Cara Cepat Menghitung Selisih Hari di Excel dan Juga Perhitungan Selisih Jamnya

oleh | 28 Jan 2024 | Belajar Excel, Excel Beginner, Excel Elementary, Tips Excel | 0 Komentar

Tanggal dan waktu adalah elemen penting dalam analisis data di Excel. Dalam artikel ini, kita akan membahas dua aspek penting: cara menghitung selisih hari di Excel antara dua tanggal dan bagaimana menghitung selisih jam dengan data yang sama atau bisa disingkat dengan menghitung selisih antara dua nilai tanggal dan waktu.

Cara Menghitung Selisih Hari di Excel

Menghitung selisih hari di Excel dapat dilakukan dengan menggunakan perbedaan antara dua nilai tanggal. Sebagai contoh, anggaplah kita memiliki tanggal awal di sel C3 dan tanggal akhir di sel C4. Berikut adalah contoh tabelnya:

tabel awal untuk menghitung selisih hari di Excel

Rumus yang Digunakan

Untuk menghitung selisih hari di Excel, rumus Excel yang bisa kita gunakan adalah sebagai berikut:

=INT(C4)-INT(C3)&" Hari"

Rumus ini menggunakan fungsi INT untuk mendapatkan bagian bilangan bulat dari setiap tanggal, kemudian menghitung selisihnya, dan menampilkan hasilnya dalam format “Hari”. Misalnya, jika tanggal awal adalah 20/01/2020 dan tanggal akhir adalah 25/01/2020, hasil dari menghitung selisih hari di Excel ini akan menjadi “5 Hari”. Dan berikut adalah hasilnya:

Hasil dari menghitung selisih hari di Excel

Penjelasan Rumus

Mari kita bahas bagian-bagian dari rumus menghitung selisih hari di Excel tersebut:

  1. INT(C4): Bagian ini menggunakan fungsi INT untuk mengambil bagian bilangan bulat dari nilai yang ada di sel C4. Fungsi INT digunakan untuk memotong angka desimal dan hanya menyisakan bagian bilangan bulat. Dalam konteks ini, ini mungkin mewakili sebuah tanggal.
  2. INT(C3): Sama seperti bagian pertama, ini mengambil bagian bilangan bulat dari nilai di sel C3. Juga, mungkin mewakili sebuah tanggal.
  3. INT(C4) - INT(C3): Ini adalah pengurangan antara dua nilai bulat yang diperoleh dari sel C4 dan C3. Mungkin ini adalah perbedaan antara dua tanggal, dan karena kita menggunakan fungsi INT, kita hanya mendapatkan selisih dalam satuan hari.
  4. & " Hari": Ini adalah operator penggabungan teks di Excel. Menggabungkan hasil perhitungan sebelumnya dengan teks ” Hari”. Tujuannya adalah untuk memberikan konteks bahwa hasil dari pengurangan ini adalah selisih dalam satuan hari.
Baca Juga  Cara Membuat Angka Acak di Excel Tanpa Duplikat dengan Rumus Sedehana

Jadi, secara keseluruhan, rumus ini menghitung selisih dalam satuan hari antara dua tanggal yang terletak di sel C4 dan C3, dan hasilnya ditampilkan dalam format “Hari”. Misalnya, jika C4 adalah 01/28/2024 dan C3 adalah 01/25/2024, maka hasilnya akan menjadi “3 Hari”.

Perhitungan Selisih Jamnya di Excel

Sekarang, mari fokus pada perhitungan selisih jamnya atau selisih antara dua nilai tanggal dan waktu. Anggap saja kita memiliki waktu awal di sel C3 dan waktu akhir di sel C4 seperti pada tabel menghitung selisih hari di atas:

Tabel awal perhitungan selisih jamnya di Excel

Rumus yang Digunakan

Maka untuk menyelesaikan soal ini kita dapat menggunakan rumus perhitungan selisih jam berikut:

=TEXT(C4-C3;"[h]")+0&" Jam"

Rumus ini menggunakan fungsi TEXT untuk memformat durasi waktu dalam format jam, menambahkan nol untuk mengubah teks menjadi angka, dan akhirnya menambahkan teks ” Jam”. Misalnya, jika waktu awal adalah tanggal 20/01/2020 jam 21.00 dan waktu akhir adalah tanggal 25/01/2020 jam 22:00, hasilnya akan menjadi “121 Jam”.

Hasil dari perhitungan selisih jamnya di Excel

Penjelasan Rumus

Mari kita bahas bagian-bagian dari rumus perhitungan selisih jam tersebut:

  1. C4 - C3: Ini adalah bagian pertama dari rumus dan menghasilkan selisih antara nilai di sel C4 dan C3. Dalam konteks ini, mungkin mewakili selisih waktu atau durasi antara dua nilai tanggal dan waktu.
  2. TEXT(C4 - C3, "[h]"): Bagian ini menggunakan fungsi TEXT untuk memformat hasil perhitungan sebelumnya dalam format tertentu. [h] di sini mengindikasikan format jam. Fungsi ini dapat digunakan untuk mengubah durasi waktu menjadi teks dalam format yang diinginkan.
  3. + 0: Ini adalah bagian yang menambahkan nol pada hasil teks yang dihasilkan oleh fungsi TEXT. Tujuannya adalah untuk mengubah teks menjadi angka. Dalam konteks ini, kita ingin mengubah durasi jam yang telah diformat menjadi angka.
  4. & " Jam": Ini adalah operator penggabungan teks di Excel. Menggabungkan hasil perhitungan sebelumnya yang sudah diubah menjadi angka dengan teks ” Jam”. Tujuannya adalah memberikan konteks bahwa hasilnya adalah jumlah jam.
Baca Juga  Cara Mudah Mengelompokkan Data Produk Berdasarkan Supplier di Excel

Jadi, secara keseluruhan, rumus ini menghitung selisih waktu atau durasi antara dua nilai tanggal dan waktu di sel C4 dan C3. Kemudian, hasilnya diformat sebagai jam menggunakan fungsi TEXT, diubah menjadi angka dengan menambahkan nol, dan akhirnya digabungkan dengan teks ” Jam”. Misalnya, jika sel C4 berisi jam 15:00 dan sel C3 berisi jam 12:00, maka hasilnya mungkin menjadi “3 Jam”.

Kesimpulan

Menggunakan rumus-rumus ini memungkinkan kita dengan mudah menghitung selisih dalam satuan hari antara dua tanggal dan durasi waktu antara dua nilai tanggal dan waktu di Excel. Ini adalah alat yang berguna dalam analisis data dan manajemen waktu. Jangan ragu untuk eksplorasi lebih lanjut dan terapkan rumus-rumus ini sesuai kebutuhan Anda. Semoga artikel ini membantu meningkatkan pemahaman Anda tentang pengelolaan tanggal dan waktu di Excel!

Download

Terakhir, barangkali ada yang membutuhkan file Excel untuk contoh di atas, file tersebut bisa Anda unduh melalui tautan di bawah ini:

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Join Our Newsletter