Cara Memisah Huruf di Excel Per Kolom Seperti pada Formulir Bank

oleh | 17 Okt 2023 | Belajar Excel, Excel Beginner, Excel Best Practices, Tips Excel | 0 Komentar

Apakah Anda pernah melihat formulir bank atau dokumen penting lainnya yang meminta Anda untuk mengisi nama atau nomor rekening per huruf? Metode ini tidak hanya membantu menghindari kesalahan pengetikan, tetapi juga meningkatkan keakuratan informasi. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara memisah huruf di Excel per kolom menggunakan rumus sederhana. Anda bisa menggunakan teknik ini dalam berbagai konteks, seperti membuat formulir online, menganalisis data, atau memproses informasi pelanggan.

Langkah-langkah Cara Memisah Huruf di Excel per Kolom

Langkah 1: Persiapkan Data
Awali cara memisah huruf di Excel ini dengan membuka lembar kerja Excel dan masukkan teks yang ingin Anda pisah hurufnya ke dalam sebuah sel. Misalnya, kita akan memisahkan nama “Ahmad Dani” yang ada di sel B4.

Langkah 2: Buat Header Baru
Selanjutnya, buatlah header baru untuk kolom-kolom yang akan berisi huruf-huruf terpisah. Misalnya, Anda dapat menambahkan header “Pisah Huruf per Huruf” di range C3:L5. Contoh sederhananya lihat pada tabel di bawah ini:

cara memisah huruf di Excel per kolom

Langkah 3: Tulis Rumus Excel
Anda akan menggunakan rumus Excel MID untuk memisahkan huruf-huruf. Rumusnya adalah sebagai berikut:

=MID($B4;COLUMNS($C4:C4);1)
  • $B4 adalah referensi sel yang berisi teks yang akan dipisah hurufnya.
  • COLUMN($C4:C4) mengembalikan nomor kolom saat ini.
  • 1 menunjukkan bahwa kita hanya akan mengambil satu karakter.

Dan hasilnya adalah sebagai berikut:

Langkah 4: Salin Rumus
Langkah berikutnya dari cara memisah huruf di Excel ini adalah salin rumus di sel C4 dan salin ke sisi kanan selama jumlah huruf yang perlu dipisah. Dalam contoh kita, salin ke sel D4, E4, dan seterusnya.

Baca Juga  Cara Mengambil 10 Besar Siswa Berdasarkan Total Nilai di Microsoft Excel

Langkah 5: Hasilnya
Hasilnya adalah bahwa Anda akan mendapatkan setiap huruf dari nama “Ahmad Dani” dalam sel terpisah, seperti “A” di sel C4, “H” di sel D4, “M” di sel E4, dan seterusnya.

hasil cara memisah huruf di Excel per kolom

Penjelasan Rumus Secara Rinci

Rumus Excel =MID($B4;COLUMNS($C4:C4);1) digunakan untuk mengekstrak satu karakter atau teks tertentu dari sebuah teks yang ada dalam sel. Mari kita jabarkan rumus ini secara rinci:

  1. $B4: Ini adalah referensi sel yang berisi teks yang ingin Anda ekstrak karakternya. Dalam konteks ini, $ digunakan untuk mengunci baris (baris 4) saat rumus ini disalin atau diisi ulang ke sel lain. Ini berarti jika Anda menyalin rumus ke sel lain, referensi baris akan tetap pada baris 4. Kolom (dalam hal ini, kolom B) tidak dikunci, sehingga Anda dapat menyalin rumus ke kolom lain untuk mengganti sel referensi.
  2. COLUMNS($C4:C4): Ini adalah bagian penting dari rumus. Fungsi COLUMNS($C4:C4) menghitung berapa banyak kolom yang ada dalam rentang $C4:C4. Pada awalnya, ini adalah satu kolom, tetapi jika Anda menyalin rumus ke kolom sebelah kanan, nilai ini akan bertambah. Dengan cara ini, Anda dapat menggeser posisi pengambilan karakter ke kanan saat menyalin rumus ke sel lain.
  3. 1: Ini adalah panjang karakter yang akan diekstrak. Dalam hal ini, kita hanya akan mengambil satu karakter dari sel yang ditunjuk oleh rumus.

Jadi, rumus cara memisah huruf di Excel ini mengambil satu karakter dari sel yang ditunjuk oleh $B4 berdasarkan pada berapa banyak kolom yang ada dalam rentang $C4:C4. Ini cocok untuk situasi di mana Anda ingin mengambil karakter-karakter tertentu dari teks dalam sel dan kemudian mengubah posisi ekstraksi karakter tersebut saat menyalin rumus ke sel lain.

Baca Juga  Cara Mudah membuat Tabel Angsuran Excel untuk Nasabah Koperasi Simpan Pinjam

Keuntungan Menggunakan Teknik Ini

  1. Keakuratan Data: Memisahkan huruf per huruf membantu mencegah kesalahan pengetikan dan meningkatkan keakuratan data.
  2. Penggunaan Formulir Online: Anda dapat menggunakan teknik ini untuk membuat formulir online yang meminta pengguna untuk memasukkan nama atau nomor rekening per huruf.
  3. Analisis Data: Dalam analisis data, Anda mungkin perlu memproses teks atau kode yang memerlukan pemisahan huruf. Teknik ini dapat membantu Anda mencapai hal itu dengan mudah.
  4. Proses Data Pelanggan: Dalam bisnis, Anda dapat menggunakan teknik ini untuk memproses data pelanggan seperti alamat atau nama dengan cara yang lebih terstruktur.

Penutup

Menggunakan rumus Excel MID seperti yang dijelaskan di atas memungkinkan Anda untuk cara memisah huruf di Excel dengan mudah dan efisien. Teknik ini dapat menjadi alat yang berguna dalam berbagai aspek pekerjaan Anda, membantu memastikan keakuratan data dan memudahkan pengolahan informasi.

Dan yang terakhir, jika Anda membutuhkan file contoh Cara Memisah Huruf di Excel Per Kolom Seperti pada Formulir Bank ini, silahkan download file Excelnya melalui tautan di bawah ini:

0 Komentar

Trackbacks/Pingbacks

  1. 3 Cara Mengambil Angka dari Data yang Mengandung Huruf di Microsoft Excel - […] satu cara termudah untuk mengambil angka dari data yang mengandung huruf adalah dengan menggunakan rumus MID. Rumus-rumus ini memungkinkan…

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Join Our Newsletter