Cara Membuat Rumus VLOOKUP Banyak Kolom dengan Bantuan Name Manager

oleh | 8 Feb 2024 | Belajar Excel, Excel Beginner, Excel Elementary, Tips Excel | 0 Komentar

Dalam dunia analisis data, seringkali kita dihadapkan pada tugas pencarian data yang kompleks, seperti membuat rumus VLOOKUP banyak kolom terutama ketika kita perlu mencari data berdasarkan beberapa kriteria sekaligus. Salah satu cara yang efisien untuk mengatasi tantangan ini adalah dengan menggunakan Name Manager dan rumus VLOOKUP banyak kolom di Excel. Dengan memanfaatkan kedua fitur ini, kita dapat dengan mudah mencari data dengan kriteria yang lebih kompleks.

Membuat Rumus VLOOKUP Banyak Kolom Sebagai Kriteria

Pada dunia Excel, kemampuan untuk mencari dan membandingkan data dengan cepat sangatlah penting. Salah satu fungsi yang sering digunakan untuk ini adalah VLOOKUP. Namun, bagaimana jika kita perlu menggunakan lebih dari satu kolom sebagai kriteria pencarian? Inilah saatnya kita memperluas pemahaman tentang VLOOKUP dengan mempelajari cara membuat rumus yang menggunakan banyak kolom sebagai kriteria, memberikan kita kontrol yang lebih besar dalam menemukan data yang tepat dalam lembar kerja Excel kita.

Dan berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Memberi Nama Kolom dengan Name Manager

Pertama-tama, mari kita bahas penggunaan Name Manager dalam Excel. Name Manager memungkinkan kita untuk memberikan nama yang mudah diingat kepada rentang sel tertentu dalam lembar kerja Excel. Ini mempermudah referensi ke rentang tersebut dalam rumus, meningkatkan keterbacaan dan pemahaman formula.

Misalkan kita memiliki rentang data yang akan kita gunakan untuk pencarian multi-kriteria dengan tabel contoh seperti berikut:

contoh tabel rumus vlookup banyak kolom di Excel

Untuk menyelesaikan tabel di atas, daripada selalu merujuk langsung ke rentang tersebut dalam rumus, kita dapat menamainya menggunakan Name Manager agar rumus VLOOKUP banyak kolom bisa lebih mudah dibuat. Misalnya, kita dapat memberi nama rentang data tersebut berdasarkan header tabelnya. Berikut contoh name managernya:

Baca Juga  Cara Membuat Rumus Grade Nilai Otomatis di Excel dengan Formula Array
Membuat nama di Name Manager
name manager
name manager excel

2. Membuat Rumus VLOOKUP dengan Banyak Kriteria

Selanjutnya, kita akan menggunakan fungsi VLOOKUP dengan banyak kriteria untuk melakukan pencarian data dengan beberapa kriteria tersebut di sel E12. Formula VLOOKUP yang akan kita gunakan adalah sebagai berikut:

=VLOOKUP(C12, INDIRECT(B12), 2)

Copy dan paste formula tersebut ke sel di bawahnya. Dan berikut adalah hasilnya:

hasil dari rumus VLOOKUP banyak data

Mari kita bahas komponen-komponen utama dari rumus VLOOKUP dengan banyak kriteria ini:

  1. C12: Ini adalah nilai pencarian pertama yang akan kita gunakan sebagai salah satu kriteria. Nilai ini mungkin merupakan nama produk, nomor identitas, atau kriteria lain yang relevan.
  2. INDIRECT(B12): Bagian ini akan menghasilkan rentang data yang akan digunakan untuk pencarian. B12 berisi nama yang diberikan kepada rentang data yang telah kita tentukan sebelumnya menggunakan Name Manager. Fungsi INDIRECT akan mengkonversi nama tersebut menjadi rentang data yang sesungguhnya.
  3. 2: Angka ini menunjukkan kolom dalam rentang data di mana hasil pencarian akan ditemukan. Dalam contoh kita, kita mengembalikan nilai dari kolom kedua.

Ketika rumus dieksekusi, Excel akan mencari nilai yang sesuai dengan kriteria yang telah diberikan dalam rentang data yang telah ditentukan. Dengan menggunakan Name Manager, kita dapat mengelola rentang data dengan lebih mudah dan membuat rumus lebih mudah dibaca dan dipahami.

Dengan demikian, penggunaan Name Manager dan fungsi VLOOKUP adalah teknik yang kuat dalam mencari data dengan kriteria yang lebih kompleks di Excel. Dengan memanfaatkan fitur-fitur ini, Anda dapat meningkatkan efisiensi dan akurasi dalam analisis data Anda, membantu Anda mengambil keputusan yang lebih baik berdasarkan informasi yang tersedia.

Kesimpulan

Penggunaan Name Manager dan rumus VLOOKUP banyak kolom adalah strategi efisien untuk mengatasi pencarian data berdasarkan beberapa kriteria sekaligus. Dengan memberi nama pada kolom menggunakan Name Manager, kita dapat membuat rumus VLOOKUP banyak data yang lebih mudah dibaca dan dipahami.

Baca Juga  Cara Menjumlahkan Warna di Excel dan Juga Menghitung Warna Menggunakan VBA

Hal ini memungkinkan penggunaan rumus VLOOKUP dengan banyak kriteria, yang dapat meningkatkan kontrol dan akurasi dalam menemukan data yang sesuai. Dengan memanfaatkan fitur-fitur ini, kita dapat mengoptimalkan analisis data di Excel untuk pengambilan keputusan yang lebih baik.

Pranala Luar

File Excel Cara Membuat Rumus VLOOKUP Banyak Kolom dengan Bantuan Name Manager ini bisa Anda download jika memang memerlukannya dengan cara klik tautan di bawah ini:

Terakhir, jika ingin mempelajari langkah demi langkah tentang Microsoft Excel secara visual, bisa kunjungi Youtube Channel Depot Excel. Di sana Anda akan melihat bagaimana rumus-rumus Excel dan juga tips Excel lainnya bekerja. Semoga bermanfaat!

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Join Our Newsletter