3 Cara Mudah Menghitung Rata-Rata Berdasarkan Kriteria di Excel

oleh | 28 Mei 2024 | Belajar Excel, Excel Beginner, Excel Elementary, Tips Excel | 0 Komentar

Menghitung rata-rata berdasarkan kriteria tertentu di Excel adalah salah satu keterampilan dasar yang sangat berguna, terutama ketika bekerja dengan dataset besar. Kemampuan ini memungkinkan Anda untuk menganalisis data secara lebih efisien dan mendalam, mengidentifikasi pola, dan membuat keputusan yang lebih baik berdasarkan data yang tersedia. Dalam dunia bisnis dan penelitian, analisis data yang akurat dan cepat sangat penting, sehingga menguasai teknik ini dapat meningkatkan produktivitas dan akurasi pekerjaan Anda.

Artikel ini akan memandu Anda melalui langkah-langkah untuk menghitung rata-rata berdasarkan kriteria menggunakan berbagai fungsi Excel. Fungsi-fungsi seperti AVERAGEIF dan AVERAGEIFS dirancang untuk memudahkan perhitungan rata-rata dengan satu atau beberapa kriteria. AVERAGEIF digunakan untuk menghitung rata-rata dengan satu kriteria, sementara AVERAGEIFS memungkinkan Anda untuk menghitung rata-rata dengan banyak kriteria. Kedua fungsi ini sangat berguna dalam berbagai situasi, dari analisis penjualan hingga evaluasi performa karyawan, dan akan dijelaskan dengan contoh-contoh praktis.

Selain menggunakan fungsi bawaan tersebut, artikel ini juga akan mengajarkan Anda cara menggunakan formula array untuk menghitung rata-rata berdasarkan kriteria. Formula array, seperti {=AVERAGE(IF(criteria_range=criteria, average_range, FALSE))}, memberikan fleksibilitas tambahan dalam analisis data. Dengan menggunakan formula array, Anda dapat menangani kriteria yang lebih kompleks dan melakukan perhitungan yang tidak dapat dilakukan dengan fungsi standar. Panduan langkah demi langkah ini akan memastikan Anda dapat menerapkan teknik ini dengan mudah dan mendapatkan hasil yang akurat dalam analisis data Anda.

3 Cara Menghitung Rata-rata Berdasarkan Kriteria

Berikut adalah 3 contoh cara menghitung rata-rata berdasarkan kriteria di Microsoft Excel yang bisa Anda gunakan untuk menunjang pekerjaan Anda:

1. Menggunakan Fungsi AVERAGEIF

Fungsi AVERAGEIF digunakan untuk menghitung rata-rata dari sel-sel yang memenuhi satu kriteria tertentu.

Sintaks

AVERAGEIF(range, criteria, [average_range])
  • range: Rentang sel yang ingin Anda evaluasi dengan kriteria.
  • criteria: Kriteria yang digunakan untuk menentukan sel mana yang akan dihitung rata-ratanya.
  • average_range: (Opsional) Rentang sel yang nilai rata-ratanya akan dihitung. Jika diabaikan, Excel akan menggunakan range sebagai average_range.

Contoh Penggunaan

Misalkan Anda memiliki data penjualan berupa Tanggal Penjualan di kolom B, Nama Produk di kolom C dan Jumlah Penjualan di kolom D. Anda ingin menghitung rata-rata penjualan untuk produk tertentu, misalnya “Kaos Band”.

Baca Juga  Membuat Rekapitulasi Omset Bulanan atau Juga Rentang Tanggal di Excel

Untuk menghitung rata-rata penjualan untuk “Kaos Band”, gunakan rumus berikut di sel C15 dengan asumsi sel kriteria ada di sel B15:

=AVERAGEIF(C3:C12;B15;D3:D12)

Dan hasilnya adalah sebagai berikut:

menghitung rata-rata dengan averageif

Penjelasan Rumus

Rumus Excel =AVERAGEIF(C3:C12, B15, D3:D12) digunakan untuk menghitung rata-rata dari nilai-nilai dalam rentang D3:D12 yang memenuhi kriteria tertentu di rentang C3:C12. Berikut penjelasan singkat setiap bagian dari rumus tersebut:

  • C3:C12: Rentang sel yang akan dievaluasi berdasarkan kriteria.
  • B15: Kriteria yang harus dipenuhi dalam rentang C3:C12.
  • D3:D12: Rentang sel yang nilai rata-ratanya akan dihitung jika memenuhi kriteria di C3:C12.

Jadi, rumus ini akan mencari semua sel dalam rentang C3:C12 yang sama dengan nilai di B15, kemudian menghitung rata-rata nilai yang sesuai di rentang D3:D12.

2. Menggunakan Fungsi AVERAGEIFS

Fungsi AVERAGEIFS digunakan untuk menghitung rata-rata dari sel-sel yang memenuhi lebih dari satu kriteria.

Sintaks

AVERAGEIFS(average_range, criteria_range1, criteria1, [criteria_range2, criteria2], ...)
  • average_range: Rentang sel yang nilai rata-ratanya akan dihitung.
  • criteria_range1: Rentang sel yang dievaluasi dengan kriteria pertama.
  • criteria1: Kriteria pertama yang digunakan untuk menentukan sel mana yang akan dihitung rata-ratanya.
  • criteria_range2, criteria2: (Opsional) Rentang dan kriteria tambahan.

Contoh Penggunaan

Misalkan Anda memiliki data penjualan berupa Tanggal Penjualan di kolom B, Nama Produk di kolom C dan Jumlah Penjualan di kolom D. Anda ingin menghitung rata-rata penjualan untuk produk tertentu, misalnya “Kaos Band” pada tanggal “02-03-2024”.

Untuk menghitung rata-rata penjualan untuk “Kaos Band” di tanggal “02-03-2024”, gunakan rumus berikut di sel D15 dengan asumsi Kriteria1 (tanggal transaksi) di sel B15 dan Kriteria2 (produk) di sel C15:

=AVERAGEIFS(D3:D12;B3:B12;B15;C3:C12;C15)

Dan berikut adalah hasil akhirnya:

menghitung rata-rata dengan averageifs

Penjelasan Rumus

Rumus Excel =AVERAGEIFS(D3:D12, B3:B12, B15, C3:C12, C15) digunakan untuk menghitung rata-rata dari nilai-nilai dalam rentang D3:D12 yang memenuhi beberapa kriteria. Berikut penjelasan singkat setiap bagian dari rumus tersebut:

  • D3:D12: Rentang sel yang nilai rata-ratanya akan dihitung jika memenuhi semua kriteria.
  • B3:B12: Rentang sel pertama yang akan dievaluasi berdasarkan kriteria pertama.
  • B15: Kriteria pertama yang harus dipenuhi dalam rentang B3:B12.
  • C3:C12: Rentang sel kedua yang akan dievaluasi berdasarkan kriteria kedua.
  • C15: Kriteria kedua yang harus dipenuhi dalam rentang C3:C12.

Jadi, rumus ini akan mencari semua sel dalam rentang D3:D12 yang sesuai dengan dua kriteria: nilai dalam B3:B12 harus sama dengan nilai di B15 dan nilai dalam C3:C12 harus sama dengan nilai di C15. Hanya nilai-nilai di D3:D12 yang memenuhi kedua kriteria tersebut yang akan dihitung rata-ratanya.

Baca Juga  Cara Meranking Siswa di Excel dengan Adil dan Proporsional dengan Rumus Sederhana

3. Menggunakan Formula Array

Selain menggunakan fungsi bawaan seperti AVERAGEIF dan AVERAGEIFS, Anda juga dapat menggunakan formula array untuk menghitung rata-rata berdasarkan kriteria di Excel. Formula array menawarkan fleksibilitas dan kekuatan tambahan dalam analisis data. Formula array memungkinkan Anda untuk melakukan operasi kompleks pada rentang data. Untuk menghitung rata-rata berdasarkan kriteria, Anda dapat menggunakan kombinasi fungsi IF dan AVERAGE dalam formula array.

Sintaks Formula Array

{=AVERAGE(IF(criteria_range=criteria, average_range, FALSE))}
  • criteria_range: Rentang sel yang berisi kriteria.
  • criteria: Kriteria yang digunakan untuk menentukan sel mana yang akan dihitung rata-ratanya.
  • average_range: Rentang sel yang nilai rata-ratanya akan dihitung.

Langkah-Langkah Penggunaan

Misalkan Anda memiliki data penjualan berupa Tanggal Penjualan di kolom B, Nama Produk di kolom C dan Jumlah Penjualan di kolom D. Anda ingin menghitung rata-rata penjualan untuk produk tertentu, misalnya “Kaos Band”.

Untuk menghitung rata-rata penjualan untuk “Kaos Band”, gunakan formula array berikut di sel C15 dengan asumsi sel kriteria ada di sel B15:

=AVERAGE(IF(C3:C12=B15;D3:D12;FALSE))

Setelah memasukkan formula, jangan langsung tekan Enter. Sebaliknya, tekan Ctrl + Shift + Enter. Ini akan mengubah formula menjadi formula array, yang terlihat seperti ini:

{=AVERAGE(IF(C3:C12=B15, D3:D12, FALSE))}

Dan berikut hasil akhirnya:

menghitung rata-rata dengan formula array

Penjelasan Formula

  • IF(C3:C12=B15, D3:D12, FALSE): Mengevaluasi setiap sel dalam rentang C3:C12. Jika sel sama dengan kriteria di B15 (“A”), maka akan mengembalikan nilai dari rentang D3:D12. Jika tidak, mengembalikan FALSE.
  • AVERAGE(...): Menghitung rata-rata dari nilai yang dihasilkan oleh fungsi IF.

Kesimpulan

Menghitung rata-rata berdasarkan kriteria di Excel adalah keterampilan dasar yang sangat penting, terutama saat bekerja dengan dataset besar. Kemampuan ini memungkinkan Anda untuk menganalisis data dengan lebih efisien dan mendalam, mengidentifikasi pola, dan membuat keputusan yang lebih baik berdasarkan data yang tersedia. Dalam dunia bisnis dan penelitian, teknik ini sangat diperlukan untuk meningkatkan produktivitas dan akurasi pekerjaan Anda.

Baca Juga  Cara Menjumlahkan Warna di Excel dan Juga Menghitung Warna Menggunakan VBA

Fungsi-fungsi seperti AVERAGEIF dan AVERAGEIFS memudahkan perhitungan rata-rata berdasarkan satu atau beberapa kriteria. AVERAGEIF digunakan untuk menghitung rata-rata dengan satu kriteria, sementara AVERAGEIFS memungkinkan perhitungan rata-rata dengan banyak kriteria. Kedua fungsi ini sangat berguna dalam berbagai situasi, mulai dari analisis penjualan hingga evaluasi performa karyawan.

Selain menggunakan fungsi-fungsi tersebut, Anda juga dapat menggunakan formula array untuk menghitung rata-rata berdasarkan kriteria. Formula array memberikan fleksibilitas tambahan dan dapat menangani kriteria yang lebih kompleks. Dengan menggunakan kombinasi fungsi IF dan AVERAGE dalam formula array, Anda dapat melakukan perhitungan yang tidak dapat dilakukan dengan fungsi standar. Panduan ini memastikan Anda dapat menerapkan teknik ini dengan mudah dan mendapatkan hasil yang akurat dalam analisis data Anda.

Pranala Luar

File Excel 3 Cara Menghitung Rata-Rata Berdasarkan Kriteria di Excel ini bisa Anda download jika memang memerlukannya dengan cara klik tautan di bawah ini:

Atau juga jika ingin mempelajari langkah demi langkahnya secara visual, bisa kunjungi Youtube Channel Depot Excel dengan judul video: 3 Cara Mudah Menghitung Rata-rata Berdasarkan Kriteria di Excel. Di sana Anda akan melihat bagaimana rumusnya bekerja. Semoga bermanfaat!

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Join Our Newsletter