Cara Mencari Tanggal Maksimum di Excel dengan Formula Array Excel Sederhana

oleh | 29 Nov 2023 | Belajar Excel, Excel Advanced, Excel Beginner, Tips Excel | 0 Komentar

Dalam dunia pengolahan data menggunakan Microsoft Excel, seringkali kita dihadapkan pada kebutuhan untuk mencari informasi tertentu dari kumpulan data yang besar seperti cara mencari tanggal maksimum di Excel.

Salah satu tugas yang umum adalah mencari tanggal maksimum berdasarkan kriteria tertentu. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi cara mencari tanggal maksimum di Excel ini menggunakan formula array yang kuat di Excel.

Pengenalan Formula Array

Formula array adalah alat yang sangat berguna untuk melakukan operasi kompleks di Excel. Dalam konteks pencarian nilai maksimum berdasarkan kriteria, kita menggunakan formula array untuk menghasilkan hasil yang spesifik sesuai dengan kondisi yang diberikan.

Oh iya, untuk membuat formula array, yang perlu Anda lakukan adalah mengakhiri penulisan rumus dengan menekan Ctrl+Shift dan Enter secara bersamaan. Dan untuk menandakan formula array sudah benar adalah adanya tanda kurung kurawal yang mengapit rumus.

Cara Mencari Tanggal Maksimum di Excel

Untuk kriteria pencarian, sebagai contoh kita gunakan nama, dan yang dicari adalah kolom tanggal yang ada di range C2:C19. Dan berikut adalah contoh tabelnya:

contoh tabel cara mencari tanggal maksimum di Excel.

Nah, untuk mencari tanggal maksimal dari masing-masing nama ini maka formula array yang kita gunakan di sel F2 adalah sebagai berikut:

{=MAX(($B$2:$B$19=E2)*$C$2:$C$19)}

Formula ini didesain untuk mencari nilai maksimum di kolom C berdasarkan kriteria yang ditetapkan di kolom B. Dan sekali lagi, jangan lupa untuk membuat formula array, yang perlu Anda lakukan adalah mengakhiri penulisan rumus dengan menekan Ctrl+Shift dan Enter secara bersamaan.

Dan untuk menandakan formula array sudah benar adalah adanya tanda kurung kurawal yang mengapit rumus. Jika sudah, copy-paste formula array tersebut ke sel dibawahnya. Dan berikut adalah hasilnya:

Baca Juga  Cara Cepat Mengacak Kata di Excel dengan Fungsi RANDBETWEEN
hasil cara mencari tanggal maksimum di Excel.

Komponen Formula

Formula array Excel ini pada dasarnya adalah rumus yang menggunakan fungsi MAX dan array untuk menghitung nilai maksimum dari rentang data berdasarkan kondisi tertentu. Mari kita pecah formula ini menjadi bagian-bagian yang lebih kecil:

  1. ($B$2:$B$19=E2): Ini adalah bagian pertama dari formula yang membuat array kondisi. $B$2:$B$19 adalah rentang kolom B dari baris 2 hingga 19. =E2 membandingkan setiap sel dalam rentang tersebut dengan nilai yang ada di sel E2. Hasilnya adalah array Boolean yang berisi TRUE di setiap posisi di mana nilai di kolom B sama dengan nilai di sel E2, dan FALSE di posisi lainnya.
  2. ($C$2:$C$19): Ini adalah bagian kedua dari formula yang merupakan array nilai. $C$2:$C$19 adalah rentang kolom C dari baris 2 hingga 19. Ini adalah array nilai yang akan diambil nilai maksimumnya berdasarkan kondisi yang telah ditentukan.
  3. ($B$2:$B$19=E2)*$C$2:$C$19: Kedua array di atas dikalikan (operator *). Operasi perkalian ini bekerja seperti operasi logika AND, sehingga hasilnya adalah array nilai yang berisi nilai-nilai dari kolom C hanya untuk baris di mana kondisi di kolom B terpenuhi (nilai TRUE).
  4. MAX(($B$2:$B$19=E2)*$C$2:$C$19): Fungsi MAX digunakan untuk menemukan nilai maksimum dari array yang dihasilkan oleh operasi sebelumnya. Ini akan memberikan nilai maksimum dari kolom C hanya untuk baris di mana kondisi di kolom B sesuai dengan nilai di sel E2.
  5. {=MAX(($B$2:$B$19=E2)*$C$2:$C$19)}: Tanda kurung kurawal di awal dan akhir menyatakan bahwa ini adalah formula array. Formula ini harus dimasukkan sebagai formula array dengan menekan Ctrl + Shift + Enter setelah menuliskannya, bukan hanya Enter biasa.

Jadi, secara keseluruhan, formula ini mencari nilai maksimum dari kolom C untuk baris di mana nilai di kolom B sama dengan nilai di sel E2. .

Baca Juga  3 Cara Mengambil Angka Mengandung Huruf di Excel Menggunakan Rumus Dasar

Langkah-langkah Implementasi

  • Siapkan Data: Pastikan data Anda terorganisir dengan benar, dengan kriteria yang ingin Anda gunakan di satu kolom dan nilai yang ingin Anda evaluasi di kolom lain.
  • Ketik Formula: Tulis formula array di sel yang diinginkan. Ingat untuk menekan Ctrl + Shift + Enter setelah menulis formula agar diakui sebagai formula array.

Keuntungan Penggunaan Formula Array

Menggunakan formula array memiliki beberapa keuntungan:

  • Efisiensi: Menghindari langkah-langkah manual yang mungkin memakan waktu.
  • Fleksibilitas: Dapat dengan mudah disesuaikan dengan kriteria pencarian yang berbeda.
  • Akurasi: Mengurangi risiko kesalahan manusia karena operasi dilakukan oleh formula.

Kesimpulan

Dengan menggunakan formula array di Excel, cara mencari tanggal maksimum di Excel berdasarkan kriteria menjadi lebih efisien dan efektif. Penggunaan teknik ini tidak hanya memudahkan pengolahan data, tetapi juga memberikan keakuratan yang tinggi dalam mengekstrak informasi yang dibutuhkan.

Dengan pemahaman yang baik tentang cara menggunakan formula array, Anda dapat meningkatkan produktivitas dan kemampuan analisis Anda dalam mengelola data di Excel. Semoga artikel ini bermanfaat untuk memperkaya pengetahuan Anda dalam penggunaan Excel dalam analisis data.

Terakhir, bagi yang membutuhkan file contoh cara mencari tanggal maksimum di Excel ini, silahkan download filenya melalui tautan di bawah ini:

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Join Our Newsletter