4 Cara Mudah Membuat Rumus Total Bayar di Excel Tanpa Kolom Bantu

oleh | 10 Mar 2024 | Belajar Excel, Excel Beginner, Excel Elementary, Tips Excel | 0 Komentar

Di dunia bisnis, Microsoft Excel menjadi salah satu alat yang tak tergantikan untuk melakukan berbagai perhitungan, termasuk membuat rumus total bayar di Excel tanpa harus menggunakan kolom bantu. Contohnya, bagi pemilik restoran, Excel dapat menjadi alat yang sangat berguna untuk menghitung total bayar tanpa kolom bantu dimana perhitungan tagihan pelanggan terhitung dengan cepat dan akurat. Hal ini memungkinkan efisiensi dalam pengelolaan keuangan serta memudahkan pemantauan dan analisis keuangan restoran.

Salah satu cara yang sering digunakan untuk menghitung total bayar di Excel tanpa kolom bantu adalah dengan menggunakan fungsi SUMPRODUCT. Dengan rumus ini, Anda dapat menghitung total bayar berdasarkan kriteria tertentu, seperti nama produk atau jenis layanan yang diberikan. Ini memungkinkan penghitungan yang lebih spesifik dan terarah sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda tanpa perlu menggunakan add-ins tambahan yang mungkin memperlambat proses kerja.

Selain itu, Excel juga menyediakan fungsi lain seperti SUM, SUMIFS, atau gunakan operator asterisk (*) dan plus (+) yang dapat digunakan dalam berbagai skenario perhitungan total bayar tanpa kolom bantu. Dengan memahami cara menggunakan rumus dan fungsi ini secara efektif, Anda dapat meningkatkan efisiensi dalam proses penghitungan dan analisis keuangan di Excel, memberikan kontribusi positif bagi kesuksesan bisnis Anda.

Beberapa Cara Membuat Rumus Total bayar di Excel

Ada beberapa cara yang bisa Anda pilih untuk membuat rumus total bayar di Excel tanpa kolom bantu yakni kolom “Jumlah” yang biasanya tampil setelah kolom Qty dan Harga Satuan seperti pada nota-nota yang biasa kita lihat.

Baca Juga  Mengungkap Rahasia Penggunaan Fungsi SUMSQ di Excel

Dan berikut adalah beberapa contoh rumus total bayar di Excel tanpa kolom bantu:

1. Dengan Menggunakan Rumus Perkalian Dasar Excel (*)

Langkah pertama untuk membuat rumus total bayar tanpa kolom bantu adalah dengan menggunakan rumus perkalian dasar Excel. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka Excel dan pilih sel tempat Anda ingin menampilkan total bayar, misalnya sel D10.
  2. Masukkan rumus berikut: =C4*D4+C5*D5+C6*D6+C7*D7+C8*D8 di sel D10. Ini akan mengalikan harga per item dengan jumlahnya dan kemudian menjumlahkan hasilnya.

Dan berikut adalah hasilnya:

menghitung total bayar tanpa kolom bantu di Excel

2. Dengan Menggunakan Formula SUM

Alternatif lainnya untuk membuat rumus total bayar di Excel tanpa kolom bantu adalah dengan menggunakan formula SUM. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pilih sel yang ingin Anda gunakan untuk menampilkan total bayar, misalnya sel D10.
  2. Masukkan rumus berikut: =SUM(C4D4;C5D5;C6D6;C7D7;C8*D8) di sel D10. Ini akan menjumlahkan hasil perkalian dari harga per item dengan jumlahnya.

Dan berikut adalah hasilnya:

rumus menghitung total bayar di Excel tanpa kolom bantu

3. Dengan Menggunakan Formula SUM with Array

Langkah ini melibatkan penggunaan formula SUM dengan array. Berikut cara melakukannya:

  1. Pilih sel yang ingin Anda gunakan untuk menampilkan total bayar tanpa kolom bantu, misalnya sel D10.
  2. Masukkan rumus berikut: =SUM(C4:C8*D4:D8) di sel D10. Setelah itu, jangan langsung menekan tombol Enter, tapi tekan tombol Ctrl+Shift+Enter. Hasilnya, rumus akan berubah menjadi Array Formula, ditandai dengan {} di awal dan akhir rumus.

Dan berikut adalah hasilnya:

array formula untuk menghitung total bayar tanpa kolom bantu

4. Dengan Menggunakan Formula SUMPRODUCT

Alternatif terakhir untuk membuat perhitungan total bayar tanpa kolom bantu adalah dengan menggunakan formula SUMPRODUCT. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pilih sel yang ingin Anda gunakan untuk menampilkan total bayar tanpa kolom bantu, misalnya sel D10.
  2. Masukkan rumus berikut: =SUMPRODUCT(B2:B4*C2:C4) di sel D10. Ini akan mengalikan harga per item dengan jumlahnya, kemudian menjumlahkan hasilnya.
Baca Juga  Cara Hebat untuk Analisis Penjualan Produk di Excel dengan Formula Array

Dan berikut adalah hasilnya:

fungsi sumproduct untuk menghitung total bayar tanpa kolom bantu

Kesimpulan

Excel menawarkan beragam rumus untuk menghitung total bayar tanpa kolom bantu, namun hasilnya tetap konsisten. Anda memiliki kebebasan untuk memilih rumus yang paling sesuai dengan kebutuhan atau preferensi Anda. Dengan memahami dan menguasai berbagai rumus total bayar tanpa kolom bantu ini, Anda dapat meningkatkan efisiensi perhitungan dalam Excel secara signifikan.

Menggunakan Excel dengan baik dapat membantu meningkatkan produktivitas dan akurasi dalam bisnis Anda. Dengan kemampuan untuk memilih rumus yang tepat, Anda dapat mengoptimalkan proses perhitungan dan membuat analisis yang lebih mendalam. Menggabungkan kemampuan Excel dengan pengetahuan bisnis Anda akan memberikan keunggulan yang berharga dalam mengelola data dan mengambil keputusan yang tepat.

Jangan ragu untuk menjelajahi berbagai rumus Excel dan menerapkannya dalam konteks bisnis Anda. Dengan berlatih dan eksperimen, Anda akan semakin mahir dalam mengoperasikan Excel untuk keuntungan bisnis Anda. Selamat mencoba dan semoga sukses dalam memanfaatkan keunikan Excel sebagai alat penting dalam strategi dan pengelolaan bisnis Anda.

Pranala Luar

File Excel 4 Cara Mudah Membuat Rumus Total Bayar di Excel Tanpa Kolom Bantu ini bisa Anda download jika memang memerlukannya dengan cara klik tautan di bawah ini:

Atau juga jika ingin mempelajari langkah demi langkahnya secara visual, bisa kunjungi Youtube Channel Depot Excel. Di sana Anda akan melihat bagaimana rumusnya bekerja. Semoga bermanfaat!

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Join Our Newsletter