Cara Membuat Lookup Data Multi Kriteria Mendatar dan Menurun di Excel

oleh | 10 Feb 2024 | Belajar Excel, Excel Beginner, Excel Elementary, Tips Excel | 0 Komentar

Dalam pengelolaan data di Microsoft Excel, seringkali kita perlu melakukan pencarian atau lookup data multi kriteria untuk kebutuhan tertentu. Salah satu cara untuk melakukan hal ini adalah dengan menggunakan fungsi VLOOKUP 2 kriteria, yang memungkinkan kita untuk mencari nilai dalam tabel atau rentang data berdasarkan nilai yang ada di kolom pertama tabel yang mengacu pada 2 kriteria atau lebih.

Dan dalam beberapa kasus, kita mungkin perlu melakukan pencarian data menggunakan lebih dari satu kriteria ini dengan posisi kriteria mendatar dan menurun. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara melakukan lookup data multi kriteria mendatar dan menurun di Excel menggunakan formula VLOOKUP 2 Kriteria.

Memahami Fungsi VLOOKUP

Sebelum kita masuk ke dalam pembahasan tentang lookup data multi kriteria, penting untuk memahami cara kerja fungsi VLOOKUP secara umum. Fungsi ini sangat berguna dalam mencari nilai dalam sebuah tabel berdasarkan nilai yang ada di kolom pertama tabel tersebut. Format umum dari fungsi VLOOKUP adalah sebagai berikut:

=VLOOKUP(lookup_value, table_array, col_index_num, [range_lookup])
  • lookup_value: Nilai yang ingin kita cari dalam tabel.
  • table_array: Rentang sel yang berisi tabel di mana kita ingin mencari nilai.
  • col_index_num: Nomor kolom dalam tabel yang berisi nilai yang ingin kita kembalikan.
  • [range_lookup]: Parameter opsional yang menentukan apakah pencarian akan menggunakan pencocokan tepat atau kurang tepat. Jika tidak diisi, Excel akan menganggapnya sebagai TRUE atau FALSE, yang menentukan apakah pencarian akan menggunakan pencocokan tepat atau tidak.

Lookup Data Multi Kriteria Mendatar dan Menurun

Ketika kita perlu melakukan pencarian data dengan menggunakan lebih dari satu kriteria, kita dapat menggabungkan fungsi VLOOKUP 2 kriteria yang dikombinasikan dengan fungsi lain seperti MATCH. Untuk mempermudah pemahaman, kita akan menyelesaikan sebuah kasus dimana kita diminta untuk mencocokkan dan mengambil data pada suatu tabel dengan kriteria kolom dan baris (mendatar dan menurun).

Baca Juga  Penjelasan Lengkap Fungsi PRODUCT Excel Beserta Contoh Praktis Penggunaan

Berikut adalah contoh tabel untuk lookup data multi kriteria dengan posisi kriteria kolom dan baris (mendatar dan menurun):

lookup data multi kriteria di Excel

Dari tabel tersebut di atas kita akan diminta untuk mengambil data nilai “Budi” untuk masing-masing mapelnya. Persoalannya adalah, dari tabel awal yang vertikal sekarang tabelnya menjadi horizontal dengan dua kriteria yakni Budi dan mapelnya.

Untuk menyelesaikan kasus ini kita bisa menggunakan formula VLOOKUP 2 kriteria yakni dengan kombinasi fungsi VLOOKUP dan MATCH. Singkatnya, di sel C12 kita bisa gunakan formula sebagai berikut:

=VLOOKUP($C$11;$B$3:$F$8;MATCH(B12;$B$2:$F$2;0);0)

Jika sudah, seperti biasa copy dan paste formula tersebut ke sel-sel yang ada di bawahnya. Dan berikut adalah hasilnya:

contoh penggunaan rumus VLOOKUP 2 kriteria

Penjelasan Formula yang Digunakan

Dalam contoh formula di atas, kita menggunakan MATCH untuk menemukan indeks kolom yang sesuai dengan kriteria yang diberikan. Mari kita jabarkan bagaimana formula tersebut bekerja:

  1. MATCH(B12;$B$2:$F$2;0): Fungsi MATCH digunakan untuk mencari posisi kriteria (di sini, nilai yang ada di sel B12) dalam rentang yang ditentukan (di sini, sel B2 hingga F2). Pengaturan terakhir (0) menandakan bahwa pencocokan harus tepat.
  2. Hasil dari MATCH adalah nomor indeks kolom di mana kriteria cocok.
  3. Formula utama VLOOKUP kemudian menggunakan hasil dari MATCH sebagai argumen col_index_num, sehingga mencari nilai yang sesuai di kolom yang sesuai dalam rentang tabel yang diberikan.

Dengan cara ini, kita dapat melakukan pencarian data yang lebih kompleks berdasarkan kriteria yang kita tentukan.

Kesimpulan

Pemahaman tentang cara menggunakan lookup data multi kriteria mendatar dan menurun di Excel adalah keterampilan yang sangat berharga dalam pengelolaan data. Dengan menguasai penggunaan fungsi VLOOKUP dan MATCH, kita dapat dengan mudah mengekstrak informasi yang relevan dari data yang besar dan kompleks. Dengan demikian, artikel ini diharapkan memberikan pemahaman yang lebih baik tentang cara menggunakan Excel untuk kebutuhan analisis data yang lebih maju.

Baca Juga  Panduan Lengkap Membuat Tabel Angsuran Kredit di Excel

Terakhir, bagi yang membutuhkan file contoh Cara Membuat Lookup Data Multi Kriteria Mendatar dan Menurun di Excel ini, file Excel bisa diunduh melalui tautan di bawh ini:

Terakhir, jika ingin mempelajari langkah demi langkah tentang Microsoft Excel secara visual, bisa kunjungi Youtube Channel Depot Excel. Di sana Anda akan melihat bagaimana rumus-rumus Excel dan juga tips Excel lainnya bekerja. Semoga bermanfaat!

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Join Our Newsletter