Panduan Praktis: Cara Mengubah Excel ke PDF Tanpa Terpotong

oleh | 21 Nov 2023 | Belajar Excel, Excel Beginner, Tips Excel | 0 Komentar

Banyak dari kita mungkin pernah mengalami masalah saat mengubah Excel ke PDF, di mana sebagian dari informasi yang kita miliki terpotong. Penyebab utama dari masalah ini sebenarnya cukup sederhana, yaitu data di Excel kita melebihi ukuran kertas yang ditetapkan. Lantas bagaimana cara mengubah Excel ke PDF tanpa terpotong? Dalam artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah praktis untuk mengubah Excel ke PDF tanpa terpotong.

Cara Mudah Mengubah Excel ke PDF tanpa terpotong

1. Atur Ukuran Kertas

Langkah pertama yang perlu dilakukan setelah membuka file Excel adalah mengatur ukuran kertas yang diinginkan. Caranya, pilih menu Page Layout > Size. Pastikan ukuran kertas sesuai dengan kebutuhan Anda, misalnya A4.

cara mengubah Excel ke PDF tanpa terpotong

2. Lakukan Print Preview

Melakukan print preview sangat penting untuk memastikan bahwa tabel yang kita buat tidak melebihi ukuran kertas. Tekan tombol CTRL+P secara bersamaan untuk melihat preview, dan perhatikan garis putus-putus yang menunjukkan batas halaman.

print preview untuk konversi excel to pdf

3. Perbaiki Tabel agar Tidak Terpotong

Jika tabel melebihi batas halaman, lakukan penyesuaian agar semua data muat dalam satu halaman. Jika perlu, ubah layout menjadi landscape untuk memaksimalkan ruang.

ubah ke landscape untuk excel to pdf

4. Konversi Excel ke PDF

Setelah memastikan bahwa data tidak melebihi batas halaman, ekspor file ke PDF. Klik File > Export > Create PDF/XPS > Tuliskan nama file dan klik Publish.

Atau jika Anda memakai Excel 2010 ke bawah, bisa gunakan save as dan pilih pdf pada kolom save as type.

Baca Juga  Panduan Praktis Menghitung Umur Piutang dengan Rumus Excel Sederhana
save as type pdf dari excel

5. Atur Margin (Opsional):

Jika ingin mengurangi ruang kosong pada sisi kiri dan kanan dalam file PDF, atur margin melalui menu Page Layout > Margins. Dan inilah hasil dari mengonversi Excel ke PDF tanpa terpotong.

hasil mengubah Excel ke PDF tanpa terpotong

Kesimpulan

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda sekarang dapat mengonversi data Excel ke PDF tanpa mengalami masalah pemotongan. Semoga panduan ini bermanfaat dan memudahkan Anda dalam mengelola dokumen digital. Jika ada pertanyaan atau komentar, jangan ragu untuk berbagi di bagian komentar di bawah. Terima kasih telah membaca!

Terakhir, jika ingin mempelajari langkah demi langkah tentang Microsoft Excel secara visual, bisa kunjungi Youtube Channel Depot Excel. Di sana Anda akan melihat bagaimana rumus-rumus Excel dan juga tips Excel lainnya bekerja. Semoga bermanfaat!

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Join Our Newsletter