Contoh Penggunaan Rumus IF AND Excel dan Juga IF OR Beserta Penjelasannya

oleh | 1 Nov 2023 | Belajar Excel, Excel Beginner | 0 Komentar

Microsoft Excel adalah salah satu alat spreadsheet yang paling kuat dan serbaguna di dunia. Dengan berbagai fungsi dan rumus yang tersedia, Anda dapat mengelola data dengan lebih efisien, menghitung angka, dan membuat laporan yang sangat rinci. Dua fungsi yang sering digunakan dalam Excel untuk pengambilan keputusan berdasarkan beberapa kondisi adalah IF AND Excel dan IF OR Excel. Dalam artikel ini, kita akan membahas penggunaan kedua rumus tersebut dan memberikan contoh konkretnya.

1. Rumus IF AND Excel

Rumus IF(AND) digunakan ketika Anda ingin menguji beberapa kondisi secara bersamaan dan hanya ingin melakukan tindakan jika semua kondisi terpenuhi. Rumus IF AND Excel ini membantu Anda membuat keputusan yang lebih tepat dengan memeriksa beberapa kondisi secara bersamaan.

Contoh 1: Menentukan Kelulusan Siswa

Misalkan Anda adalah seorang guru atau wali kelas dan Anda ingin memutuskan lulus tidaknya siswa Anda berdasarkan dua kriteria: jika ingin lulus mereka harus memiliki nilai Matematika dan Bahasa Indonesia 70 atau lebih. Jika kurang dari itu tapi masih diatas 60 maka harus remedial. Jika tidak tercapai batas ambang tersebut (kurang dari 60) maka akan dinyatakan tidak lulus. Anda dapat menggunakan rumus IF(AND) untuk melakukan ini:

=IF(AND(E5>=70;F5>=70);"LULUS";IF(AND(E5>=60;F5>=60);"REMEDIAL";"TIDAK LULUS"))
contoh rumus if and excel
Penjelasan Rumus

Rumus di atas adalah rumus Excel yang digunakan untuk menilai apakah seseorang lulus, perlu remedial, atau tidak lulus berdasarkan dua kondisi: nilai dalam sel E5 dan F5. Mari kita jelaskan rumus ini secara detail dan mudah dipahami:

1. =IF(AND(E5>=70, F5>=70), "LULUS", ... Pada bagian ini, kita menggunakan fungsi IF untuk memeriksa apakah kedua kondisi terpenuhi:

  • E5>=70: Ini menguji apakah nilai dalam sel E5 lebih besar atau sama dengan 70.
  • F5>=70: Ini menguji apakah nilai dalam sel F5 lebih besar atau sama dengan 70. Jika keduanya terpenuhi, artinya nilai dalam kedua sel E5 dan F5 sama-sama lebih besar atau sama dengan 70, maka hasilnya adalah “LULUS”. Dengan kata lain, jika seseorang memenuhi kedua syarat ini, maka mereka lulus.
Baca Juga  Cara Praktis Membuat Rumus Menjumlah Total Omset Harian di Microsoft Excel

2. =IF(AND(E5>=60, F5>=60), "REMEDIAL", ... Pada bagian ini, kita menggunakan fungsi IF untuk memeriksa apakah kedua kondisi ini:

  • E5>=60: Ini menguji apakah nilai dalam sel E5 lebih besar atau sama dengan 60.
  • F5>=60: Ini menguji apakah nilai dalam sel F5 lebih besar atau sama dengan 60. Jika kedua kondisi ini terpenuhi, artinya nilai dalam kedua sel E5 dan F5 sama-sama lebih besar atau sama dengan 60, maka hasilnya adalah “REMEDIAL”. Dengan kata lain, jika seseorang tidak mencapai nilai lulus (70) tetapi mencapai nilai minimal (60), maka mereka perlu remedial.

3. =IF(..., ..., "TIDAK LULUS") Pada bagian ini, kita memeriksa kondisi terakhir jika kedua kondisi di atas tidak terpenuhi, yang berarti seseorang tidak mencapai nilai lulus (70) dan juga tidak mencapai nilai minimal remedial (60). Dalam hal ini, hasilnya adalah “TIDAK LULUS”.

Jadi, keseluruhan rumus ini digunakan untuk menentukan status kelulusan berdasarkan dua kondisi yang harus dipenuhi dalam sel E5 dan F5. Jika nilai dalam kedua sel memenuhi syarat kelulusan (70 atau lebih), maka seseorang dinyatakan “LULUS”. Jika nilai dalam kedua sel tidak mencapai kelulusan tetapi memenuhi syarat remedial (60 atau lebih), maka seseorang perlu “REMEDIAL”. Jika kedua kondisi tidak terpenuhi, maka statusnya adalah “TIDAK LULUS”.

2. Rumus IF OR Excel

Rumus IF OR Excel digunakan ketika Anda ingin menguji beberapa kondisi secara bersamaan dan hanya ingin melakukan tindakan jika salah satu dari kondisi tersebut terpenuhi. Ini memungkinkan Anda untuk membuat keputusan yang lebih fleksibel berdasarkan beberapa pilihan.

Contoh 2: Menentukan Kelulusan

Masih menggunakan contoh yang sama tentang kelulusan. Misalkan Anda ingin menentukan kelulusan yang lebih fleksibel berdasarkan beberapa kondisi. Anda ingin menentukan kelulusan jika siswa memiliki nilai Matematika atau Bahasa Indonesia 70 atau lebih. Jika kurang dari itu tapi masih diatas 60 maka harus remedial. Jika tidak tercapai batas ambang tersebut (kurang dari 60) maka akan dinyatakan tidak lulus. Anda dapat menggunakan rumus IF(OR) seperti ini:

=IF(OR(E5>=70;F5>=70);"LULUS";IF(OR(E5>=60;F5>=60);"REMEDIAL";"TIDAK LULUS"))
contoh rumus if or excel
Penjelasan Rumus

Rumus di atas adalah rumus Excel yang digunakan untuk menentukan status kelulusan berdasarkan dua kondisi: nilai dalam sel E5 dan F5. Rumus ini menggunakan fungsi IF(OR) untuk memeriksa apakah salah satu dari kedua kondisi terpenuhi. Mari kita jelaskan rumus ini secara detail dan mudah dipahami:

Baca Juga  Cara Praktis Membuat Absensi Siswa Otomatis di Excel untuk Bulan Berjalan

1. =IF(OR(E5>=70, F5>=70), "LULUS", ...) Pada bagian ini, kita menggunakan fungsi IF untuk memeriksa apakah salah satu dari dua kondisi berikut terpenuhi:

  • E5>=70: Ini menguji apakah nilai dalam sel E5 lebih besar atau sama dengan 70.
  • F5>=70: Ini menguji apakah nilai dalam sel F5 lebih besar atau sama dengan 70. Jika salah satu dari kedua kondisi ini terpenuhi (artinya nilai dalam salah satu dari kedua sel E5 atau F5 lebih besar atau sama dengan 70), maka hasilnya adalah “LULUS”. Dengan kata lain, jika seseorang mencapai setidaknya nilai 70 dalam salah satu dari dua sel ini, maka mereka lulus.

2 =IF(OR(E5>=60, F5>=60), "REMEDIAL", ...) Pada bagian ini, kita menggunakan fungsi IF untuk memeriksa apakah salah satu dari dua kondisi berikut terpenuhi:

  • E5>=60: Ini menguji apakah nilai dalam sel E5 lebih besar atau sama dengan 60.
  • F5>=60: Ini menguji apakah nilai dalam sel F5 lebih besar atau sama dengan 60. Jika salah satu dari kedua kondisi ini terpenuhi (artinya nilai dalam salah satu dari kedua sel E5 atau F5 lebih besar atau sama dengan 60), maka hasilnya adalah “REMEDIAL”. Dengan kata lain, jika seseorang tidak mencapai nilai lulus (70) tetapi mencapai nilai minimal remedial (60) dalam salah satu dari dua sel ini, maka mereka perlu remedial.

3. =IF(..., ..., "TIDAK LULUS") Pada bagian ini, kita memeriksa kondisi terakhir jika kedua kondisi di atas tidak terpenuhi, yang berarti seseorang tidak mencapai nilai lulus (70) atau nilai minimal remedial (60) dalam kedua sel E5 dan F5. Dalam hal ini, statusnya adalah “TIDAK LULUS”.

Jadi, keseluruhan rumus ini digunakan untuk menentukan status kelulusan berdasarkan dua kondisi yang harus dipenuhi dalam sel E5 dan F5. Jika nilai dalam salah satu dari dua sel memenuhi syarat kelulusan (70 atau lebih), maka seseorang dinyatakan “LULUS”. Jika nilai dalam salah satu dari dua sel tidak mencapai kelulusan tetapi memenuhi syarat remedial (60 atau lebih), maka seseorang perlu “REMEDIAL”. Jika kedua kondisi tidak terpenuhi dalam kedua sel, maka statusnya adalah “TIDAK LULUS”.

Baca Juga  Panduan Lengkap: Cara Membuat Conditional Formatting Angka di Excel

Kesimpulan

Dengan penggunaan yang bijak, rumus IF AND dan IF OR Excel dapat membantu Anda mengotomatisasi pengambilan keputusan berdasarkan berbagai kondisi, meningkatkan efisiensi, dan menghindari kesalahan manusia. Seiring dengan contoh-contoh di atas, Anda dapat mengadaptasi dan menggabungkan rumus ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengelola data dan membuat laporan yang lebih rinci.

Untuk yang membutuhkan file ini, bisa didownload di:

0 Komentar

Trackbacks/Pingbacks

  1. Panduan Praktis Menghitung Umur Piutang dengan Microsoft Excel - […] dan seterusnya. Gunakan fungsi IF untuk menentukan kategori berdasarkan selisih waktu. Dan fungsi IF yang akan kita gunakan di…
  2. Optimalkan Pengambilan Keputusan dengan Fungsi Logika di Excel - […] menggunakan fungsi IF, profesional di berbagai industri dapat membuat keputusan berdasarkan kondisi logika, memungkinkan […]
  3. Contoh dan Penjelasan Rumus IF, IF AND dan IF OR di Microsoft Excel - Depot Excel - […] Berikut adalah contoh penggunaan rumus IF AND Excel: […]

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Join Our Newsletter