Cara Membandingkan Dua Tabel di Excel

oleh | 28 Jun 2023 | Belajar Excel, Excel Best Practices, Excel Elementary, Excel Intermediate | 0 Komentar

Cara membandingkan dua tabel di Excel ini biasanya dilakukan untuk menganalisis data. Dalam pekerjaan sehari-hari dengan data di Excel, seringkali kita perlu membandingkan dua tabel untuk menemukan perbedaan, kesamaan, atau kecocokan antara keduanya.

Membandingkan dua tabel dapat membantu dalam proses analisis data, pemadanan data, dan pemecahan masalah. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara membandingkan dua tabel di Excel.

Cara Membandingkan Dua Tabel di Excel

Kita akan mulai dengan membuat tabel data di Excel untuk keperluan cara membandingkan dua tabel di Excel ini. Untuk lebih mudahnya berikut adalah tabel contoh yang akan kita gunakan:

membandingkan tabel excel 01

Dan yang harus kita lakukan adalah mengambil data yang muncul di kolom “Stock Opname” tapi tidak muncul di kolom “Kasir” dan akan kita letakkan data tersebut di kolom “Koreksi”.

Menggunakan Formula Array

Seperti biasa, kita akan menggunakan formula array untuk kebutuhan pengambilan data yang ada di kolom “Stock Opname” tapi luput di kolom “Kasir” ini.

Langkahnya adalah dengan cara blok range F3 sampai dengan F12 kemudian di formula bar kita ketik rumus berikut ini:

=IFERROR(INDEX(B3:B12;SMALL(IF(COUNTIF(D3:D12;B3:B12)=0;ROW(1:10));ROW(1:10)));””)

Dan karena ini formula array, maka seperti biasa kita harus mengakhiri penulisan rumus dengan menekan Ctrl + Shift dan Enter secara bersamaan. Hasilnya adalah rumus atau formula yang diapit oleh kurung kurawal seperti ini:

cara membandingkan dua tabel di Excel

Penjelasan Formula Array

Formula ini menggunakan fungsi IFERROR, INDEX, SMALL, IF, COUNTIF, ROW, dan array formulas di Excel. Formula ini digunakan untuk mencari nilai-nilai unik dari rentang B3:B12 yang tidak ada dalam rentang D3:D12.

Baca Juga  Cara Gampang Menggabung Kata di Excel Berdasarkan Kriteria Tertentu

Berikut adalah penjelasan langkah demi langkah dari formula ini:

  • Formula ini dimulai dengan tanda kurung kurawal { dan } untuk menunjukkan bahwa ini adalah formula array. Jadi, setelah mengetikkan formula ini, tekan Ctrl + Shift + Enter untuk mengonfirmasinya sebagai formula array.
  • IFERROR adalah fungsi yang mengembalikan nilai alternatif jika sebuah kesalahan terjadi. Dalam hal ini, formula akan mengembalikan nilai kosong (“”) jika tidak ada nilai unik yang ditemukan.
  • INDEX adalah fungsi yang mengambil nilai dari rentang tertentu berdasarkan nomor baris yang ditentukan. Rentang yang digunakan di sini adalah B3:B12, yang berisi nilai-nilai yang akan dicari.
  • SMALL adalah fungsi yang mengembalikan nilai terkecil dari sebuah rentang. Rentang yang digunakan di sini adalah IF(COUNTIF(D3:D12;B3:B12)=0;ROW(1:10)), yang berarti mengembalikan nomor baris dari nilai-nilai yang tidak ada dalam rentang D3:D12.
  • IF adalah fungsi yang melakukan pengujian logika. Di sini, COUNTIF(D3:D12;B3:B12)=0 digunakan untuk memeriksa apakah setiap nilai di B3:B12 tidak ada dalam rentang D3:D12. Jika benar, maka fungsi IF mengembalikan nomor baris yang sesuai dari ROW(1:10).
  • COUNTIF adalah fungsi yang menghitung berapa kali nilai tertentu muncul dalam rentang. Dalam hal ini, digunakan untuk menghitung berapa kali setiap nilai dalam B3:B12 muncul dalam rentang D3:D12.
  • ROW adalah fungsi yang mengembalikan nomor baris dari sel yang diberikan. Dalam hal ini, ROW(1:10) digunakan untuk menghasilkan array dari nomor baris 1 hingga 10.

Dengan menggunakan fungsi IF, SMALL, COUNTIF, dan ROW dalam kombinasi yang tepat, kita mendapatkan array nilai-nilai unik dari rentang B3:B12 yang tidak ada dalam rentang D3:D12.

Akhirnya, nilai-nilai ini digunakan sebagai argumen INDEX untuk mengambil nilai dari rentang B3:B12 berdasarkan nomor baris yang dihasilkan oleh SMALL. Jika ada nilai yang cocok, nilai tersebut ditampilkan. Jika tidak ada nilai yang cocok, nilai kosong (“”) ditampilkan.

Baca Juga  Mengoptimalkan Penggunaan 4 Rumus Perkalian di Excel

Demikianlah penjelasan tentang formula array ini. Formula ini dapat sangat berguna saat Anda perlu mencari nilai-nilai unik dari suatu rentang yang tidak ada dalam rentang lain dalam Excel.

Penutup

Dengan langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah membandingkan dua tabel di Excel dan menganalisis perbedaan, kesamaan, atau kecocokan antara keduanya. Manfaatkanlah fitur-fitur yang tersedia di Excel untuk menyederhanakan proses membandingkan data dan mendapatkan wawasan yang berharga dari tabel-tabel Anda.

Dan yang terakhir, jika ada yang butuh file contoh ini silahkan download melalui button download di bawah ini:

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Join Our Newsletter