Cara Gampang Menggabung Kata di Excel Berdasarkan Kriteria Tertentu

oleh | 15 Okt 2023 | Belajar Excel, Excel Best Practices, Excel Elementary | 0 Komentar

Rumus-rumus dalam Microsoft Excel adalah alat yang sangat berguna dalam pengelolaan data dan analisis. Salah satu rumus yang sering digunakan dalam menggabung kata di Excel berdasarkan kriteria adalah rumus LOOKUP dengan sedikit operasi matematika.

Salah satu rumus yang bisa digunakan untuk menggabung kata di Excel berdasarkan kriteria adalah sebagai berikut:

=IFERROR(LOOKUP(2;1/(B$3:B3=B4);D$3:D3)&", ";"")&C4

Rumus ini mungkin terlihat rumit pada pandangan pertama, tetapi sebenarnya, ia memiliki aplikasi yang sangat berguna dalam penggabungan kata berdasarkan kondisi tertentu. Dalam artikel ini, kita akan membahas bagaimana rumus ini bekerja dan bagaimana Anda dapat menggunakannya untuk menggabungkan kata dalam Excel.

Pengertian Rumus menggabung kata di Excel berdasarkan kriteria

Rumus =IFERROR(LOOKUP(2;1/(B$3:B3=B4);D$3:D3)&”, “;””)&C4 adalah rumus Excel yang digunakan untuk menggabungkan kata berdasarkan beberapa kondisi tertentu. Mari kita selesaikan rumus ini dalam beberapa komponen utama:

  1. IFERROR: Ini adalah fungsi yang digunakan untuk menangani kesalahan. Jika suatu ekspresi dalam rumus ini menghasilkan kesalahan, IFERROR akan menggantikannya dengan nilai yang Anda tentukan.
  2. LOOKUP(2;1/(B$3:B3=B4);D$3:D3): Ini adalah bagian yang digunakan untuk mencari nilai yang sesuai dalam kolom D$3:D3 berdasarkan kondisi tertentu. Dalam hal ini, kita mencari nilai dengan dua kondisi. Pertama, kita memeriksa apakah nilai dalam kolom B$3:B3 sama dengan nilai di sel B4. Kedua, kita mencari nilai “2”. Hasil LOOKUP adalah nilai dalam kolom D$3:D3 yang sesuai dengan kedua kondisi ini.
  3. &”, “;””: Ini adalah bagian yang menggabungkan nilai yang ditemukan dengan tanda koma dan spasi.
  4. C4: Ini adalah bagian yang menambahkan nilai sel C4 ke hasil rumus.
Baca Juga  Cara Rekap Omset Multi Kriteria di Excel Menggunakan Rumus Excel Sederhana

Cara Menggunakan Rumus menggabung kata di Excel berdasarkan kriteria

Untuk memahami bagaimana rumus menggabung kata di Excel ini digunakan, pertimbangkan contoh berikut:

Misalkan kita memiliki data seperti ini:

Sekarang, kita ingin menggabungkan kolom “Product” berdasarkan nama-nama suppliernya. Di sini, kita dapat menggunakan rumus =IFERROR(LOOKUP(2;1/(B$3:B3=B4);D$3:D3)&”, “;””)&C4 pada sel D4 untuk mencapai itu.

Dan setelah kita tarik rumusnya ke bawah maka hasilnya adalah seperti ini:

Penjelasan Rumus

Rumus menggabung kata di Excel ini akan berjalan sebagai berikut:

  • IFERROR akan mencari nilai yang sesuai dalam kolom D$3:D3 yang memiliki nama yang sama dengan yang ada di sel B4 (nama supplier) dan memiliki nilai “2” (nilai pada baris ke-3). Hasilnya adalah ABCdent.
  • Kemudian, hasil tersebut digabungkan dengan tanda koma dan spasi, sehingga menjadi “ABCdent, “.
  • Selanjutnya, nilai di sel C4 (NY) ditambahkan ke hasil tersebut, sehingga hasil akhir di sel D10 adalah “ABCdent, Formula”.

Hasil ini adalah gabungan dari kolom “Product” berdasarkan nama “Supplier”. Anda dapat menyalin rumus ini ke sel lain sesuai kebutuhan untuk menggabungkan data dengan nama yang sama.

Rekap Data Product

Setelah hasil untuk kolom “Helper” terisi semua, PR berikutnya adalah membuat rekap produk berdasarkan suppliernya di tabel terpisah agar lebih mudah dibaca dan terlihat lebih dinamis. Misalkan kita tambahkan tabel seperti berikut:

Untuk mengisi kolom “supplier” di sel G3 kita bisa gunakan fitur Data Validation seperti berikut:

Setelah itu baru kita isi rumus untuk sel product di G4 dengan rumus sebagai berikut:

=LOOKUP(2;1/($B$4:$B$20=G3);$D$4:$D$20)

Dan hasilnya adalah sebagai berikut:

hasil menggabung kata di Excel
Penjelasan Rumus

Rumus Excel =LOOKUP(2;1/($B$4:$B$20=G3);$D$4:$D$20) adalah rumus pencarian yang digunakan untuk menemukan nilai yang sesuai dalam suatu rentang data berdasarkan suatu kondisi tertentu. Untuk memahami rumus ini secara detail, mari kita pecah menjadi komponen-komponen utamanya:

  1. LOOKUP(2;1/($B$4:$B$20=G3);$D$4:$D$20): Ini adalah ekspresi utama dalam rumus, dan berikut adalah penjelasan komponen-komponennya: a. 2: Nilai ini digunakan sebagai nilai yang akan dicari dalam kolom yang sesuai. Dalam kasus ini, kita mencari nilai “2”. b. 1/($B$4:$B$20=G3): Ini adalah bagian yang digunakan untuk mencocokkan kondisi. Ini akan menghasilkan array hasil operasi pembanding. Pada dasarnya, ini akan menghasilkan array yang berisi 1 di indeks di mana kondisi terpenuhi (kondisi B4:B20 = G3) dan 0 di tempat lain. Dengan kata lain, ini adalah array yang menandai baris-baris yang memenuhi kondisi tertentu. c. $D$4:$D$20: Ini adalah kolom di mana kita ingin menemukan nilai yang sesuai. Rumus akan mencari nilai dalam kolom D4:D20 berdasarkan hasil operasi pembanding di atas.
  2. Fungsi LOOKUP: Fungsi ini digunakan untuk mencari nilai dalam array berdasarkan nilai yang kita tentukan. Namun, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan tentang bagaimana LOOKUP bekerja dalam konteks ini: a. LOOKUP mencari nilai yang paling mendekati nilai yang kita tentukan. Dalam rumus ini, kita mencari nilai “2”, tetapi jika tidak ada “2” yang cocok dalam kolom D4:D20, maka LOOKUP akan mencari nilai terbesar yang kurang dari atau sama dengan “2”. Dalam kasus ini, karena kita hanya memiliki 0 dan 1 dalam array hasil operasi pembanding, LOOKUP akan mencari nilai terbesar yang kurang dari atau sama dengan “2”, yaitu 1. b. Hasil LOOKUP adalah nilai yang sesuai dengan kondisi yang memenuhi di indeks yang sama dengan indeks di mana nilai 1 muncul dalam array hasil operasi pembanding.
Baca Juga  1 Cara Gampang Merubah Tabel Horizontal ke Vertikal di Excel

Jadi, pada dasarnya, rumus menggabung kata di Excel berdasarkan kriteria tertentu ini digunakan untuk mencari nilai di kolom D4:D20 yang sesuai dengan kondisi tertentu yang diberikan dalam kolom B4:B20, di mana kondisi tersebut adalah nilai yang ada di sel G3. Hasil rumus ini akan menjadi nilai dari kolom D yang terkait dengan baris yang memenuhi kondisi tersebut. Rumus ini berguna dalam penggabungan atau pengambilan data berdasarkan kondisi tertentu dalam Excel.

Kesimpulan

Kedua rumus ini pada dasarnya adalah alat yang berguna untuk menggabung kata di Excel berdasarkan kondisi tertentu. Ini dapat digunakan untuk menggabungkan data dengan cara yang lebih fleksibel dan sesuai dengan kebutuhan analisis data Anda. Dengan pemahaman yang baik tentang rumus ini, Anda dapat meningkatkan efisiensi pekerjaan Anda dalam Microsoft Excel.

Terakhir, barangkali ada teman-teman yang membutuhkan file Cara Gampang Menggabung Kata di Excel Berdasarkan Kriteria Tertentu ini, file Excel bisa didownload melalui tautan berikut:

0 Komentar

Trackbacks/Pingbacks

  1. Penjelasan Lengkap Rumus CONCATENATE Excel dan Penggunaannya - Depot Excel - […] kedua adalah menggabungkan teks “Nama:” dengan teks dari sel B3, C3, dan D3. Rumus Excel yang digunakan […]

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Join Our Newsletter