengganti fungsi SUMPRODUCT di Excel yang dapat digunakan dalam berbagai konteks analisis data. Pengguna dapat menjelajahi penggunaan formula array untuk mengatasi berbagai kebutuhan analisis yang kompleks.

Kesimpulan

Dengan menggunakan formula array sebagai pengganti fungsi SUMPRODUCT di Excel, pengguna Excel dapat meningkatkan efisiensi dan kejelasan rumus dalam analisis data mereka. Migrasi dari SUMPRODUCT ke formula array {‘=SUM(C3:C11*D3:D11)’} adalah langkah positif menuju pemrograman spreadsheet yang lebih canggih. Formula array tidak hanya memberikan kemudahan dalam penggunaan, tetapi juga membuka pintu untuk analisis data yang lebih fleksibel dan efisien di Excel.

Terakhir, file Contoh Formula Array sebagai Alternatif Pengganti Fungsi SUMPRODUCT di Excel di atas bisa didownload melalui tautan di bawah ini:

0 Komentar

Trackbacks/Pingbacks

  1. Cara Cepat Menggabungkan Data Tanggal Bulan dan Tahun Sekaligus - Depot Excel - […] menggunakan formula array Excel yang menggunakan fungsi DATEVALUE, kita dapat dengan mudah menggabungkan data dari beberapa kolom […]
  2. Membuat Rekapitulasi Omset Bulanan atau Juga Rentang Tanggal di Excel - Depot Excel - […] Formula array untuk rekapitulasi omset bulanan ini memiliki tujuan untuk mengekstrak nilai dari rentang data (kolom B) berdasarkan tiga…
  3. Cara Membalik Urutan Angka di Excel Menggunakan Array Formula Sederhana - Depot Excel - […] Jika Anda ingin membalik urutan angka dari rentang yang berbeda atau menggunakan sel lain, Anda hanya perlu mengganti referensi…
  4. Cara Filter Data di Excel Berdasarkan Huruf Depannya di Excel dengan Gampang - Depot Excel - […] kita isi dengan formula Array untuk menampilkan nomor urut dari nama-nama yang kita filter. Ingat ya ini formula array…

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Join Our Newsletter