Cara Mengambil 10 Besar Siswa Berdasarkan Total Nilai di Microsoft Excel

oleh | 25 Des 2023 | Excel Elementary, Excel Intermediate, Tips Excel | 0 Komentar

Microsoft Excel adalah alat yang sangat berguna untuk mengelola dan menganalisis data, termasuk data nilai siswa. Salah satu tugas umum dalam manajemen nilai adalah cara mengambil 10 besar siswa teratas berdasarkan total nilai mereka. Artikel ini akan membimbing Anda melalui langkah-langkah untuk melakukan tugas cara mengambil 10 besar siswa berdasarkan total nilainya dengan mudah menggunakan beberapa fitur Excel yang berguna.

Cara Mengambil 10 Besar Siswa Berdasarkan Total Nilainya

Pastikan data nilai siswa Anda sudah terorganisir dengan baik dalam lembar Excel. Sertakan kolom-kolom seperti Nama Siswa, Nilai Ujian 1, Nilai Ujian 2, dan seterusnya. Pastikan setiap siswa memiliki total nilai di kolom terpisah.

Sebagai contoh, berikut adalah tabel nilai siswa yang bisa kita buat untuk tutorial cara mengambil 10 besar siswa berdasarkan total nilainya:

bagan dari cara mengambil 10 besar siswa berdasarkan total nilainya

Hitung Total Nilai

Untuk menghitung total nilai setiap siswa di range I4:I23, di sel I4 bisa gunakan rumus =SUM() untuk menjumlahkan nilai-nilai ujian. Dalam hal ini nilai ujian siswa berada di kolom F hingga H, Anda dapat menggunakan rumus seperti berikut:

=SUM(F4:H4)

Gulirkan ke bawah untuk menghitung total nilai untuk semua siswa.

Mengambil Nilai Total Terbesar dengan Fungsi LARGE

Untuk mengambil 10 nilai total dengan urutan terbesar ke terkecil setiap siswa berdasarkan total nilai mereka bisa gunakan fungsi LARGE() untuk menentukan peringkat, dengan rumus seperti berikut:

=LARGE($I$4:$I$23;K4)

Di sini, $I$4:$I$23 adalah RANGE yang berisi total nilai siswa untuk semua siswa, dan K4 adalah sel untuk ranking siswa. Fungsi ini akan mengambil nilai total untuk peringkat tertinggi dari setiap siswa secara otomatis.

Baca Juga  Membuat Aplikasi Koreksi Pilihan Ganda di Excel Menggunakan Rumus Sederhana

Drag rumus tersebut ke bawah hingga sel M13. Dan berikut adalah hasilnya:

hasil dari cara mengambil total nilai siswa dengan rumus Excel
Penjelasan Rumus

Formula ini menggunakan fungsi LARGE untuk mengembalikan nilai terbesar ke-K dari rentang sel yang diberikan. Mari kita jelaskan komponen-komponen utamanya:

  1. LARGE: Ini adalah fungsi Excel yang digunakan untuk mengembalikan nilai terbesar ke-n dalam rentang data tertentu.
  2. $I$4:$I$23: Ini adalah rentang data di kolom I dari sel I4 hingga I23. Fungsi LARGE akan mencari nilai terbesar dalam rentang ini.
  3. K4: Ini adalah argumen ke-dua yang menentukan peringkat ke-n yang akan diambil. Dalam konteks ini, nilai di sel K4 digunakan sebagai indeks untuk menentukan urutan keberapa nilai terbesar yang akan dikembalikan.

Jadi, jika K4 memiliki nilai 1, formula ini akan mengembalikan nilai terbesar pertama dalam rentang $I$4:$I$23. Jika K4 bernilai 2, formula akan mengembalikan nilai terbesar kedua, dan seterusnya. Formula ini berguna ketika Anda perlu mengetahui nilai terbesar ke-n dalam suatu kumpulan data.

Ambil Nama dengan Nilai 10 Teratas

Terakhir, Anda dapat dengan mudah mengambil 10 siswa teratas berdasarkan nilai yang ada di range M4:M13. Caranya gunakan rumus untuk memfilter hanya peringkat 1 hingga 10 menggunakan rumus sebagai berikut:

=INDIRECT("C"&(IF(COUNTIF($M$4:M4;M4)>1;MATCH(M4;INDIRECT("I"&MATCH(M4;$I$4:$I$23;0)+1&":I23");0)+MATCH(M4;$I$4:$I$23;0);MATCH(M4;$I$4:$I$23;0))+3))
hasil dari cara mengambil 10 besar siswa berdasarkan total nilainya menggunakan rumus Excel
Penjelasan Rumus

Formula Excel ini cukup kompleks, dan akan lebih mudah dimengerti jika diuraikan secara rinci. Kami akan mencoba memberikan penjelasan langkah demi langkah:

  1. COUNTIF($M$4:M4, M4): Fungsi ini menghitung berapa kali nilai di sel M4 muncul dalam rentang M4 dan di atasnya. Ini digunakan untuk menentukan apakah nilai tersebut adalah yang pertama kali muncul atau bukan.
  2. IF(...): Ini adalah fungsi logika IF yang digunakan untuk memeriksa apakah nilai yang sedang dievaluasi adalah yang pertama kali muncul atau bukan.
  3. MATCH(M4, $I$4:$I$23, 0): Fungsi ini mencari posisi pertama kali nilai M4 muncul dalam rentang I4:I23. Ini memberikan posisi baris di mana nilai tersebut pertama kali ditemukan.
  4. INDIRECT("I"&MATCH(M4, $I$4:$I$23, 0)+1&":I23"): Fungsi ini menggunakan nilai yang ditemukan oleh MATCH untuk membangun referensi sel di kolom I mulai dari baris berikutnya setelah nilai M4 yang pertama kali ditemukan hingga baris 23.
  5. MATCH(M4, INDIRECT("I"&MATCH(M4, $I$4:$I$23, 0)+1&":I23"), 0): Fungsi ini mencari posisi kedua kali nilai M4 muncul dalam rentang yang dibuat oleh INDIRECT. Ini memberikan posisi relatif dari nilai tersebut dalam rentang tersebut.
  6. MATCH(M4, $I$4:$I$23, 0)+3: Bagian ini memberikan posisi absolut (baris) dari nilai M4 dalam rentang I4:I23 dan menambahkan 3 ke nilai tersebut.
  7. INDIRECT("C" & ...): Menggunakan fungsi INDIRECT untuk merujuk ke sel di kolom C dengan nomor baris yang ditemukan dalam langkah sebelumnya.
Baca Juga  Panduan Praktis dan Lengkap Cara Menghitung Stok Akhir di Excel Beserta File Downloadnya

Jadi, secara keseluruhan, formula dari cara mengambil 10 besar siswa ini tampaknya digunakan untuk mencari nilai dalam kolom C berdasarkan beberapa kriteria di kolom M dan I. Jika nilai M4 muncul lebih dari satu kali, maka formula mencari nilai tersebut dalam kolom I dan menentukan posisi kedua kali munculnya untuk menentukan posisi akhir dalam kolom C. Jika nilai M4 hanya muncul sekali, maka formula langsung menggunakan posisi pertama kali munculnya.

Kesimpulan

Menggunakan Excel untuk cara mengambil 10 besar siswa berdasarkan total nilai adalah proses yang relatif sederhana. Dengan memanfaatkan fungsi SUM, LARGE dan INDIRECT, Anda dapat dengan cepat dan efisien mengidentifikasi siswa-siswa teratas dalam kumpulan data nilai. Selamat mencoba!

Download

Terakhir, bagi yang membutuhkan file contoh Cara Mengambil 10 Besar Siswa Berdasarkan Total Nilai di Microsoft Excel ini, file Excel bisa didownload melalui tautan di bawah ini:

0 Komentar

Trackbacks/Pingbacks

  1. Mengelompokkan Nama Siswa dengan Skor Tertinggi di Excel: Panduan Lengkap - Depot Excel - […] nama siswa berdasarkan skor tertinggi adalah suatu strategi yang sangat bermanfaat dalam menilai prestasi siswa di berbagai konteks, […]

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Join Our Newsletter