3 Cara Menambahkan Angka 0 di Excel Tetap Tampil Meski Ada di Depan

oleh | 10 Mar 2024 | Belajar Excel, Excel Beginner, Tips Excel | 0 Komentar

Penggunaan Microsoft Excel memang membutuhkan pemahaman lebih, terutama terkait dengan fitur-fitur unik yang dimilikinya. Salah satu hal yang sering menjadi kebingungan adalah ketika menambahkan angka 0 di Excel terutama pada awal suatu data hilang begitu saja.

Lantas kenapa angka 0 di depan Excel hilang begitu saja? Jawabannya adalah karena di Excel, angka 0 di depan angka yang dimasukkan biasanya dianggap tidak relevan dan secara default tidak ditampilkan. Hal ini disebabkan oleh format angka Excel yang mengikuti standar penulisan matematika, di mana angka 0 di depan angka tidak mempengaruhi nilai atau jumlah sebenarnya.

Namun, jangan khawatir, ada beberapa trik yang bisa Anda terapkan untuk menambahkan angka 0 di Excel dan memastikan angka 0 tersebut tetap tampil. Mari kita bahas lebih lanjut cara menampilkan angka 0 di depan Excel ini.

Menggunakan Tanda String (‘) untuk Menambahkan Angka 0 di Excel

Langkah pertama adalah dengan menggunakan tanda string (‘) sebelum menambahkan angka 0 di awal data. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi Microsoft Excel.
  2. Pilih sel tempat Anda ingin menambahkan angka 0 di awal.
  3. Tekan tombol tanda petik satu (‘), kemudian ketik angka 0.
  4. Tekan tombol Enter untuk menyimpan perubahan.
  5. Pastikan untuk menggunakan tanda string dengan benar, jangan tertukar dengan tanda petik ganda (“).

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, angka 0 akan tetap tampil di awal data Anda. Berikut adalah tampilannya dalam lembar Excel:

cara menambahkan angka 0 di Excel

Atau jika Anda ingin membagi digit nomor telepon di atas per 4 digit bisa baca caranya di: Panduan Praktis Memisahkan Nomor HP per Empat Digit di Excel. Dengan rumus Excel tersebut trik menambahkan angka 0 di depan Excel tak perlu lagi karena angka 0 tersebut akan secara otomatis tertampil.

Baca Juga  Contoh dan Penjelasan Rumus INDEX MATCH Excel

Menambahkan Angka 0 di Depan Excel dengan Menggunakan Format Text

Alternatif lainnya untuk menambahkan angka 0 di Excel adalah dengan menggunakan format teks untuk sel yang bersangkutan. Berikut cara melakukannya:

  1. Buka Microsoft Excel.
  2. Pilih sel yang ingin Anda isi dengan angka 0 di awal.
  3. Pilih tab “Home”.
  4. Klik tanda panah ke bawah di sebelah kolom kosong “Number” untuk memunculkan opsi format.
  5. Pilih opsi “Text”.
  6. Ketik angka 0 di awal, lalu lanjutkan dengan angka yang diinginkan.
  7. Tekan Enter untuk menyimpan.
Cara menampilkan angka 0 di depan Excel

Pastikan untuk menerapkan format teks sebelum mengisi sel dengan angka. Ini akan memastikan angka 0 tidak hilang setelah disimpan dan Anda tak lagi kebingungan dan bertanya-tanya kenapa angka 0 di depan Excel hilang?

Menggunakan Format Custom di Format Cells

Alternatif lainnya untuk menambahkan angka 0 di Excel adalah dengan menggunakan format custom pada menu format cells pada sel yang bersangkutan. Langkahnya hampir sama dengan cara kedua di atas, hanya berbeda di pilihan akhirnya yakni pilih: custom kemudian isikan dengan jumlah digit angka “0” seperti misalnya 12 digit seperti pada contoh.

Berikut adalah penampakan setting pada Format Cells untuk menambahkan angka 0 di depan Excel yang dimaksud:

menambahkan angka 0 di depan Excel

Itulah 3 cara menambahkan angka 0 di Excel dan memastikan angka 0 di depan akan tetap tampil dan membuat anda terbebas dari pertanyaan mengapa angka 0 di depan Excel hilang?

Penutup

Sekarang Anda telah mengetahui tiga cara untuk memastikan angka 0 tetap tampil di Excel. Pertama, dengan menggunakan tanda string atau tanda petik satu (‘), Anda dapat menunjukkan kepada Excel bahwa angka tersebut adalah teks, bukan angka matematika. Misalnya, jika Anda ingin menampilkan angka 0123 sebagai teks, Anda dapat memasukkannya sebagai ‘0123 dan Excel akan mempertahankan angka 0 di depannya.

Baca Juga  Cara Menjumlahkan Warna di Excel dan Juga Menghitung Warna Menggunakan VBA

Kedua, Anda juga dapat menggunakan format teks untuk sel Excel yang berisi angka yang ingin Anda tampilkan dengan angka 0 di depan. Dengan cara ini, Excel akan memperlakukan angka tersebut sebagai teks dan menampilkan sesuai dengan format yang Anda tentukan. Ini berguna ketika Anda ingin mempertahankan format khusus, seperti kode area atau nomor identifikasi yang dimulai dengan angka 0.

Dan yang ketiga, untuk memasukkan angka 0 di Excel adalah melalui opsi format custom yang tersedia di menu format cells pada sel yang ingin Anda atur. Langkah-langkahnya hampir serupa dengan cara sebelumnya, namun dengan pilihan akhir yang sedikit berbeda. Setelah memilih format custom, Anda dapat menentukan jumlah digit angka “0” yang ingin ditampilkan, misalnya 12 digit, sesuai kebutuhan Anda.

Meskipun terlihat sepele, kehilangan angka 0 di depan angka sering menjadi kebingungan bagi pengguna Excel, terutama yang baru menggunakan aplikasi ini. Dengan menggunakan tanda string atau format teks, Anda dapat dengan mudah menampilkan angka 0 sesuai kebutuhan Anda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang belajar menggunakan Microsoft Excel!

Terakhir, jika ingin mempelajari langkah demi langkah tentang Microsoft Excel secara visual, bisa kunjungi Youtube Channel Depot Excel. Di sana Anda akan melihat bagaimana rumus-rumus Excel dan juga tips Excel lainnya bekerja. Semoga bermanfaat!

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Join Our Newsletter