Cara Merubah Tabel Horizontal Menjadi Vertikal dengan Rumus Excel

oleh | 17 Nov 2023 | Belajar Excel, Excel Elementary, Excel Intermediate, Tips Excel | 0 Komentar

Mengelola data dalam spreadsheet seringkali memerlukan transformasi format agar lebih mudah dipahami. Salah satu tugas umum yang sering dihadapi adalah cara merubah tabel horizontal menjadi vertikal dan sebaliknya berdasarkan kriteria tertentu. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi cara melakukan hal tersebut menggunakan rumus Excel yang efektif.

Apa itu Cara Merubah Tabel Horizontal Menjadi Vertikal

Sebelum kita membahas langkah-langkah cara merubah tabel horizontal menjadi vertikal, pastikan untuk memiliki pemahaman dasar tentang tabel horizontal dan vertikal. Tabel horizontal memiliki struktur data dalam satu baris sementara tabel vertikal adalah data yang disusun dalam satu kolom. Transformasi ini dapat sangat berguna saat kita ingin membuat laporan atau analisis data yang lebih mudah dibaca.

Persiapkan Tabel Horizontal

Langkah pertama cara merubah tabel horizontal menjadi vertikal adalah memastikan tabel horizontal kita sudah siap. Contohnya, kita memiliki kumpulan data dalam beberapa baris kolom yang berisi kriteria dan kolom lainnya yang berisi nilai-nilai yang akan diubah menjadi kolom.

Tentukan Kriteria yang Akan Dikonversi

Identifikasi kriteria atau kategori yang akan diubah menjadi kolom. Misalnya, jika kita memiliki data karyawan seperti tabel di atas, kriteria yang bisa dipakai menjadi kriteria adalah tahun dan nama karyawan.

Gunakan Fungsi INDEX dan MATCH

Rumus yang akan kita gunakan melibatkan fungsi INDEX dan MATCH. Berikut adalah rumus umumnya:

=INDEX($D$5:$G$13;MATCH($B18;$B$4:$B$13;0)+MATCH(D$17;$C$5:$C$13;0)-1;MATCH($C18;$D$4:$G$4;0))

Dan hasilnya adalah sebagai berikut:

Tarik Rumus ke Seluruh Area

Tarik rumus ke seluruh area tabel yang ingin kita konversi. Excel akan secara otomatis menyesuaikan rumus untuk setiap sel berdasarkan posisinya. Setelah menerapkan rumus di atas, kita dapatkan tabel vertikal sebagai berikut:

Baca Juga  Cara Membandingkan Dua Tabel Data Menggunakan Formula Array Excel
cara merubah tabel horizontal menjadi vertikal

Dengan demikian, kita telah berhasil mengubah tabel horizontal menjadi vertikal berdasarkan kriteria tertentu.

Penjelasan Rumus

Rumus Excel ini memiliki beberapa fungsi utama, yaitu INDEX, MATCH, dan beberapa referensi sel. Mari kita bahas setiap bagian dari rumus tersebut.

  1. INDEX($D$5:$G$13;…):
    Ini adalah fungsi INDEX dalam Excel. Fungsi INDEX mengembalikan nilai dari sel pada baris dan kolom tertentu dalam suatu rentang. Di sini, rentang yang diberikan adalah dari sel D5 hingga G13.
  2. MATCH($B19;$B$4:$B$13;0):
    Ini adalah fungsi MATCH yang pertama. Fungsi ini mencari nilai dalam rentang dan mengembalikan posisi relatif dari nilai tersebut dalam rentang. Di sini, fungsi MATCH mencari nilai yang terletak di sel B19 dalam rentang dari B4 hingga B13.
  3. MATCH(D$17;$C$5:$C$13;0):
    Ini adalah fungsi MATCH yang kedua. Fungsi ini mencari nilai di sel D17 dalam rentang dari C5 hingga C13.
  4. MATCH($C19;$D$4:$G$4;0):
    Ini adalah fungsi MATCH yang ketiga. Fungsi ini mencari nilai yang terletak di sel C19 dalam rentang dari D4 hingga G4.
  5. +…-1:
    Pada bagian ini, hasil dari kedua fungsi MATCH pertama dan kedua ditambahkan, dan kemudian dikurangkan satu. Ini mungkin dilakukan untuk menyesuaikan indeks, karena indeks dimulai dari 1 sementara fungsi MATCH memberikan hasil yang dimulai dari 1.

Jadi, secara keseluruhan, rumus ini menggabungkan hasil dari fungsi INDEX dan tiga fungsi MATCH untuk menentukan nilai yang akan diambil dari rentang yang diberikan. Fungsi MATCH digunakan untuk menemukan posisi relatif dari nilai dalam rentang tertentu, dan hasilnya kemudian digunakan sebagai argumen untuk fungsi INDEX. Hasil akhirnya adalah nilai yang diambil dari sel yang diindeks di dalam rentang D5:G13, dengan baris dan kolom yang ditentukan oleh fungsi MATCH.

Baca Juga  Membuat Dropdown List Dinamis di Excel Berdasarkan Kategori dengan Data Validation

Penutup

Menggunakan rumus Excel seperti INDEX dan MATCH memungkinkan kita untuk melakukan transformasi data dengan efisien. Dengan mengikuti langkah-langkah cara merubah tabel horizontal menjadi vertikal di atas, Anda dapat mengubah struktur data horizontal menjadi vertikal dan memfasilitasi analisis data yang lebih baik dalam pekerjaan sehari-hari Anda. Selamat mencoba!

Untuk file contoh cara merubah tabel horizontal menjadi vertikal bisa diunduh melalui tautan di bawah ini:

Terakhir, jika ingin mempelajari langkah demi langkah tentang Microsoft Excel secara visual, bisa kunjungi Youtube Channel Depot Excel. Di sana Anda akan melihat bagaimana rumus-rumus Excel dan juga tips Excel lainnya bekerja. Semoga bermanfaat!

0 Komentar

Trackbacks/Pingbacks

  1. 1 Cara Merubah Tabel dari Horizontal Menjadi Vertikal di Excel - Depot Excel - […] itu, buat juga kolom baru di sebelah kanan tabel data Anda yang antinya akan kita jadikan untuk merubah tabel…
  2. Panduan Lengkap Mencari Arsip Aktif dengan Rumus Excel - Depot Excel - […] array dan dengan fungsi MAX. Bedanya kalau untuk mencari nomor box kita mengkombinasikannya dengan fungsi TRANSPOSE maka kali ini…

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Join Our Newsletter