Cara Mengambil Nama Belakang di Excel Menggunakan Formula Sederhana

oleh | 12 Mar 2024 | Belajar Excel, Excel Beginner, Excel Elementary, Tips Excel | 0 Komentar

Mengelola data di Excel seringkali melibatkan pengelompokan dan penyortiran berdasarkan nama belakang. Jika Anda sedang merasa terjebak dalam proses manual dan sedang mencari cara mengambil nama belakang di Excel dari daftar nama yang panjang, maka Anda akan menyadari pentingnya memahami metode yang efisien dan dinamis dan rumus Excel untuk memisahkan nama belakang ini mungkin adalah solusinya.

Metode yang biasa digunakan melibatkan proses manual dengan menggunakan fungsi Find and Replace. Namun, satu kelemahan dari metode cara mengambil nama belakang di Excel ini adalah bahwa hasilnya bersifat statis. Ini berarti jika Anda menambahkan lebih banyak nama ke daftar Anda, Anda harus melakukan proses yang sama lagi untuk mendapatkan nama belakangnya.

Jika Anda menginginkan solusi yang lebih dinamis, Anda dapat menggunakan metode formula untuk mengambil nama belakang. Metode ini tidak hanya efisien, tetapi juga fleksibel untuk menangani berbagai format nama.

Cara Mengambil Nama Belakang di Excel Tanpa Nama Tengah

Mari kita lihat contoh dataset berikut:

Di bawah ini adalah formula yang akan mengekstrak nama belakang dari nama lengkap:

=RIGHT(C3;LEN(C3)-FIND(" ";C3))

Dan berikut hasilnya:

Formula cara mengambil nama belakang di Excel di atas mengandalkan pola dengan nama lengkap (yang hanya berisi nama depan dan nama belakang dalam contoh ini). Polanya adalah bahwa akan ada karakter spasi di antara nama pertama dan nama belakang.

Fungsi FIND digunakan untuk mendapatkan posisi karakter spasi. Nilai ini kemudian dikurangkan dari panjang total nama untuk mendapatkan jumlah total karakter dalam nama belakang. Nilai ini kemudian digunakan dalam fungsi RIGHT untuk mendapatkan nama belakang.

Penjelasan Rumus

Mari kita pecah rumus Excel untuk memisah nama belakang tersebut menjadi bagian-bagian yang lebih mudah dimengerti:

  1. C3: Ini adalah referensi sel di mana teks yang akan diproses terletak. Dalam kasus ini, rumus ini akan diaplikasikan pada sel C3.
  2. LEN(C3): Fungsi LEN digunakan untuk menghitung jumlah karakter dalam teks yang diberikan, dalam hal ini teks yang ada di sel C3. Dengan demikian, LEN(C3) akan menghasilkan jumlah total karakter dalam teks di sel C3.
  3. FIND(” “;C3): Fungsi FIND digunakan untuk mencari posisi suatu teks tertentu di dalam teks lainnya. Dalam hal ini, FIND(” “,C3) mencari posisi spasi pertama yang ditemukan di dalam teks yang ada di sel C3. Ini berguna untuk menentukan di mana posisi pertama spasi berada.
  4. LEN(C3)-FIND(” “;C3): Hasil dari FIND(” “,C3) akan memberikan posisi pertama spasi dalam teks. Kemudian, nilai tersebut dikurangkan dari panjang total teks dalam sel C3 (hasil dari LEN(C3)). Ini bertujuan untuk mendapatkan jumlah karakter setelah spasi pertama, yang akan menjadi panjang nama belakang.
  5. RIGHT(C3,LEN(C3)-FIND(” “,C3)): Fungsi RIGHT digunakan untuk mengambil sejumlah karakter terakhir dari sebuah teks, sesuai dengan jumlah yang ditentukan. Dalam hal ini, RIGHT(C3,LEN(C3)-FIND(” “,C3)) mengambil sejumlah karakter dari teks di sel C3, dimulai dari posisi setelah spasi pertama (yang ditentukan oleh FIND), sehingga menghasilkan nama belakang.
Baca Juga  Panduan Praktis Menghitung Umur Piutang dengan Rumus Excel Sederhana

Jadi, secara keseluruhan, rumus Excel untuk memisah nama belakang ini mengambil nama belakang dari teks yang ada di sel C3 dengan mencari posisi spasi pertama dan kemudian mengambil karakter yang berada setelah spasi tersebut.

Rumus Excel Mengambil Nama Belakang dengan Nama Tengah

Namun, bagaimana jika Anda memiliki nama tengah juga? Atau mungkin ada sapaan atau gelar sebelum nama (seperti Tuan atau Nyonya, atau Dr, dr, Drs, dll).

Berikut adalah contoh tabelnya:

Dalam kasus seperti itu, cara mengambil nama belakang di Excel dengan nama tengah adalah Anda perlu menggunakan formula berikut:

=RIGHT(C3;LEN(C3)-FIND("@";SUBSTITUTE(C3;" ";"@";LEN(C3)-LEN(SUBSTITUTE(C3;" ";"")))))

Dan berikut adalah hasilnya:

Formula cara mengambil nama belakang di Excel di atas menemukan posisi karakter spasi terakhir dan kemudian menggunakannya untuk mengekstrak nama belakang.

Penjelasan Rumus

Mari kita pecah rumus Excel untuk memisah nama belakang tersebut menjadi bagian-bagian yang lebih mudah dimengerti:

  1. C3: Ini adalah referensi sel di mana teks yang akan diproses terletak. Dalam konteks ini, rumus ini akan diterapkan pada sel C3.
  2. LEN(C3): Fungsi LEN digunakan untuk menghitung jumlah karakter dalam sebuah teks. Di sini, LEN(C3) menghasilkan total jumlah karakter dalam teks di sel C3.
  3. SUBSTITUTE(C3, ” “, “@”, LEN(C3)-LEN(SUBSTITUTE(C3, ” “, “”))): Fungsi SUBSTITUTE digunakan untuk mengganti kemunculan suatu teks tertentu dalam teks lainnya dengan teks yang lain. Dalam kasus ini, SUBSTITUTE(C3, ” “, “@”, LEN(C3)-LEN(SUBSTITUTE(C3, ” “, “”))) mengganti spasi pertama yang ditemukan dalam teks di sel C3 dengan tanda @. Ini bertujuan untuk mengidentifikasi posisi spasi terakhir dalam teks tersebut.
  4. LEN(C3)-LEN(SUBSTITUTE(C3, ” “, “”)): Fungsi LEN(SUBSTITUTE(C3, ” “, “”)) menghasilkan jumlah total karakter dalam teks setelah menghapus semua spasi di sel C3. Hasilnya dikurangkan dari LEN(C3) untuk menentukan berapa banyak spasi yang telah diganti. Ini memberikan posisi spasi terakhir dalam teks.
  5. FIND(“@”, SUBSTITUTE(C3, ” “, “@”, LEN(C3)-LEN(SUBSTITUTE(C3, ” “, “”)))): Fungsi FIND digunakan untuk menemukan posisi suatu teks tertentu dalam teks lainnya. Dalam hal ini, FIND(“@”, SUBSTITUTE(C3, ” “, “@”, LEN(C3)-LEN(SUBSTITUTE(C3, ” “, “”)))) mencari posisi tanda @ (yang sebelumnya digunakan untuk menggantikan spasi terakhir) dalam teks hasil substitusi.
  6. LEN(C3)-FIND(“@”, SUBSTITUTE(C3, ” “, “@”, LEN(C3)-LEN(SUBSTITUTE(C3, ” “, “”)))): Dalam konteks ini, FIND memberikan posisi spasi terakhir dalam teks yang diubah, dan panjang total teks di C3 dikurangkan dengan posisi tersebut untuk mendapatkan jumlah karakter setelah spasi terakhir, yang akan menjadi panjang nama belakang.
  7. RIGHT(C3, LEN(C3)-FIND(“@”, SUBSTITUTE(C3, ” “, “@”, LEN(C3)-LEN(SUBSTITUTE(C3, ” “, “”))))): Fungsi RIGHT digunakan untuk mengambil sejumlah karakter terakhir dari sebuah teks, sesuai dengan jumlah yang ditentukan. Dalam hal ini, RIGHT(C3, LEN(C3)-FIND(“@”, SUBSTITUTE(C3, ” “, “@”, LEN(C3)-LEN(SUBSTITUTE(C3, ” “, “”))))) mengambil karakter dari teks di C3, dimulai dari posisi setelah spasi terakhir, yang ditentukan oleh FIND dan SUBSTITUTE.
Baca Juga  5 Rumus Pembagian Excel yang Wajib Dikuasai Berikut Contohnya

Dengan demikian, rumus ini secara efektif mengambil nama belakang dari teks yang ada di sel C3 dengan menemukan posisi spasi terakhir dan kemudian mengambil karakter setelah spasi tersebut, meskipun ada spasi di tengah-tengah nama.

Rekomendasi Rumus yang Digunakan

Untuk cara mengambil nama belakang di Excel, saya merekomendasikan Anda menggunakan formula kedua dalam semua kasus, karena lebih mudah dipahami dan dapat menangani semua kasus (selama nama belakang berada di akhir nama).

Catatan: Formula-formula ini bergantung pada kondisi bahwa hanya ada satu karakter spasi antara setiap elemen nama. Jika ada spasi ganda, atau spasi di depan/belakang, formula ini akan memberikan hasil yang salah. Dalam kasus seperti itu, lebih baik menggunakan fungsi TRIM terlebih dahulu untuk menghilangkan spasi ganda, spasi di depan/belakang, dan kemudian menggunakan formula di atas.

Meskipun ini mungkin terlihat sebagai metode yang rumit, keuntungan menggunakan formula adalah membuat hasilnya dinamis. Jika Anda menambahkan lebih banyak nama ke daftar Anda, yang perlu Anda lakukan hanyalah menyalin formula dan itu akan memberi Anda nama belakangnya.

Dengan menggunakan metode ini, Anda dapat menghemat waktu dan upaya dalam pengelolaan data di Excel, sementara juga menjaga fleksibilitasnya untuk menangani berbagai format nama.

Pranala Luar

File Excel Cara Mengambil Nama Belakang di Excel Menggunakan Formula Sederhana ini bisa Anda download jika memang memerlukannya dengan cara klik tautan di bawah ini:

Atau juga jika ingin mempelajari langkah demi langkahnya secara visual, bisa kunjungi Youtube Channel Depot Excel dan tonton video ini dan ini. Di sana Anda akan melihat bagaimana rumus Excel untuk memisah nama belakang ini bekerja. Semoga bermanfaat!

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Join Our Newsletter