Cara Mudah Sembunyikan Baris Otomatis di Excel untuk Setiap Pinjaman Lunas

oleh | 16 Des 2023 | Belajar Excel, Excel Advanced, Excel Intermediate, VBA Macro | 0 Komentar

Microsoft Excel menyediakan berbagai fitur untuk mempermudah pengolahan data, dan salah satu fungsi yang berguna adalah sembunyikan baris otomatis di Excel untuk kondisi tertentu yang dalam hal ini untuk setiap pinjaman lunas. Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan cara sembunyikan baris otomatis di Excel ketika pinjaman nasabah telah “Lunas”.

Sebagai contoh, berikut adalah tabel data yang berisi Nama Nasabah, Plafond Pinjaman, Tanggal Jatuh Tempo dan Keterangan Pinjaman.

tabel_data_untuk_sembunyikan baris otomatis di Excel

Dan ketika di kolom “Keterangan” terisi kata “Lunas” maka akan secara otomatis baris tersebut akan disembunyikan. Bagaimana caranya? Yuk diikuti langkah-langkahnya.

Membuat Filter

Hal pertama sebelum berangkat lebih jauh, kita munculkan dulu tool filter pada header table-nya. Caranya block range B2:E2 kemudian pergi ke tab “Data” kemudian klik “Filter”

filter_status_pinjaman

Menulis Script VBA untuk Sembunyikan Baris Otomatis di Excel

Langkah berikutnya adalah menulis script VBA yang nantinya akan mengeksekusi perintah untuk menyembunyikan baris secara otomatis ketika di kolom keterangan tertulis “Lunas”. Tekan ALT + F11 untuk membuka editor VBA. Atau bisa juga dengan klik tab “Developer” kemudian pilih “Visual Basic” dan tulis script VBA berikut di sheet di mana table pinjaman disimpan:

Option Explicit

Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
    With Target
        If .Cells.Count = 1 Then
            If .Row > 1 And .Column = 5 Then
                If .Value = "Lunas" Then
                    .EntireRow.Hidden = True
                End If
            End If
        End If
    End With
End Sub

Simpan perubahan dengan menekan Ctrl + S. Kemudian tutup editor VBA untuk kembali ke lembar kerja Excel.

Baca Juga  Belajar Rumus VLOOKUP Excel dan Tips Tingkat Lanjut
script_vba_status_pinjaman

Penjelasan Script VBA

Script VBA di atas adalah bagian dari Microsoft Excel dan digunakan dalam konteks worksheet. Ini adalah bagian dari event handler yang disebut “Worksheet_Change.” Ketika ada perubahan di lembar kerja (worksheet), event ini dipicu dan memanggil kode VBA yang terkandung di dalamnya.

Mari kita bahas bagian per bagian:

Option Explicit
  • Ini adalah pernyataan opsional tetapi sangat baik untuk dimiliki. Ini memaksa deklarasi variabel sebelum penggunaannya. Dengan kata lain, setiap variabel harus dideklarasikan sebelum digunakan.
Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
  • Ini adalah deklarasi dari prosedur (sub) yang akan dijalankan ketika ada perubahan di lembar kerja (worksheet). Target adalah parameter yang mewakili rentang (range) yang berisi sel atau sel-sel yang berubah.
With Target
  • Ini memulai blok “With…End With”, yang memungkinkan Anda menyusun beberapa pernyataan yang berlaku untuk objek tertentu tanpa harus menyebutkan objek tersebut berulang kali. Dalam hal ini, objeknya adalah Target, yaitu rentang sel yang berubah.
If .Cells.Count = 1 Then
  • Ini memeriksa apakah hanya satu sel yang berubah. Jika ya, maka blok pernyataan di dalamnya akan dieksekusi.
If .Row > 1 And .Column = 5 Then
  • Ini memeriksa apakah sel yang berubah berada di atas baris pertama dan di kolom kelima (kolom E). Jika kondisi ini terpenuhi, maka kode di dalamnya akan dijalankan.
If .Value = "Lunas" Then
  • Ini memeriksa apakah nilai dari sel yang berubah adalah “Lunas”.
.EntireRow.Hidden = True
  • Jika nilai sel adalah “Lunas”, maka seluruh baris (entire row) dari sel tersebut akan disembunyikan (hidden).
End If
  • Mengakhiri blok pernyataan If.
End If
  • Mengakhiri blok pernyataan If yang sebelumnya.
End With
  • Mengakhiri blok “With…End With” yang dimulai sebelumnya.
Baca Juga  Cara Meranking Siswa di Excel dengan Adil dan Proporsional dengan Rumus Sederhana

Jadi, keseluruhan skrip ini berfungsi untuk menyembunyikan seluruh baris di worksheet jika nilai di kolom kelima dari sel yang diubah adalah “Lunas”.

Membuat Dropdown List (Opsional)

Langkah berikutnya adalah membuat dropdown list di range E3:E18. Sebenarnya langkah ini opsional ya. Bisa di-skip jika dirasa tidak begitu penting. Intinya, guna dari dropdown list ini adalah untuk memberi pilihan kata “Lunas” dan “Belum Lunas” tanpa harus mengetik secara manual.

Caranya adalah blok range E3:E18 kemudian pergi ke tab: Data >> Data Validation >> Pilih Allow: List dan Source: Lunas;Belum Lunas

data_validasi_pinjaman

Cara Menggunakan

Sekarang, setiap kali Anda memasukkan nilai “Lunas” di kolom kelima (kolom E) dari suatu baris, baris tersebut akan secara otomatis disembunyikan. Berikut adalah beberapa poin penting yang perlu diperhatikan dari skrip VBA untuk sembunyikan baris otomatis di Excel ini:

  • Pastikan bahwa nilai “Lunas” ditulis dengan huruf kapital di depan, karena kondisi script VBA bersifat case-sensitive.
  • Script hanya mempengaruhi satu sel pada satu waktu. Jika ada beberapa sel yang memenuhi kondisi, baris-baris tersebut akan disembunyikan satu per satu.
hasil dari sembunyikan baris otomatis di Excel

Kesimpulan

Dengan menggunakan script VBA ini, Anda dapat dengan mudah mengatur lembar kerja Excel Anda untuk sembunyikan baris otomatis di Excel untuk setiap pinjaman yang lunas, memberikan Anda lebih banyak kontrol atas presentasi dan tampilan data Anda.

Terakhir, bagi yang ingin memiliki file contoh Cara Mudah Sembunyikan Baris Otomatis di Excel untuk Setiap Pinjaman Lunas ini, file Excel bisa didownload melalui tautan di bawah ini:

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Join Our Newsletter