3 Cara Menghilangkan Kata di Excel dengan Rumus Sederhana yang Gampang

oleh | 29 Apr 2024 | Belajar Excel, Excel Beginner, Tips Excel | 0 Komentar

Excel adalah alat yang sangat berguna untuk mengelola dan menganalisis data. Namun, terkadang kita perlu melakukan beberapa operasi pemrosesan data untuk membersihkan atau memodifikasi informasi. Salah satu tugas yang sering kali dibutuhkan adalah menghapus kata tertentu dari sel atau kolom teks di Excel. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara menghilangkan kata di Excel dengan rumus sederhana yang gampang dan mudah diikuti.

Di sini kita akan membahas cara menghilangkan kata di Excel dengan metode yang sederhana dan mudah diikuti, memungkinkan pengguna untuk melakukan pengolahan data teks dengan lebih efisien. Dengan pemahaman yang tepat, pengguna dapat mengoptimalkan penggunaan Excel dalam pemrosesan data teks sesuai dengan kebutuhan.

Cara Menghilangkan Kata di Excel dengan Rumus

Cara menghapus kata di Excel dengan rumus sederhana ini akan dibagi menjadi tiga cara yang berbeda. Pertama, kita akan membahas cara menghapus kata tertentu di Excel. Selanjutnya, kita akan melihat bagaimana cara menghapus kata di akhir kalimat. Dan yang terakhir, kita akan mempelajari cara menghapus dan mengganti kata tertentu dengan kata yang baru. Dengan pemahaman yang komprehensif tentang ketiga metode ini, pengguna dapat lebih fleksibel dalam melakukan pengolahan data teks di Excel sesuai dengan kebutuhan.

1. Cara menghapus Kata Tertentu di Excel

Berikut adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk menghapus kata tertentu di Excel.

Langkah 1: Persiapkan Data

Langkah pertama adalah mempersiapkan data yang akan diolah. Misalkan kita memiliki daftar produk tertentu, dan kita ingin menghapus kata tertentu dari nama-nama produk tersebut.

Langkah 2: Gunakan Fungsi SUBSTITUTE

Fungsi SUBSTITUTE digunakan untuk mengganti teks dalam sel dengan teks baru. Namun, kita juga dapat menggunakan fungsi ini untuk menghapus kata tertentu dengan menggantinya dengan teks kosong (“”).

Misalnya, jika kita ingin menghapus kata “Roma” dari nama-nama produk di atas, kita dapat menggunakan rumus berikut di sel D3:

=SUBSTITUTE(B3;C3;"")

Selain SUBSTITUTE, Excel juga memiliki fungsi REPLACE yang dapat digunakan untuk menggantikan teks tertentu dengan teks lain. Cara penggunaannya hampir mirip dengan SUBSTITUTE, hanya saja REPLACE memerlukan tambahan parameter untuk menentukan posisi awal teks yang akan diganti. Berikut adalah contoh rumusnya:

=REPLACE(B3;FIND(C3;B3);LEN(C3);"")

Rumus-rumus ini akan mengganti setiap kemunculan “Roma” dalam sel B3 dengan teks kosong, sehingga menghapus kata “Roma” dari nama-nama produk. Anda juga bisa mengganti kata roma di kolom C itu dengan kata lain yang ingin Anda hapus.

Baca Juga  Membuat Dropdown List Dinamis dengan Data Validation di Excel

Langkah 3: Terapkan Rumus ke Seluruh Data

Setelah rumus SUBSTITUTE dan REPLACE berhasil diuji, kita dapat menyalinnya ke seluruh kolom D (atau kolom yang ingin kita gunakan untuk hasilnya). Excel akan secara otomatis menyesuaikan referensi sel sehingga rumus bekerja dengan benar untuk setiap baris data.

Langkah 4: Hasilnya

Sekarang, jika kita memiliki nama-nama produk seperti “Roma Marie Gold Chocolate” di kolom D, setelah menerapkan rumus tersebut, kita akan mendapatkan hasil “Marie Gold Chocolate” saja di kolom D, di mana kata “Roma” telah dihapus. Berikut adalah hasil menggunakan rumus SUBSTITUTE:

menghilangkan kata di excel dengan substitute

Dan berikut adalah hasil ketika menggunakan rumus REPLACE:

rumus menghilangkan kata di excel dengan replace

2. Cara Menghilangkan Kata Pertama di Excel

Kalau di cara pertama kita hanya menghapus kata yang sudah kita ketahui “kata” apa yang ingin di hapus, maka untuk cara kedua ini kita akan mencari cara menghilangkan kata pertama di excel.

Rumus Excel untuk cara menghilangkan kata pertama di excel ini sebenarnya sangat fleksibel. Anda bisa saja menghilangkan 2 kata pertama atau seterusnya sesuai kebutuhan. Anda cukup mengganti Instance Number-nya dari “1” menjadi “2” dan seterusnya.

Berikut langkah-langkah yang mudah diikuti untuk cara menghilangkan kata pertama di Excel dengan pembatas spasi:

Langkah 1: Pahami Konsep Penggantian Kata

Sebelum memulai, tentukan kata atau teks yang ingin Anda hilangkan dari sel Excel. Misalnya, jika Anda ingin menghilangkan kata pertama dari teks yang berada di sel B3, Anda harus tahu kata mana yang ingin dihapus.

Langkah 2: Gunakan Rumus MID, FIND dan SUBSTITUTE

Gunakan fungsi SUBSTITUTE dan MID untuk rumus menghilangkan kata di Excel atau dengan kata lain, menemukan kata yang ingin dihapus dan menggantinya dengan teks kosong. Rumusnya adalah:

=TRIM(MID(B3;FIND("#";SUBSTITUTE(B3;" ";"#";1))+1;255))

Langkah 3: Terapkan Rumus pada Sel Excel

Salin rumus menghilangkan kata di Excel di atas ke sel di mana Anda ingin menghilangkan kata pertama. Misalnya, jika teks yang ingin diolah berada di sel B3, letakkan rumus di sel C3 kemudian salin ke sel-sel yang ada di bawahnya.

Baca Juga  Panduan Lengkap: Cara Membuat Conditional Formatting Angka di Excel

Langkah 4: Hasilkan Output yang Diharapkan

Setelah menerapkan rumus meghilangkan kata di Excel, periksa apakah kata pertama dari teks telah dihapus sesuai yang diinginkan. Jika ya, maka Anda telah berhasil menggunakan rumus untuk cara menghilangkan kata pertama di Excel. Berikut adalah hasil yang benar:

cara menghilangkan kata pertama di excel

Penjelasan Rumus
Mari kita jelaskan langkah-langkahnya secara terperinci:

  1. SUBSTITUTE(B3; ” “; “#”; 1): Di dalam fungsi SUBSTITUTE, Anda mengganti spasi pertama (ditemukan dengan ” “) di sel B3 dengan tanda pagar “#” (digunakan sebagai pemisah). Dengan demikian, teks dalam sel B3 akan dimodifikasi menjadi dua bagian terpisah oleh tanda pagar.
  2. FIND(“#”; …): Fungsi FIND kemudian digunakan untuk menemukan posisi tanda pagar pertama dalam teks yang dimodifikasi. Ini memberi tahu Excel di mana batas antara kata pertama dan kata kedua setelah spasi pertama.
  3. MID(B3; …): Fungsi MID mengambil sebagian dari teks di sel B3 berdasarkan posisi yang ditemukan oleh FIND di langkah sebelumnya. Posisi awal diambil setelah tanda pagar pertama (setelah spasi pertama).
  4. +1: Ditambahkan 1 karena Anda ingin mulai mengambil teks setelah posisi tanda pagar pertama, bukan di posisi tanda pagar itu sendiri.
  5. 255: Angka 255 digunakan sebagai panjang teks yang ingin diambil oleh fungsi MID. Ini diatur ke angka besar untuk memastikan bahwa teks yang diambil mencakup semua teks yang tersisa setelah spasi pertama.
  6. TRIM(…): Terakhir, fungsi TRIM digunakan untuk menghapus spasi ekstra yang mungkin ada di sekitar teks yang diambil. Ini berguna jika ada spasi tambahan di depan atau belakang teks setelah operasi penggantian spasi pertama dengan tanda pagar.

Jadi, rumus menghilangkan kata di Excel tersebut berfungsi untuk mengambil teks setelah spasi pertama dalam sel B3, yang kemudian diubah menjadi dua bagian oleh tanda pagar.

3. Cara Menghilangkan Kata di Akhir Kalimat

Cara berikutnya yang bisa Anda gunakan adalah ketika ingin menghapus atau menghilangkan beberapa kata di akhir kalimat. Sebagai contoh, kita akan menghapus satu kata di akhir kalimat.

Pada prinsipnya Anda bisa menghapus 2 atau 3 kata sesuai kebutuhan. Yang perlu Anda lakukan hanyalah merubah angka di number chars-nya (di akhir rumus) menjadi 200 untuk 2 kata dan 300 untuk 3 kata.

Baca Juga  Membuat Rumus Persentase Excel untuk Menghitung Persentase Suara Pemilu

Dan untuk contoh, kita akan menghapus satu kata terakhir dari sebuah kalimaty yang ada di sel B3. Maka rumus Excel yang bisa digunakan adalah sebagai berikut:

=SUBSTITUTE($B3;" "&TRIM(RIGHT(SUBSTITUTE($B3;" ";REPT(" ";100));100));"")

Dan jika benar, maka hasilnya adalah sebagai berikut:

cara menghilangkan kata terakhir di excel

Penjelasan Rumus:
Mari kita jelaskan bagian-bagian dari rumus menghilangkan kata di Excel tersebut:

Bagian 1: SUBSTITUTE($B3, …)

  • $B3: Ini adalah sel di mana Anda ingin mengganti atau menghapus teks.
  • ” ” & …: Ini adalah teks yang ingin Anda ganti atau hapus, dimulai dengan spasi kosong.

Bagian 2: TRIM(RIGHT(SUBSTITUTE($B3, ” “, REPT(” “, 100)), 100))

Bagian ini terdiri dari beberapa fungsi Excel yang digabungkan:

  • SUBSTITUTE($B3, ” “, REPT(” “, 100)): Fungsi ini mengganti setiap spasi dalam teks dengan 100 spasi kosong berturut-turut.
  • RIGHT(…, 100): Fungsi ini mengambil 100 karakter paling kanan dari teks yang dihasilkan oleh fungsi SUBSTITUTE di atas.
  • TRIM(…): Fungsi ini menghapus spasi ekstra di awal dan akhir teks yang diambil dari fungsi RIGHT.

Bagian 3: “”

  • Ini adalah teks kosong yang akan digunakan untuk mengganti teks yang telah diidentifikasi di bagian 2 untuk dihapus.

Penjelasan Umum:

Rumus ini digunakan untuk menghapus kata terakhir dari teks dalam sel $B3. Prosesnya adalah sebagai berikut:

  1. Fungsi SUBSTITUTE mengubah semua spasi dalam teks dengan 100 spasi berturut-turut.
  2. Fungsi RIGHT kemudian mengambil 100 karakter terkanan dari teks yang dihasilkan oleh SUBSTITUTE, yang berisi 100 spasi kosong diikuti oleh kata terakhir.
  3. Fungsi TRIM menghapus spasi ekstra di awal dan akhir teks yang diambil.
  4. Akhirnya, fungsi SUBSTITUTE digunakan lagi untuk mengganti teks yang dihasilkan di atas (kata terakhir yang diikuti oleh spasi kosong) dengan teks kosong, sehingga menghapus kata terakhir dari teks.

Rumus menghilangkan kata di Excel ini bermanfaat ketika Anda perlu menghapus kata terakhir dari teks yang mungkin berbeda panjangnya dalam sel Excel.

Kesimpulan

Dengan menggunakan fungsi SUBSTITUTE dan konsep penggantian teks, kita dapat dengan mudah menghapus kata tertentu dari sel atau kolom teks di Excel. Hal ini sangat berguna untuk membersihkan data atau melakukan modifikasi teks sesuai kebutuhan analisis data kita.

Sekarang, Anda memiliki cara yang sederhana namun efektif untuk menghapus atau menghilangkan kata di Excel menggunakan rumus. Semoga artikel ini bermanfaat dalam pekerjaan Anda dengan Excel!

Pranala Luar

File Excel 3 Cara Menghilangkan Kata di Excel dengan Rumus Sederhana yang Gampang ini bisa Anda download jika memang memerlukannya dengan cara klik tautan di bawah ini:

Atau juga jika ingin mempelajari langkah demi langkahnya secara visual, bisa kunjungi Youtube Channel Depot Excel dengan judul video: Cara Hapus Beberapa Kata dari Sebuah Kalimat dengan Rumus Excel. Di sana Anda akan melihat bagaimana rumusnya bekerja. Semoga bermanfaat!

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Join Our Newsletter