Cara Cepat Menggabungkan Data Tanggal Bulan dan Tahun Sekaligus

oleh | 18 Mar 2024 | Belajar Excel, Excel Beginner, Excel Best Practices, Excel Elementary | 0 Komentar

Dalam pengelolaan data di Excel, seringkali kita perlu menggabungkan informasi dari beberapa kolom menjadi satu kolom yang lebih lengkap dan terstruktur. Salah satu contohnya adalah ketika kita ingin menggabungkan data tanggal, bulan, dan tahun dari kolom-kolom terpisah menjadi satu kolom yang berisi tanggal lengkap.

Dalam artikel ini, kita akan mempelajari cara menggabungkan data tanggal, bulan, dan tahun secara simultan menggunakan formula array Excel. Formula array adalah fitur canggih yang memungkinkan kita untuk melakukan operasi yang kompleks dan memproses sejumlah besar data dalam satu operasi.

Dan kalau biasanya Anda menggunakan TEXTJOIN untuk menggabung data di banyak kolom, maka kali ini kita akan coba dengan cara berbeda menggunakan Formula Array. Dan formula array yang akan kita buat adalah formula array yang akan ditulis sekaligus di banyak kolom. Bagaimana caranya, mari kita mulai dengan langkah-langkahnya:

Persiapan Data Menggabungkan Data Tanggal Bulan dan Tahun

Pertama-tama, pastikan Anda memiliki data tanggal, bulan, dan tahun yang terpisah dalam tiga kolom yang berbeda. Misalnya, kita memiliki data tanggal di kolom B, bulan di kolom C, dan tahun di kolom D, mulai dari baris 3 hingga baris 14. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah contoh tabelnya:

tabel contoh untuk menggabungkan data tanggal bulan dan tahun di Excel

Dan tugas kita adalah menggabungkan data-data di range B3:D14 ini ke tabel F dan G. Untuk memastikan rumusnya berfungsi dengan benar, pertama kita akan menggabung data tersebut apa adanya seperti ketika kita menggunakan fungsi TEXTJOIN. Dan baru di kolom G kita akan menggabungkannya berdasarkan format tanggal yang benar.

Membuat Formula Array

Langkah pertama yang akan kita lakukan untuk mengisi data di range F3:F14 adalah dengan cara blok range F3:F14 kemudian di formula bar ketik rumus berikut:

=B3:B14&C3:C14&D3:D14
formula array untuk menggabungkan data tanggal bulan dan tahun

Jika sudah, untuk mengakhiri penulisan rumusnya tekan Ctrl, Shift dan Enter (jangan cuma enter). Jika benar, maka hasilnya adalah munculnya tanda kurung kurawal “{}” yang mengapit rumusnya menjadi seperti berikut: {=B3:B14&C3:C14&D3:D14}. Dan berikut adalah hasil jadinya:

Baca Juga  5 Langkah Mudah Cara Menghitung Margin of Error di Excel
menggabungkan data tanggal bulan dan tahun

Formula di atas akan mengambil data dari kolom B, C, dan D dari baris 3 hingga 14, lalu menggabungkannya menjadi satu teks dalam format “DDMMYYYY” (tanggal-bulan-tahun). Hanya saja hasilnya tidak bisa menjadi format tanggal karena memang hanya menggabung data apa adanya.

Penjelasan Formula Array

Mari kita jelaskan secara detail dan lengkap tentang formula menggabungkan data tanggal bulan dan tahun ini:

  1. B3:B14, C3:C14, D3:D14: Ini adalah rentang sel atau kolom yang berisi data yang ingin kita gabungkan. Rentang ini dimulai dari sel B3 hingga B14 untuk data pertama, C3 hingga C14 untuk data kedua, dan D3 hingga D14 untuk data ketiga.
  2. &: Operator & digunakan untuk menggabungkan teks atau nilai-nilai dalam Excel. Dalam konteks formula ini, operator & digunakan untuk menggabungkan nilai-nilai dari rentang B3:B14, C3:C14, dan D3:D14 menjadi satu teks.
  3. Formula Array: Tanda kurung kurawal {} menandakan bahwa ini adalah formula array. Formula array memungkinkan kita untuk melakukan operasi terhadap beberapa sel atau rentang sel sekaligus, dan hasilnya akan ditampilkan dalam rentang sel yang sama dengan ukuran yang sesuai.

Dengan demikian, ketika kita menerapkan formula array ini ke dalam sel, Excel akan mengambil data dari rentang B3:B14, C3:C14, dan D3:D14, lalu menggabungkannya menjadi satu teks dengan menggunakan operator &.

Misalnya, jika B3 berisi “11”, C3 berisi “01”, dan D3 berisi “2024”, maka hasil dari formula array ini di sel yang sama akan menjadi “11012024” (tanggal-bulan-tahun yang digabungkan tanpa pemisah).

Hasil akhirnya adalah kita akan mendapatkan data yang tergabung dari kolom-kolom yang ditentukan sesuai dengan barisnya masing-masing.

Memformat Tanggal dengan Benar

Jika dipenyelesaian yang pertama kita hanya menggabung data apa adanya, maka di kolom G ini (G3:G14) kita akan menggabungkan data tanggal bulan dan tahun dalam format tanggal yang benar. Langkahnya masih sama dengan yang pertama yakni blok range G3 sampai G14 kemudian di formula bar ketik rumus atau formula berikut:

=DATEVALUE(B3:B14&"/"&C3:C14&"/"&D3:D14)
menggabungkan data tanggal bulan dan tahun dengan format date

Setelah mengetikkan formula tersebut, tekan tombol Ctrl+Shift+Enter untuk mengonfirmasi penggunaan formula array. Anda akan melihat tanda kurung kurawal di sekitar formula jika sudah diaplikasikan dengan benar. Dan berikut adalah hasil akhirnya:

Baca Juga  Cara Praktis Membuat Absensi Siswa Otomatis di Excel untuk Bulan Berjalan
hasil akhir menggabungkan data tanggal bulan dan tahun

Setelah menerapkan formula array, kolom G akan berisi data tanggal lengkap yang tergabung dari kolom B, C, dan D sesuai dengan barisnya masing-masing.

Penjelasan Formula Array

Formula menggabungkan data tanggal bulan dan tahun di atas akan mengambil data dari kolom B, C, dan D dari baris 3 hingga 14, lalu menggabungkannya menjadi satu teks dalam format “DD/MM/YYYY” (tanggal/bulan/tahun) yang diubah menjadi nilai tanggal Excel menggunakan fungsi DATEVALUE.

Mari kita jelaskan secara detail dan lengkap tentang formula menggabungkan data tanggal bulan dan tahun ini:

  1. DATEVALUE: Ini adalah fungsi Excel yang digunakan untuk mengonversi teks yang mewakili tanggal menjadi nilai tanggal yang diakui oleh Excel. Fungsi ini memiliki format umum sebagai berikut: DATEVALUE(date_text), di mana date_text adalah teks yang mewakili tanggal.
  2. B3:B14, C3:C14, D3:D14: Ini adalah rentang sel atau kolom yang berisi data tanggal, bulan, dan tahun yang ingin kita gabungkan dan konversi menjadi nilai tanggal. Rentang ini dimulai dari sel B3 hingga B14 untuk tanggal, C3 hingga C14 untuk bulan, dan D3 hingga D14 untuk tahun.
  3. &: Operator & digunakan untuk menggabungkan teks atau nilai-nilai dalam Excel. Dalam konteks formula ini, operator & digunakan untuk menggabungkan teks tanggal, tanda pemisah “/”, teks bulan, tanda pemisah “/”, dan teks tahun menjadi satu teks dalam format “DD/MM/YYYY”.
  4. “/”: Ini adalah tanda pemisah yang digunakan untuk memisahkan tanggal, bulan, dan tahun dalam format tanggal “DD/MM/YYYY”.
  5. Formula Array: Tanda kurung kurawal {} menandakan bahwa ini adalah formula array. Formula array memungkinkan kita untuk melakukan operasi terhadap beberapa sel atau rentang sel sekaligus, dan hasilnya akan ditampilkan dalam rentang sel yang sama dengan ukuran yang sesuai.
Baca Juga  Cara Membuat Rumus Terbilang Excel Tanpa Menggunakan Add-Ins

Dengan demikian, ketika kita menerapkan formula array ini ke dalam sel, Excel akan mengambil data tanggal, bulan, dan tahun dari rentang yang ditentukan (B3:B14, C3:C14, D3:D14), menggabungkannya dalam format “DD/MM/YYYY” menggunakan operator & dan tanda pemisah “/”, lalu mengonversinya menjadi nilai tanggal yang diakui oleh Excel menggunakan fungsi DATEVALUE.

Hasil akhirnya adalah kita akan mendapatkan nilai tanggal yang tergabung dari kolom-kolom tanggal, bulan, dan tahun sesuai dengan barisnya masing-masing dalam format yang diakui oleh Excel sebagai nilai tanggal.

Demikianlah penjelasan lengkap tentang formula array {=DATEVALUE(B3:B14&"/"&C3:C14&"/"&D3:D14)}. Semoga penjelasan ini membantu Anda memahami cara kerja formula tersebut. Jika ada pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk bertanya.

Penutup

Dengan menggunakan formula array Excel, kita dapat dengan mudah menggabungkan data tanggal bulan dan tahun dari beberapa kolom secara simultan tanpa harus melakukan proses manual yang memakan waktu. Ini adalah salah satu contoh penerapan teknik yang efisien dalam pengelolaan data menggunakan Excel.

Dengan menggunakan formula array Excel yang menggunakan fungsi DATEVALUE, kita dapat dengan mudah menggabungkan data dari beberapa kolom secara simultan dan mengubahnya menjadi nilai tanggal Excel tanpa harus melakukan proses manual yang memakan waktu. Ini adalah salah satu contoh penerapan teknik yang efisien dalam pengelolaan data menggunakan Excel.

Demikianlah cara menggabungkan data tanggal, bulan, dan tahun secara simultan menggunakan formula array Excel dengan konversi ke nilai tanggal Excel menggunakan fungsi DATEVALUE. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca yang ingin meningkatkan kemampuan dalam pengelolaan data menggunakan Excel.

Terakhir, bagi yang membutuhkan file contoh Cara Menggabungkan Data Tanggal Bulan dan Tahun di Banyak Kolom Sekaligus ini, file Excel bisa diunduh melalui tautan di bawah ini:

download file Excel

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Join Our Newsletter