Cara Membuat Rumus Sainte Lague di Excel untuk Menghitung Perolehan Kursi DPR di Pemilu 2024

oleh | 10 Nov 2023 | Belajar Excel, Excel Beginner, Excel Elementary, Tips Excel | 0 Komentar

Untuk cara membuat rumus Sainte Lague di Excel, pertama-tama kita perlu memahami formula matematis dari metode tersebut. Rumus Sainte Lague ini digunakan dalam perhitungan distribusi kursi dalam pemilihan umum atau parlemen berdasarkan jumlah suara yang diperoleh oleh setiap partai atau kandidat.

Dalam Excel, kita dapat menggunakan berbagai fungsi dan operasi matematika, seperti fungsi IF, pembagian, dan penggunaan variabel dinamis, untuk mengimplementasikan cara membuat rumus Sainte Lague di Excel. Langkah-langkahnya meliputi menentukan jumlah suara setiap partai atau kandidat, menghitung nilai pembagian berdasarkan rumus Sainte Lague, dan kemudian menyusun kursi berdasarkan nilai pembagian tertinggi. Dengan menggunakan Excel sebagai alat perhitungan, kita dapat dengan cepat dan akurat menentukan distribusi kursi dalam pemilihan umum atau perwakilan berdasarkan metode Sainte-Lague.

Dan seperti yang kita tahu bersama, Indonesia telah memasuki tahapan penting dalam rangkaian pemilihan umum yang akan digelar pada tanggal 14 Februari 2024. Salah satu tahapannya adalah penetapan peserta pemilu, seperti yang diinformasikan dalam laman resmi Info Pemilu. Dan menyitir dari situs tirto.id Metode Sainte Lague dipakai untuk hitung kursi DPRD Kabupaten, DPRD Provinsi dan DPR RI pada Pemilu 2024.

Mengenal Metode Sainte Lague dalam Perhitungan Kursi Pemilu di Indonesia

Dalam proses ini, salah satu aspek kunci yang menjadi sorotan adalah metode penghitungan kursi anggota legislatif, yang akan mempengaruhi perwakilan rakyat di tingkat kabupaten/kota, provinsi, dan pusat. Metode yang digunakan dalam penghitungan kursi ini adalah metode Sainte Lague.

Baca Juga  Cara Filter Data di Excel Berdasarkan Huruf Depannya di Excel dengan Gampang

Apa itu Metode Sainte Lague?

Metode Sainte Lague adalah metode konversi perolehan suara partai politik menjadi kursi parlemen. Metode ini digunakan untuk menentukan perolehan kursi partai politik di DPR (Dewan Perwakilan Rakyat) dan DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) sesuai dengan perolehan suara yang mereka dapatkan. Metode ini memiliki dasar hukum berdasarkan UU nomor 7 tahun 2017 pasal 415 ayat 2.

Cara Membuat Rumus Sainte Lague di Excel

Penghitungan kursi legislatif dengan metode Sainte Lague merupakan proses yang melibatkan beberapa tahap. Berikut adalah langkah-langkah penghitungan kursi dengan metode Sainte Lague:

A. Cara Menghitung Kursi Pertama

Untuk menghitung kursi pertama, setiap partai politik dibagi dengan angka ganjil 1. Dalam contoh, jika terdapat delapan kursi, perhitungan kursi pertama akan menghasilkan partai dengan perolehan suara terbanyak yang berhak atas kursi pertama. Berikut adalah contoh tabelnya:

cara membuat rumus Sainte Lague di Excel  untuk kursi pertama
B. Cara Menghitung Kursi Kedua

Setelah kursi pertama diberikan (dalam contoh ke Partai A), pada perhitungan kursi kedua, partai yang sudah mendapatkan kursi pertama akan dibagi dengan angka ganjil 3. Partai lain yang belum mendapatkan kursi tetap dibagi dengan angka 1. Perhitungan ini akan menghasilkan partai dengan perolehan suara terbanyak yang berhak atas kursi kedua. Inilah tabelnya:

cara membuat rumus Sainte Lague di Excel  untuk kursi kedua
C. Cara Menghitung Kursi Ketiga

Perhitungan kursi ketiga dari cara membuat rumus Sainte Lague di Excel dilakukan dengan cara yang serupa. Partai yang sudah mendapatkan kursi pertama dan kedua akan dibagi dengan angka ganjil 3 (Partai A dan Partai B), sementara partai lain yang belum mendapatkan kursi tetap dibagi dengan angka 1. Hasilnya adalah kursi untuk Partai C:

cara membuat rumus Sainte Lague di Excel  untuk kursi ketiga
D. Cara Menghitung Kursi Keempat

Proses berlanjut untuk menghitung kursi keempat. Partai yang sudah memiliki kursi sebelumnya akan dibagi dengan angka 3 (Partai A, B dan C), dan partai lain tetap dibagi dengan angka 1. Hasilnya 1 kursi untuk Partai D:

Baca Juga  Cara Membalik Urutan Angka di Excel Menggunakan Array Formula Sederhana
cara membuat rumus Sainte Lague di Excel  untuk kursi keempat
E. Cara Menghitung Kursi Kelima

Sama seperti sebelumnya, partai yang telah mendapatkan kursi (partai A, B, C dan D), akan dibagi dengan angka 3, sementara partai lainnya tetap dibagi dengan angka 1. Dan berikut adalah hasilnya:

F. Cara Menghitung Kursi Keenam

Pada tahap ini, partai yang telah mendapatkan kursi sebelumnya (Partai A, B, C, D dan E), akan dibagi dengan angka 3, sementara partai lainnya tetap dibagi dengan angka 1. Hasilnya adalah 1 kursi untuk Partai F.

G. Cara Menghitung Kursi Ketujuh

Proses berlanjut, untuk distribusi kursi ke-7 partai yang telah mendapatkan kursi sebelumnya akan dibagi dengan angka 3 (Partai A, B, C, D, E, dan F), sementara partai lainnya tetap dibagi dengan angka 1. Hasilnya adalah 1 kursi untuk Partai A.

H. Cara Menghitung Kursi Kedelapan

Pada tahap terakhir dari cara membuat rumus Sainte Lague di Excel, partai yang telah mendapatkan kursi sebelumnya, terutama partai dengan kursi terbanyak, akan dibagi dengan angka 5 (Partai A), sementara partai lainnya (Partai B, C, D, E dan F) dibagi dengan angka 3 karena sudah dapat 1 kursi. 2 Partai lainnya (Partai G dan H) tetap dibagi 1. Ini adalah tahap terakhir dalam pembagian kursi. Dan hasilnya kursi terakhir untuk Partai G.

Kesimpulan

Metode Sainte Lague adalah cara yang digunakan untuk menghitung perolehan kursi partai politik dalam pemilihan umum di Indonesia. Dengan dasar hukum yang kuat, metode ini memastikan representasi yang adil berdasarkan perolehan suara. Proses penghitungan kursi ini melibatkan pembagian suara partai dengan angka ganjil dan berlangsung secara bertahap hingga seluruh kursi terbagi. Dengan pemahaman yang baik tentang metode ini, rakyat dapat memiliki gambaran yang lebih jelas tentang bagaimana perwakilan mereka dipilih dalam proses demokrasi. Pemilihan umum 2024 akan menjadi tonggak penting dalam perkembangan politik Indonesia, dan pemahaman tentang metode cara membuat rumus Sainte Lague di Excel akan menjadi kunci dalam menginterpretasikan hasilnya.

Baca Juga  10 Fungsi Excel Wajib Dikuasai oleh Operator Sekolah

Terakhir, jika ingin mempelajari langkah demi langkah tentang Microsoft Excel secara visual tentang cara membuat rumus Sainte Lague di Excel, bisa kunjungi Youtube Channel Depot Excel untuk video yang berjudul: Cara Membagi Jatah Kursi DPR RI Pemilu 2024 dengan Rumus Excel. Di sana Anda akan melihat bagaimana rumus-rumus Excel dan juga tips Excel lainnya bekerja. Semoga bermanfaat!

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Join Our Newsletter