Cara Cepat Menghitung Umur di Excel Secara Detail dengan Rumus Sederhana

oleh | 9 Nov 2023 | Belajar Excel, Excel Beginner, Excel Best Practices, Tips Excel | 0 Komentar

Apakah Anda ingin menghitung umur di Excel secara detail untuk seseorang dengan cepat dan tepat? Excel adalah alat yang sangat berguna untuk melakukan ini. Dalam artikel ini, kami akan memandu Anda langkah demi langkah dalam menghitung umur dengan rumus Excel. Anda akan melihat betapa mudahnya melakukan ini dengan alat spreadsheet favorit Anda.

Langkah 1: Persiapan Data untuk Menghitung Umur di Excel

Langkah pertama untuk menghitung umur di Excel secara detail adalah memastikan Anda memiliki data yang Anda butuhkan. Anda akan memerlukan dua tanggal: tanggal lahir dan tanggal saat ini (tanggal saat Anda ingin menghitung umur). Pastikan bahwa kedua tanggal tersebut telah diformat dengan benar di Excel.

Berikut adalah contoh tabel yang akan kita hitung umurnya:

Langkah 2: Mencari Selisih Tanggal

Untuk menghitung umur di Excel, kita harus mencari selisih antara tanggal lahir dan tanggal saat ini. Ini dilakukan dengan rumus Excel yang menggunakan fungsi DATEDIF. Fungsi ini memiliki tiga argumen: tanggal awal (tanggal lahir), tanggal akhir (tanggal saat ini), dan “y” untuk unit waktu yang ingin kita hitung.

Anda dapat menggunakan rumus berikut:

=DATEDIF([tanggal lahir]; [tanggal saat ini]; "y")

Misalnya, jika tanggal lahir Anda adalah di sel B2 dan tanggal saat ini adalah di sel C2, rumusnya akan menjadi:

=DATEDIF(B6; TODAY();"y")

Hasil dari rumus menghitung umur di Excel ini adalah umur dalam tahun. Berikut adalah hasilnya:

Baca Juga  3 Langkah Cara Menghitung Inflasi Bulanan dengan Rumus Excel

Langkah 3: Menghitung Umur di Excel dalam Bulan dan Hari

Jika Anda ingin menghitung umur di Excel dalam bulan dan hari, Anda dapat menggunakan dua rumus tambahan. Untuk bulan, gunakan rumus berikut:

=DATEDIF(B6;TODAY();"y")&" tahun,"&DATEDIF(B6;TODAY();"ym")&" bulan lebih "&DATEDIF(B6;TODAY();"md")&" hari."

Dengan menggabungkan ketiga rumus ini, Anda dapat menghitung umur seseorang dengan sangat rinci. Dan berikut adalah hasil akhirnya:

Penjelasan Rumus

Rumus Excel ini pada intinya adalah rumus yang digunakan untuk menghitung umur dalam tahun, bulan, dan hari berdasarkan tanggal lahir (sel B6) hingga tanggal saat ini (TODAY()). Rumus tersebut menggabungkan tiga fungsi DATEDIF() untuk menghitung perbedaan dalam tahun, bulan, dan hari antara kedua tanggal tersebut, serta operator “&” untuk menggabungkan hasilnya menjadi satu kalimat. Berikut adalah penjelasan rinci tentang rumus tersebut:

  1. =DATEDIF(B6, TODAY(), "y"): Bagian ini menghitung perbedaan dalam tahun antara tanggal lahir (sel B6) dan tanggal saat ini. Fungsi DATEDIF() memiliki tiga argumen, yaitu tanggal awal (B6), tanggal akhir (TODAY()), dan “y” untuk menghasilkan perbedaan dalam tahun. Hasil dari bagian ini adalah umur dalam tahun.
  2. " tahun,": Setelah menghitung umur dalam tahun, tanda kutip ganda diikuti oleh teks “tahun,” digunakan untuk menambahkan kata “tahun” ke dalam kalimat yang akan dihasilkan. Ini adalah bagian statis dari kalimat yang akan digunakan untuk memberikan konteks pada hasil.
  3. &DATEDIF(B6, TODAY(), "ym"): Bagian ini menghitung perbedaan dalam bulan antara tanggal lahir dan tanggal saat ini. Fungsi DATEDIF() digunakan lagi dengan argumen yang sama seperti sebelumnya, tetapi dengan “ym” sebagai unit waktu untuk menghasilkan perbedaan dalam bulan.
  4. " bulan lebih ": Setelah menghitung perbedaan dalam bulan, tanda kutip ganda diikuti oleh teks “bulan lebih” digunakan untuk menambahkan kata “bulan lebih” ke dalam kalimat.
  5. &DATEDIF(B6, TODAY(), "md"): Bagian ini menghitung perbedaan dalam hari antara tanggal lahir dan tanggal saat ini. Sekali lagi, fungsi DATEDIF() digunakan dengan argumen yang sama, tetapi dengan “md” sebagai unit waktu untuk menghasilkan perbedaan dalam hari.
  6. " hari.": Akhirnya, tanda kutip ganda diikuti oleh teks “hari.” digunakan untuk menambahkan kata “hari” ke dalam kalimat akhir.
Baca Juga  Memahami 3 Rumus Rata-rata di Excel: AVERAGE, AVERAGEIF, dan AVERAGEIFS

Jadi, keseluruhan rumus ini menghasilkan satu kalimat yang memberikan informasi tentang umur dalam tahun, bulan, dan hari berdasarkan tanggal lahir dan tanggal saat ini. Kalimat ini berbentuk “X tahun, Y bulan lebih Z hari.” dengan X, Y, dan Z adalah hasil perhitungan umur dalam tahun, bulan, dan hari masing-masing. Dengan rumus ini, Anda dapat dengan mudah menghitung umur seseorang dan memperbarui hasilnya secara otomatis saat tanggal saat ini berubah.

Langkah 4: Format Hasil dengan Benar

Pastikan Anda telah memformat sel yang berisi hasil dengan benar. Anda dapat memilih format “Umur” atau menggunakan kustom format yang sesuai dengan preferensi Anda.

Langkah 5: Penyesuaian Tanggal

Penting untuk diingat bahwa hasil dari perhitungan ini akan terus berubah seiring berjalannya waktu. Jadi, jika Anda ingin menyimpan umur seseorang dalam format tertentu, pastikan untuk menyalin nilainya ke tempat lain di lembar kerja Anda.

Kesimpulan

Demikianlah cara menghitung umur di Excel dengan rumus Excel sederhana. Ini adalah alat yang sangat berguna untuk mengotomatiskan perhitungan ini, terutama jika Anda memiliki banyak data yang perlu diolah. Semoga artikel ini bermanfaat dan memudahkan pekerjaan Anda dalam menghitung umur.

Terakhir, barangkali ada yang membutuhkan file contoh ini, file Excel bisa didownload melalui tautan berikut:

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Join Our Newsletter